avatardisplay_general
DISITU
05 Nov 2018

12 Jenis Asuransi Yang Dapat Menjamin Masa Depan Anda

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181105/Banner/12%20Jenis%20Asuransi%20Yang%20Dapat%20Menjamin%20Masa%20Depan%20Anda.jpg

12 Jenis Asuransi Yang Dapat Menjamin Masa Depan Anda

Tidak dapat dipungkiri bahwa asuransi merupakan suatu bentuk jaminan masa depan yang paling diandalkan saat ini. Bagaimana tidak, tingginya biaya kebutuhan hidup diiringi dengan beberapa resiko yang mungkin saja terjadi menjadikan kita untuk terus siap menghadapi hal-hal yang akan datang. Dalam menjawab setiap kebutuhan konsumen, perusahaan-perusahaan asuransi terpercaya terus meningkatkan pelayanan mereka, seperti dengan menyediakan produk-produk asuransi sesuai kebutuhan. Nah, berikut merupakan jenis-jenis asuransi yang ada saat ini.

  1. Asuransi Kesehatan

Asuransi

Asuransi kesehatan atau biasanya disebut health insurance merupakan salah satu asuransi yang paling dikenal oleh masyarakat. Asuransi ini memberikan proteksi atau perlindungan untuk masalah kesehatan yang dialami oleh anggota asuransi, baik masalah yang disebabkan oleh penyakit, cacat, hingga kematian karena kecelakaan. Beberapa perusahaan asuransi swasta seperti Prudential, Cigna, Allianz, AIA Financial adalah sebagian dari perusahaan terkenal yang menyediakan berbagai macam produk asuransi sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia.

  1. Asuransi Jiwa

Asuransi

Tidak kalah dari asuransi kesehatan, asuransi jiwa atau life insurance juga merupakan produk yang paling diminati oleh masyarakat. Jenis asuransi ini merupakan asuransi yang memberikan keuntungan finansial ketika anggota asuransi atau yang disebut tertanggung atas kematiannya. Ada dua cara untuk mendapatkan dana dari asuransi ini. Pertama, sebelum tertanggung meninggal dunia. Biasanya terdapat jangka waktu sesuai dengan perjanjian yang telah dibuat oleh kedua belah pihak.  Kedua, ketika tertanggung telah meninggal dunia. Untuk kasus ini, dana akan diberikan kepada keluarga tertanggung setelah anggota tersebut meninggal dunia. Beberapa perusahaan asuransi yang menyediakan produk ini antara lain AXA Mandiri, PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life), Panin Dai-ichi Life, Asuransi Bumiputera, Manulife, Cigna, dan FWD Life.

  1. Asuransi Perjalanan

Asuransi

Asuransi perjalanan atau travel insurance ini akan memberikan manfaat dan perlindungan seperti mendapat proteksi dan penanggungan biaya untuk kecelakaan yang menimpa, santunan kecelakaan pribadi, tanggungan biaya pengobatan darurat, pemulangan jenazah, evakuasi medis, hingga proteksi terhadap barang-barang bawaan yang memiliki resiko hilang atau rusak. Biaya premi asuransi perjalanan ini akan disesuaikan dengan biaya perjalanan. Perusahaan-perusahaan seperti Allianz, Asuransi ACA, AIG, Travel Zurich, dan Asuransi Sinarmas juga memiliki produk untuk asuransi perjalanan.

  1. Asuransi Properti

Asuransi

Asuransi properti atau property insurance merupakan asuransi yang cukup diminati untuk perlindungan rumah. Oleh sebab itu, asuransi ini biasanya disebut juga sebagai asuransi rumah. Namun tidak hanya itu, asuransi ini biasanya juga dimanfaatkan untuk melindungi properti-properti lain yang dianggap cukup berharga. Jenis asuransi ini biasanya memberikan proteksi terhadap bencana, seperti kebakaran, banjir dan gempa bumi.

