14 November 2017 00:00

10 Hal Remeh Yang Membuatmu Tidak Bisa Kaya

DISITU

Semua orang pasti ingin menjadi kaya. Setidaknya bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari dengan mudah, mewujudkan keinginan berlibur atau membeli barang-barang impian. Namun, banyak orang mengeluh karena sejak kecil tidak pernah merasakan nikmatnya menjadi orang kaya. Bahkan, untuk membayar kebutuhan sehari-hari saja terpaksa mengandalkan pinjaman uang. Mulai dari pinjaman dari bank hingga pinjaman dana non bank.

Kita pasti terbebani pikiran untuk segera melunasinya. Apalagi, jika kita mengajukan pinjaman uang kepada bank. Setiap bulan harus membayar suku bunga yang mahal dan cukup mencekik. Melihat betapa buruknya kenyataan ini terkadang membuat kita menyerah bercita-cita menjadi orang kaya. Padahal, banyak kebiasaan remeh yang menghambat kita menjadi orang kaya, namun masih sering kita lakukan setiap hari. Seperti 10 kebiasaan remeh berikut ini.

1. Tidak Punya Catatan Keuangan

Tidak punya catatan keuangan bisa menjadi bencana untuk hidup kita. Kita menjadi tidak tahu berapa pemasukan dan pengeluaran kita setiap harinya. Imbasnya, kita tidak pernah evaluasi dan mencari cara untuk meningkatkan pemasukan.

2. Tidak Berinvestasi dan Hanya Mengandalkan Gaji

Hanya mengandalkan gaji bulanan tidaklah cukup. Apalagi jika terjadi keadaan darurat yang membutuhkan banyak uang. Mulai sekarang, rajinlah menabung dan berinvestasi.

3. Membelanjakan Tabungan

Jika kita sering membelanjakan tabungan, uang kita bukannya bertambah, tapi justru berkurang. Ujung-ujungnya, kita akan mengandalkan pinjaman uang lagi. Jadi, siapkan dana tersendiri untuk belanja kebutuhan sehari-hari.

4. Sering Menunggak Hutang

Sering menunggak hutang termasuk kebiasaan buruk. Apalagi jika sampai menunggak pembayarannya. Kita akan terbebani denda atau suku bunga yang diberlakukan. Boleh Anda mengajukan pinjaman uang jika Anda sendiri sudah mengerti akan tanggung jawab untuk membayarnya.

5. Sering Jalan-Jalan dan Makan di Luar

Sering makan di luar menjadi salah satu sumber pengeluaran yang banyak. Padahal, kita bisa memasak makanan sendiri untuk menghemat pengeluaran sehari-hari.

6. Suka Membeli Barang Branded

Hanya karena ingin disebut kaya, jangan memaksakan diri membeli barang branded yang menawarkan harga 100% lebih mahal dari merk biasa.

7. Membeli Banyak Gadget

Diantara kita mungkin ada yang membeli PSP untuk main game, Ipod untuk mendengarkan musik, dan Ipad untuk browsing. Padahal, ketiganya didapat dari satu smartphone.

8. Malas Berolahraga

Malas berolahraga beresiko buruk bagi kesehatan. Tentu kita tidak ingin di kemudian hari kita jatuh sakit dan harus mengajukan pinjaman uang untuk pengobatan.

9. Terlalu Banyak Berhutang

Kadang, kita terpaksa kredit untuk memenuhi kebutuhan tertentu. Apabila kebutuhan tersebut memang penting dan mendesak, melalukan pinjaman termasuk sesuatu yang wajar. Tapi Anda harus memastikan bahwa penyedia pinjaman tersebut adalah lembaga terpercaya. Apabila bingung, Anda dapat mengunjungi situs DISITU.com yang membantu Anda menemukan layanan pinjaman dana non bank paling ideal sesuai kebutuhan Anda. 

10. Tidak Beramal

Ingat bahwa dengan beramal tidak akan membuat kita miskin. Justru Tuhan akan menambah rezeki kita. Jika kita mengeluh karena tidak kunjung kaya, cobalah jawab pertanyaan ini: sudahkan kita banyak beramal?

"If you're born poor, it's not your mistake. But, if you die poor, it's your mistake" - Bill Gates

kredit multiguna