avatardisplay_general
DISITU
13 Sep 2018

5 Hal Agar Gadai Sertifikat Rumah Mudah Diterima

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180913/5%20Hal%20Agar%20Gadai%20Sertifikat%20Rumah%20Mudah%20Diterima.jpg

Saat ini banyak sekali yang mencari pinjaman dengan cara menggadaikan barang. Banyak sekali barang atau aset yang bisa digadaikan, salah satunya adalah sertifikat rumah.  Mengajukan gadai untuk mendapatkan pinjaman bukanlah hal yang sulit namun tidak bisa dikatakan mudah. Untuk mengajukan gadai sertifikat rumah haruslah memiliki beberapa ketentuan agar proses mengajukan gadai mudah. Bagi Anda yang hendak mengajukan gadai sertifikat rumah sebaiknya memperhatikan beberapa hal di bawah ini agar proses gadai sertifikat rumah mudah diterima. Berikut di antaranya :

1. Persyaratan Yang Lengkap

Salah satu cara agar ketika mengajukan gadai sertifikat rumah mudah diterima adalah memiliki persyaratan yang lengkap. Maka sebaiknya ketika mengajukan gadai rumah Anda telah mempersiapkan segalanya dengan  baik. Persyaratan yang diperlukan bisanya berupa berbagai macam dokumen seperti KTP, NPWP, Sertifikat Rumah, dan sebagainya. Pastikan bahwa dokumen tersebut lengkap. Selain persyaratan dokumen juga terdapat persyaratan lain mengenai rumah tersebut, misalkan saja rumah tersebut layak huni dan berada di tempat yang strategis.

2. Dokumen Yang Sesuai Dengan Rumah Tersebut

Tidak hanya persyaratan yang lengkap, namun Anda harus memiliki dokumen yang sesuai untuk mengajukan gadai sertifikat rumah agar mudah diterima. Percuma saja memiliki persyaratan yang lengkap namun dokumen yang dimiliki tidak sesuai dengan kondisi aslinya. Jadi pastikan terlebih dahulu bahwa dokumen yang dimiliki sesuai dengan kondisi aslinya. Misalkan saja alamat rumah terbut sama dengan yang ada di dokumen, ukuran rumah juga sama, jenis rumah, dan masih banyak lainnya. Maka pastikanlah surat-surat berharga yang berkaitan dengan rumah sesuai dengan kondisi rumah.

3. Dokumen Dengan Riwayat Yang Baik

Maksud dari dokumen dengan riwayat yang baik adalah dokumen tersebut tidak pernah cacat. Sebagai contoh agar lebih paham, sertifikat ramah tersebut memiliki riwayat pajak yang baik dan tidak pernah telat. Untuk itu sebaiknya Anda memastikan untuk tidak telat membayar pajak. Bayarlah pajak dengan rutin dan tepat waktu agar nantinya ketika hendak menggadaikan mengajukan gadai sertifikat rumah mudah diterima. Pihak lembaga jasa keuangan tentunya akan lebih mudah menerima rumah dengan riwayat yang baik.

4. Rumah Yang Layak Ditinggali

Yang tidak kalah penting dari semuanya adalah kondisi rumah itu sendiri. Rumah harus dalam kondisi layak agar pengajuan gadainya diterima dengan mudah oleh pihak jasa gadai. Tentunya pihak pemberi pinjaman akan melihat kondisi fisik rumah kita ketika survey. Rumah yang layak tidak berarti rumah tersebut harus mewah dan megah, selama rumah itu masih bisa ditinggali dan memenuhi  persyaratan maka masih bisa digadaikan dengan mudah. Semakin baik kondisi rumah maka harga atau nilai gadai akan semakin tinggi. Maka untuk itu sebaiknya Anda menjaga dan merawat rumah dengan baik.

5. Pastikan Rumah Memiliki Sarana Prasarana Yang Baik Dan Memadai

Selain empat hal di atas, rumah juga harus memiliki sarana penunjang yang baik agar pengajuan gadai sertifikat rumah cepat diterima. Misalkan saja rumah tersebut dekat dengan tamat penting maka akan memiliki nilai gadai lebih tinggi dan pengajuannya mudah diterima. Sarana pendukung rumah juga Iain memudahkan proses gadai sertifikat rumah. Namun apabila sarana prasarana tidak memadai maka mengajukan gadai sertifikat rumah akan sulit. Misalkan saja rumah yang ingin digadaikan memiliki air yang kurang lancar, maka ini akan membuat harganya semakin rendah. Untuk itu sebaiknya sebelum mengajukan gadai Anda mengecek kondisi saran dan prasarana rumah itu sendiri.

Dengan mengetahui beberapa hal di atas, tentunya Anda lebih mengetahui apa saja yang membuat gadai rumah cepat diterima.