avatardisplay_general
DISITU
28 Sep 2018

4 Jenis Asuransi Jiwa yang Penting Diketahui

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180928/4%20Jenis%20Asuransi%20Jiwa%20yang%20Penting%20Diketahui.jpg

Banyak orang mengatakan jika hidup dan risiko adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Hal tersebut tidak sepenuhnya salah sebab dalam melakukan aktivitas sehari-hari ada banyak risiko yang mungkin terjadi seperti risiko kecelakaan atau kematian.

Dua risiko tersebut tentu akan membawa dampak tidak menyenangkan pada Anda terlebih keluarga yang ditinggalkan. Agar tidak memberikan beban pada orang lain, melindungi diri dengan asuransi jiwa adalah langkah paling bijak yang bisa Anda ambil.

Asuransi jiwa adalah produk asuransi yang akan memberikan perlindungan pada Anda selaku tertanggung atau pemegang polis. Dengan perjanjian yang sudah dilakukan sebelumnya, jenis asuransi ini akan memberikan sejumlah dana pada ahli waris yang telah ditunjuk jika terjadi risiko kematian pada pemegang polis.

Dengan manfaat tersebut tentu asuransi jiwa akan sangat bermanfaat bagi Anda yang memiliki pekerjaan berisiko tinggi terlebih seorang tulang punggung keluarga. Tidak hanya itu manfaat asuransi jiwa juga bisa berfungsi sebagai investasi di masa tua kelak.

Sementara itu tidak hanya satu, ternyata terdapat beberapa jenis asuransi jiwa yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Apa saja? Berikut penjelasan selengkapnya:

 

  1. Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Asuransi

Jenis asuransi jiwa yang pertama adalah asuransi jiwa seumur hidup. Jika mengikuti asuransi jenis ini maka pemegang polis akan ditawarkan perlindungan seumur hidup atau hingga usia 99-100 tahun. Asuransi yang dikenal dengan nama whole life insurance ini juga memiliki unsur tabungan dimana pemegang polis bisa mendapatkan nilai tunai dari premi yang sudah diberikan. Namun perlu diingat bahwa jenis asuransi satu ini memiliki premi lebih mahal dibanding jenis asuransi jiwa lainnya.

 

  1. Asuransi Jiwa Berjangka

Asuransi

Sesuai dengan namanya, asuransi jiwa berjangka atau term life insurance adalah asuransi yang akan memberikan perlindungan dalam jangka waktu tertentu yang sudah ditentukan. Biasanya kontak asuransi berjangka 5, 10, atau 20 tahun. Bagi Anda yang ingin berinvestasi untuk keluarga namun hanya memiliki dana terbatas, maka jenis asuransi ini sangat cocok dipilih karena memiliki premi yang relatif lebih murah.

Namun perlu diingat, asuransi ini memiliki kekurangan dimana premi yang sudah dibayarkan bisa saja hangus dan tidak bisa diambil jika sampai akhir kontrak pemilik polis tidak memiliki masalah kesehatan atau meninggal dunia.

 

  1. Asuransi Jiwa Dwiguna

Asuransi

Jenis asuransi jiwa lainnya yang memiliki manfaat besar adalah asuransi jiwa dwiguna. Pemegang dari asuransi ini kebanyakan adalah orangtua yang ingin berinvestasi sekaligus menyiapkan dana untuk anak. Bukan tanpa alasan, pemegang polis bisa mendapatkan nilai premi dalam jangka waktu tertentu seperti tiga atau lima tahun sehingga uangnya bisa sekaligus digunakan untuk biaya pendidikan. Meskipun memiliki manfaat asuransi yang seolah menggabungkan asuransi jiwa dan asuransi pendidikan, perlu diingat jika asuransi ini memiliki premi yang lebih besar dibanding jenis lainnya.

 

  1. Asuransi Jiwa Unit Link

Asuransi

Jika kebanyakan asuransi jiwa hanya memberikan perlindungan atas risiko kematian pemegang polisnya, maka beda halnya dengan asuransi jiwa unit link. Selain memberikan perlindungan pada tertanggung, asuransi ini juga bisa berfungsi sebagai investasi. Manfaat asuransi jiwa unit link adalah pemilik polis bisa mendapatkan bunga dari hasil investasi yang sudah dijalankan oleh perusahaan. Meskipun demikian, harus diperhatikan bahwa ada kemungkinan rugi yang bisa dialami oleh pemilik polis jika investasi yang dijalankan tidak menghasilkan.