  1. Asuransi Bisnis

Asuransi

Produk asuransi bisnis atau business insurance memberikan perlindungan bagi berbagai jenis dan ukuran bisnis. Mulai dari usaha mikro, UKM, perusahaan besar hingga perusahaan multinasional. Contoh dari perlindungan yang diberikan dari asuransi ini adalah perlindungan pada pengiriman barang-barang, baik melalui jalur darat, udara, maupun jalur laut.

  1. Asuransi Kendaraan

Asuransi

Asuransi kendaraan terbagi menjadi asuransi mobil dan asuransi motor. Asuransi ini memberikan dua jenis perlindungan kepada kendaraan, yaitu Komprehensif (Comprehensive) dan Total Loss Only (TLO). Asuransi ini memberikan jaminan ganti rugi atas kehilangan/kerusakan pada kendaraan akibat dari kejatuhan benda, kebakaran, perbuatan jahat, pencurian, perampasan, tabrakan, benturan atau kecelakaan lalu lintas lainnya.

  1. Asuransi Pendidikan

Asuransi

Asuransi pendidikan merupakan alternatif yang menjamin kehidupan yang lebih baik dengan berfokus pada pendidikan anak. Biaya premi yang harus dibayarkan tertanggung kepada penawaran yang diberikan perusahaan asuransi sesuai dengan tingkatan pendidikan yang ingin didapatkan nantinya. Asuransi ini juga memberikan manfaat tambahan yaitu perlindungan kesehatan, baik bagi tertanggung dan juga orang tua.  

  1. Asuransi Umum

Asuransi

Asuransi umum adalah asuransi yang memberikan proteksi bagi resiko kerugian yang biasa diakibatkan oleh kehilangan tanggung jawab suatu hukum kepada pihak ketiga. Asuransi dibagi menjadi dua jenis. Pertama yaitu Sosial Insurance, merupakan asuransi yang digunakan untuk menjamin masa tua dengan pembayaran premi secara paksa yang biasanya diambilkan dari potongan gaji. Kedua yaitu Voluntary Indurance, merupakan asuransi sukarela yang dijalankan oleh pemerintah untuk memberikan proteksi terhadap seseorang atau keluarga akibat suatu resiko.

  1. Asuransi Kredit

Asuransi

Asuransi kredit juga merupakan asuransi yang sering kali ditemukan di Indonesia. Asuransi kredit merupakan jaminan pelindung dari kegagalan debitur untuk melunasi tuntas kredit atau biasanya sebuah pinjaman modal dalam kredit market, modal usaha, modal kerja. Asuransi ini cukup disarankan bagi Anda yang sering melakukan pembelian melalui kredit untuk menghindari kegagalan transaksi di masa depan.

  1. Asuransi Disabilitas

Asuransi

Asuransi disabilitas biasanya dimiliki oleh orang-orang dengan pekerjaan berat yang memiliki resiko tinggi mengalami kecelakaan kerja. Asuransi ini bermanfaat untuk melindungi anggotanya dari resiko kejadian kecelakaan kerja yang membuat pekerja menyandang difabel.  

  1. Asuransi Pensiun

Asuransi

Asuransi pensiun biasanya dimiliki oleh orang-orang yang berusia lanjut. Hal ini tentunya merupakan jaminan yang diberikan kepada orang-orang yang sudah tidak dapat lagi bekerja karena faktor usia, dan dinilai cukup membantu dalam hal finansial. Sejumlah dana akan diterima oleh anggota yang sudah didak dapat bekerja sebagai dana pensiun.

  1. Asuransi Kelautan

Asuransi

Asuransi kelautan merupakan asuransi yang bekerja sama dengan pihak perkapalan karena asuransi ini melibatkan pengguna jasa kapal yang berhubungan dengan transport barang atau kargo. Jaminan akan diberikan atas resiko yang mungkin terjadi, seperti resiko kapal rusak, kerusakan kargo, kegagalan dalam pengiriman kargo dan masalah lain yang berhubungan dengan perkapalan ini.