avatardisplay_general
DISITU
08 Sep 2018

5 Keunggulan Gadai Motor di Pegadaian Syariah

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1809/180908/5 Keunggulan Gadai Motor di Pegadaian Syariah.jpg

Pertumbuhan ekonomi di Indonesia semakin meningkat. Harga kebutuhan pokok maupun kebutuhan lainnya terus mengalami kenaikan. Hal ini mendorong timbulnya banyak lembaga keuangan yang menawarkan alternatif pinjaman dana darurat. Salah satu yang dimiliki oleh pemerintah Indonesia ialah Pegadaian.

Pegadaian merupakan badan usaha milik negara atau BUMN yang bergerak di sektor keuangan, melayani pembiayaan, emas dan berbagai jasa lainnya. Ada 2 macam pegadaian yaitu pegadaian konvensional dan pegadaian Syariah. Keduanya memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.

Sistem Syariah yang diusung oleh pegadaian ini memiliki kelebihan tersendiri yang membuatnya berbeda dengan lembaga pembiayaan lainnya. Contohnya saat Anda ingin gadai motor di Pegadaian Syariah, maka berbagai kelebihan di bawah ini yang bisa Anda dapatkan.

Pegadaian Syariah Amanah dan Tepercaya

Pegadaian Syariah bekerja di bawah wewenang pemerintah sehingga hukum dasarnya pun jelas tertulis dalam Kitab Undang-undang Hukum Perdata Pasal 1150. Anda tidak perlu khawatir lagi soal barang berharga yang dijaminkan karena Pegadaian Syariah menjunjung tinggi kepercayaan dan bersifat amanah.

Menerapkan Konsep Syariah

Pegadaian menerapkan konsep Syariah yang berarti berlandaskan syariat Islam dan tentu saja harus terhindar dari yang namanya riba atau ketidakjelasan. Prinsip dasar dari konsep ini antara lain kemitraan, keadilan, transparansi serta menyeluruh. Berikut ini penjelasannya.

  1. Kemitraan

Posisi yang sejajar antara lembaga, nasabah dan mitra usaha sehingga keuntungan yang didapatkan oleh masing-masing lebih maksimal.

  1. Keadilan

Menjunjung tinggi nilai keadilan terhadap semua pihak sesuai dengan kontribusi dan risiko yang dibebankan.

  1. Transparansi

Pegadaian Syariah transparan akan hal-hal yang berkaitan dengannya sejak awal sehingga tidak ada yang terkesan ditutup-tutupi. Terutama soal hak dan kewajiban semua pihak penyelenggara.

  1. Menyeluruh

Lembaga keuangan yang bersedia membantu semua pihak tanpa memandang ras, suku, agama, status sosial dan sebagainya.

Gadai Motor di Pegadaian Syariah Halal

Sebagian masyarakat beranggapan bahwa bunga dan riba merupakan hal yang haram karena tidak diketahui asal usulnya. Bagi Anda yang ingin mengatasi masalah keuangan dengan cara yang halal, maka pegadaian Syariah merupakan pilihan yang tepat.

Anda bisa gadai motor di Pegadaian Syariah dengan prinsip Islam sehingga hati lebih tenang.

Bisa Sekalian Berzakat

Keuntungan yang diperoleh Pegadaian Syariah sebesar 2,5 tiap tahunnya disalurkan kepada lembaga zakat dan diberikan pada golongan penerima. Jadi, biaya-biaya tertentu yang harus Anda bayarkan ke Pegadaian Syariah merupakan bentuk zakat Anda secara tidak langsung. Hal ini jelas lebih terasa barokahnya.

Beban Gadai Motor di Pegadaian Syariah Lebih Ringan

Konsep Syariah yang diterapkan oleh Pegadaian Syariah bertujuan untuk memudahkan nasabahnya saat memerlukan dana darurat dalam waktu cepat. Persyaratan pengajuannya pun lebih mudah dan jelas. Sementara untuk cicilan atau angsurannya sendiri terbilang lebih ringan bila dibandingkan dengan penyedia keuangan konvensional.

Coba saja Anda bandingkan dengan hutang melalui lembaga swasta, bukan tidak mungkin Anda akan dirugikan di kemudian hari. Bahkan bisa menghabiskan harta benda Anda yang tidak sedikit. Jadi, Ayo pilih Pegadaian Syariah untuk solusi gadai motor atau barang berharga lainnya!

Itulah 5 keunggulan gadai motor di Pegadaian Syariah yang bisa Anda dapatkan. Ingin tips-tips finansial yang menarik? Yuk, kunjungi situs terbaik kami Disitu.com sekarang juga!