avatardisplay_general
DISITU
14 Sep 2018

5 Hal Dalam Mengajukan Gadai Motor Vixion

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180914/5%20Hal%20Dalam%20Mengajukan%20Gadai%20Motor%20Vixion.jpg

Melakukan gadai untuk membutuhkan dana yang cepat bisa dilakukan oleh banyak orang. Jika Anda perhatikan di sekitar tempat tinggal Anda dalam beberapa tahun terakhir begitu banyak berdiri lembaga gadai. Tidak hanya tempat gadai BUMN, akan tetapi tempat gadai swasta juga banyak berdiri. Biasanya lembaga gadai swasta ini sering disebut dengan gadai pinggir jalan. Dan barang yang digadaikan juga bermacam-macam. Akan tetapi, ada hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan gadai motor vixion. Berikut adalah hal yang harus Anda perhatikan kaitannya dengan gadai motor:

1. Syarat Dan Ketentuan

Setiap Lembaga keuangan tentu saja membutuhkan syarat formal, yaitu kartu identitas diri atau KTP. Setelah identitas diri tentu saja Anda harus membawa barang yang akan digadaikan. Bila Anda ingin melakukan gadai motor, perhatikan surat-suratnya dan keadaan fisik kendaraan Anda. Karena motor Anda akan diperiksa ketika akan digadaikan.

Sebagai sebuah lembaga keuangan non bank, tempat gadai tidak akan menerima barang bermasalah atau tidak memiliki surat-surat yang lengkap. Maka dari itu, Anda harus memperhatikan lagi syarat beserta ketentuan dari lembaga gadai.

2. Biaya-Biaya Gadai

Sistem yang diterapkan pada lembaga gadai adalah sistem sewa titip. Dan juga setiap lembaga gadai memiliki sistem tersendiri. Apabila tempat gadai tersebut mengacu pada tempat gadai BUMN, tempat gadai akan mengenakan biaya sewa setiap 15 hari. Dengan jatuh tempo 120 hari dan bisa Anda perpanjang.

Jika Anda terlambat melakukan pembayaran, tentu saja akan dikenakan denda. Saat Anda melakukan gadai, tentunya akan dikenakan biaya Administrasi. Besarnya biaya administrasi tergantung dari nominal barang yang Anda gadaikan. Semakin besar pinjaman, maka biaya Administrasi juga semakin bertambah pula.

3. Keamanan Tempat Gadai

Dalam hal ini, Anda akan menggadaikan barang yang cukup berharga, yaitu gadai motor vixion. Pastikan tempat gadai tersebut membuat Anda merasa aman dan nyaman. Baik itu kerahasiaan data Anda maupun terjaminnya keamanan barang Anda yang digadaikan. Kerahasiaan data ini maksudnya adalah hanya pihak leasing dan Anda saja yang mengetahui identitas Anda. Yang pasti Anda tidak ingin kehilangan barang yang Anda gadaikan.

Maka dari itu, Anda juga harus memperhatikan kredibilitas tempat gadai tersebut. Apabila Anda rela kehilangan barang yang Anda gadaikan, sebaiknya Anda menjual barang yang Anda gadaikan saja.

4. Jangka Waktu Gadai

Tidak ada yang tahu berapa lama motor yang Anda gadaikan. Ada alasan tersendiri mengapa Anda melakukan gadai motor. Jadi yang paling tahu berapa lama barang tersebut digadaikan adalah Anda sendiri. Yang harus Anda ingat adalah Anda jangan sampai terlambat dalam melakukan pembayaran gadai. Karena mengingat proses pencairan dana gadai bisa dibilang cepat dan mudah. Selain itu, membayar gadai secara tepat waktu juga mencegah barang yang Anda gadaikan akan hilang dan menjadi milik lembaga gadai.

5. Nilai Taksiran

Setiap tempat gadai menerapkan nilai taksir beserta pinjaman yang bisa diterima sebesar 80% - 85% dari nilai taksir tersebut. Besar nilai taksir ini harus Anda pahami dengan benar. Agar nantinya Anda tidak kecewa jika nilai pinjaman yang Anda inginkan tidak tercapai. Sistem nilai gadai ini sebenarnya berlaku di beberapa lembaga gadai.

Setelah membaca tips di atas, tentunya Anda harus mengerti beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum melakukan gadai motor vixion. Selain itu, kami merekomendasikan melakukan gadai online melalui disitu.com. Karena disitu.com memiliki proses gadai yang cepat dan aman, selain itu juga sudah bermitra dengan berbagai perusahaan finansial di Indonesia.