avatardisplay_general
DISITU
16 Sep 2018

5 Alasan Gadai Sertifikat Rumah Perorangan Di Bandung

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180916/5%20Alasan%20Gadai%20Sertifikat%20Rumah%20Perorangan%20Di%20Bandung.jpg

Solusi dalam mencari dana secara cepat adalah melakukan gadai. Anda bisa melakukan gadai dengan barang apa saja. Namun, menggadaikan sertifikat rumah menjadi tawaran yang menggiurkan. Karena nilai jual dari gadai sertifikat rumah ini sangat tinggi. Itulah mengapa banyak orang melakukan gadai sertifikat rumah. Tak terkecuali di Kota Bandung. Ada beberapa cara untuk melakukan gadai sertifikat rumah di Bandung. Salah satunya adalah gadai sertifikat rumah perorangan. Gadai sertifikat rumah perorangan di Bandung banyak menjadi pilihan. Lantas apa sajakah alasan pemilihan cara gadai tersebut? 

Mengetahui Alasan Melakukan Gadai Melalui Perorangan

Melakukan gadai sertifikat rumah perorangan di Bandung adalah sebuah hal yang sebenarnya adalah jalan terakhir. Namun, alangkah baiknya Anda harus memahami alasan orang melakukan gadai lewat perorangan. Berikut ini adalah alasannya:

1. Ditolak Di Berbagai Lembaga Lain

Alasan yang pertama adalah debitur ditolak di lembaga gadai yang ada. Mereka ditolak karena beberapa faktor. Diantaranya adalah mereka ditolak karena adanya masalah pada lembaga gadai. Bisa juga karena mereka kecewa dengan lembaga gadai yang ada atau juga mereka tidak memenuhi persyaratan dan kelengkapan yang sesuai. Maka dari itu, debitur yang ditolak dari lembaga gadai lain memilih untuk gadai sertifikat rumah perorangan.

2. Masih Memiliki Hutang

Alasan selanjutnya adalah mereka masih memiliki hutang di lembaga gadai yang lain. Hal ini disebabkan karena debitur kurang teliti dalam melakukan gadai. Seperti misalnya keterlambatan dalam membayar angsuran setiap bulan. Akibatnya debitur terkena denda yang sudah ditentukan dari pihak gadai. Sebenarnya cara berpindah gadai ini sangat tidak disarankan bagi Anda yang masih memiliki hutang. Karena hal ini akan menambah masalah bagi Anda.

3. Menginginkan Proses Yang Cepat

Setiap orang tentu menginginkan dana cepat dari kegiatan gadai. Dan juga dalam mendapatkan dana cepat, tentu juga menginginkan proses yang cepat juga. Biasanya dalam proses gadai terutama pada gadai sertifikat rumah biasanya membutuhkan proses gadai paling cepat yaitu 7 hari kerja. Karena proses gadai ini meliputi survey, persetujuan ke notaris dan BPN, hingga akad kredit ke notaris. Biasanya pada gadai sertifikat rumah perorangan tidak menggunakan beberapa cara ini. Sehingga gadai sertifikat rumah melalui perorangan terkadang menempuh banyak resiko. Baik itu resiko keamanan maupun resiko akan kehilangan aset yang digadaikan.

4. Disarankan Oleh Orang Terdekat

Menerima saran tempat gadai dari orang terdekat memang sangat penting. Terutama bagi Anda yang belum pernah melakukan gadai sertifikat rumah. Orang terdekat Anda biasanya akan memberikan saran bagaimana tempat gadai yang baik serta aman. Tidak jarang juga orang terdekat Anda ini adalah seorang penyedia jasa gadai. Maka dari itu, Anda tidak harus sepenuhnya percaya. Dalam urusan bisnis, tidak ada yang namanya kawan. Sebaiknya Anda perlu waspada dan hati-hati jika Anda melakukan gadai sertifikat rumah secara perorangan.

5. Malas Dengan Survei

Hal ini merupakan alasan yang paling sering diungkapkan orang-orang. Terutama orang yang ingin cepat membutuhkan dana tanpa memikirkan resiko yang ada. Lembaga gadai perorangan biasanya melakukan survey terhadap sertifikat rumah. Namun tidak jarang juga, beberapa lembaga gadai perorangan ini tidak melakukan survey. Oleh karena itu, banyak dari mereka yang memilih tempat gadai perorangan yang tidak melakukan survei terhadap data-data Anda.

Melakukan gadai sertifikat rumah perorangan di Bandung sebenarnya sah-sah saja. Namun dari poin-poin yang telah disampaikan, Anda tidak usah terburu-buru untuk melakukan gadai tersebut. Pikirkan terlebih dahulu resiko dan lain sebagainya jika melakukan gadai ke perorangan. Dengan ini, Anda akan mendapatkan sisi positif dari gadai melalui perorangan. Selain itu, Anda harus membayar angsuran sesuai dengan waktu yang telah ditentukan. Hal ini agar Anda tidak kehilangan benda yang Anda gadaikan.