avatardisplay_general
DISITU
22 Nov 2018

10 Tips Memilih Motor Second Agar Tidak Rugi

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181122/Banner/10 Tips Memilih Motor Second%20(2).jpg

Perkembangan teknologi yang semakin canggih menyebabkan kebutuhan akan kendaraan menjadi hal utama.  Namun sayang, bagi sebagian orang membeli motor baru dengan harganya yang mahal bukanlah solusi. Cara yang dapat dilakukan adalah dengan membeli motor second dengan harganya yang lebih murah.

Motor second memang terlihat banyak sekali dijual di pasaran. Namun seringkali, sebagian orang bingung memilih motor yang semakin hari semakin marak. Nah jika Anda ingin membeli motor second, sebaiknya Anda menyimak Anda 10 tips bagaimana cara memilih motor second di bawah ini. Tips ini penting sekali Anda ketahui agar Anda tidak kecewa setelah membeli motor yang ternyata tidak sesuai harapan. Berikut ini 10 tips memilih motor yang second untuk Anda ketahui :

1. Cek Harga Motor Di Pasaran

motor-bekas

Anda harus mengetahui terlebih dahulu harga motor di pasaran saat ini. Setiap tahun harga motor biasanya berubah, satu jenis motor memiliki tipe yang berbeda-beda tentu harganya juga akan berbeda. Anda dapat mengetahui harga pasaran melalui Koran, majalah otomotif maupun situs-situs online.

2. Periksa Nomor Rangka Dan Mesin Motor

motor-bekas

Nomor rangka dan mesin motor harus Anda sesuaikan terlebih dahulu dengan STNK dengan BPKB yang diberikan. Setelah nomor telah sesuai selanjutnya Anda juga perlu melihat apakah nomor tersebut asli bukan timbunan atau jilidan kasar.

3. Cek Kondisi Motor

motor-bekas

Anda perlu mengetahui kondisi fisik motor  yang akan Anda beli. Mulai dari bodi, spion hingga baut. Jangan sampai terdapat beberapa aksesoris yang ternyata sudah tidak lagi original, hal tersebut akan mengurangi harga motor. Anda juga perlu mengetahui keadaan mesin motor, apakah terdengar suara kasar yang mengganggu atau suara tambahan pada mesin motor.

4. Cek Kondisi Oli Motor

motor-bekas

Lihat oli dalam mesin, apakah ukuran oli telah sesuai. Pada motor yang menggunakan oli berlebihan akan menimbulkan suara yang berbeda dari mesin. Suara mesin akan terdengar lebih halus atau motor sering kali tidak mengeluarkan suara aslinya dapat berbunyi kasar atau berisik.

5. Periksa Km Speedometer

motor-bekas

Periksa motor tersebut sudah ditempuh berapa km. Bila jarak yang ditempuh sudah melebih 20.000 km, Anda perlu sedikit waspada. Karena lamanya pemakaian akan mempengaruhi daya guna mesin. Ke depannya akan lebih banyak komponen mesin yang membutuhkan perawatan atau pembaruan.

6. Periksa Sasis Motor

motor-bekas

Perhatikan apakah sasis motor terdapat kebengkokan, lihat kelurusan roda motor depan dan belakang. Anda perlu mencoba motor untuk digunakan lalu tekan rem sedikit dengan mendadak. Apakah motor mengalami kendala, hal ini untuk mengetahui lurusnya sasis dan setir.

7. Cek Apakah Ada Kebocoran

motor-bekas

Periksa apakah motor mengalami kebocoran. Jalankan motor agak lama sekitar 200 hingga 500 meter. Lihat apakah adanya kebocoran oli di sela-sela mesin. Pastikan pula air radiator tidak mengalami kebocoran, karena beberapa motor masih menggunakan air radiator.

8. Periksa Kelistrikan Motor

motor-bekas

Anda juga perlu memeriksa keadaan listrik motor. Seperti lampu-lampu motor, lampu depan, lampu belakang, lampu sein, lampu speedometer, starter serta klakson. Pastikan semua keadaan tersebut berfungsi dengan benar. Apabila terdapat kerusakan pada salah satu bagian menandakan ada kerusakan pada bagian aki motor tersebut bermasalah.

9. Periksa Keadaan Roda Motor

motor-bekas

Anda perlu mengecek kondisi roda motor. Lihat kelurusan roda belakang dan depan, hal ini untuk memastikan chasis motor tidak mengalami kerusakan. Atau jika terdapat kebengkokan pada chasis bisa diakibatkan karena motor pernah terjatuh dan mengalami benturan keras.

10. Test Ride

motor-bekas

Terakhir Anda bisa melakukan test ride. Apakah motor tersebut nyaman digunakan atau tidak. Jika nyaman ada sudah dapat memilih motor tersebut.

Itulah tips untuk memilih motor second. Nah jika Anda ingin membeli motor yang second namun belum memiliki dana yang cukup, tak perlu khawatir. Anda bisa mengajukan pinjaman kredit multiguna di disitu.com kemudian pinjaman tersebut bisa Anda gunakan untuk membeli motor second.