Dalam rangka Hari Raya Idul Fitri 2018, semua data pengajuan yang masuk melalui DISITU.COM akan diproses kembali pada tanggal 19 Juni 2018. DISITU.COM mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1439 H

29 March 2018 00:00

5 Cara Cerdas Investasi Saham Bagi Kamu Pemula Secara Online

DISITU

574 5 Cara Cerdas Investasi Saham Bagi Kamu Pemula Secara Online.jpg

Investasi adalah upaya mengembangkan aset yang sudah kita miliki agar menjadi lebih banyak. Semua orang yang memiliki aset bisa melakukan investasi sesuai kemampuan dan kemauannya, agar aset yang dimiliki tidak habis begitu saja. Ada berbagai macam investasi dibagi menurut waktu memperoleh hasilnya, ada investasi jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Saham merupakan salah satu cara investasi jangka panjang yang bisa Anda pilih apabila memiliki waktu yang banyak. Perusahaan biasanya menerbitkan surat saham untuk memperoleh tambahan modal dari para investor. Anda bisa melakukan investasi di dalamnya, untuk mengembangkan aset yang Anda miliki. Bagaimana cara investasi saham untuk pemula? Anda akan mengetahuinya setelah membaca artikel ini.

Investasi saham bisa dilakukan secara online dan offline, tergantung Anda mau memilih yang mana sesuaikan dengan kemampuan Anda. Bila Anda memilih melakukan secara online, tentu saja Anda harus menguasai pengetahuan tentang internet dan aplikasi untuk melakukan investasi. Berikut ini beberapa cara investasi saham untuk pemula secara online yang mungkin dapat Anda coba lakukan. 

1. Mempersiapkan Dana Untuk Saldo Awal

Wirausaha-Sukses

Hal pertama dari cara investasi saham untuk pemula secara online ialah menyiapkan modal awal. Siapkan aset Anda berupa dana tunai sebagai saldo awal membuka rekening investor. Namun jangan khawatir, karena sekarang modal untuk melakukan investasi saham lebih sedikit dibanding dulu. Hal itu disebabkan oleh peraturan pemerintah tentang harga jual beli saham minimal per-lot adalah 100 lembar. Sehingga saham-saham bisa dibeli dengan jumlah modal yang relatif lebih kecil. Pialang saham biasanya membuatkan rekening tabungan khusus untuk Anda sebagai investor, dengan saldo awal paling sedikit adalah Rp. 100.000.

2. Memilih Broker Yang Tepat

Wirausaha-Sukses

Bagi para pemula memilih broker adalah hal terpenting yang harus jadi prioritas utama, karena broker memiliki peran sangat penting. Broker adalah mitra usaha bagi Anda, yang akan menunjukkan mana saja saham yang menguntungkan, sehingga Anda bisa melakukan investasi di sana. Saat ini di bursa efek Indonesia, tercatat ada lebih dari 115 broker atau pialang saham. Saat Anda memilih pastikan broker Anda terdaftar sebagai anggota bursa, dan memiliki sertifikat perantara pedagang efek. Broker yang terkenal akan berani menawarkan saldo awal yang rendah kepada para investor.

3. Mendaftar Ke Broker Saham

Wirausaha-Sukses

Pendaftaran ke broker saham bisa dilakukan dengan cara via telepon  atau email ke broker yang sudah Anda pilih. Jika Anda kebetulan sedang berada di Jakarta bisa mendaftar secara langsung, dengan datang ke bursa efek Jakarta. Dari sana Anda akan mendapat berbagai macam penjelasan dan mendapat bimbingan untuk mulai belajar investasi saham.

4. Memilih Aplikasi Online Trading

Wirausaha-Sukses

Dalam era digital seperti sekarang, banyak broker yang menawarkan fasilitas online trading. Jika Anda sudah akrab dengan komputer dan internet, maka cara investasi saham bagi pemula secara online sangat cocok. Anda disarankan memilih aplikasi trading yang stabil dan nyaman digunakan, mulai dari tampilan, koneksi yang lancar dan banyak lagi.

5. Memperdalam Pengetahuan Tentang Investasi Dan Trading

Wirausaha-Sukses

Saat Anda memutuskan untuk melakukan investasi, Anda harus mulai belajar dan belajar terus untuk memperbanyak pengetahuan. Jangan Anda masuk dengan tangan kosong, atau bermodalkan spekulasi saja. Anda harus benar-benar mengerti tentang pergerakan pasar, cerdas melihat fluktuasi dana arah pasar. Jika Anda akan membeli saham suatu perusahaan, hendaknya Anda mencari semua info tentang perusahaan tersebut. Dalam hal ini termasuk perusahaan yang menjadi mitranya, minimal dengan menganalisa laporan keuangannya. Demikian cara investasi saham bagi pemula, dan hal yang harus dipersiapkan sebelumnya.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu