avatardisplay_general
DISITU
16 Oct 2018

5 Penyebab Pengajuan Kredit Mobil Baru Xpander Ditolak

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181016/5%20Penyebab%20Pengajuan%20Kredit%20Mobil%20Baru%20Xpander%20Ditolak.jpg

Pengajuan kredit mobil baru xpander sebenarnya cukup mudah, akan tetapi masih ada nasabah yang pengajuan kreditnya ditolak. Biasanya mereka yang kreditnya ditolak, umumnya akan menyalahkan pihak dealer. Padahal sebenarnya yang berhak menerima atau menolak kredit adalah pihak penyedia kredit. Maka dari itu, berikut kami berikan 5 faktor penyebab pengajuan kredit mobil ditolak :

1. Penghasilan Anda Belum Mencukupi

Kredit Mobil

Pastikan Anda untuk menghitung pemasukan serta pengeluaran Anda setiap bulan. Yang mana agar nanti penghasilan Anda cukup untuk melakukan pembayaran cicilan mobil setiap bulannya. Biasanya pihak leasing memiliki analisis keuangan yang akan memperhitungkan penghasilan Anda apakah cukup untuk melakukan pembayaran kredit mobil. Apabila penghasilan Anda dirasa belum mencukupi, maka pihak leasing tidak segan untuk menolak kredit mobil baru Xpander yang Anda ajukan.

2. Debitur Tidak Kooperatif

Kredit Mobil

Selanjutnya yang membuat pengajuan kredit ditolak adalah tindakan yang tidak kooperatif dari calon debitur. Maksud dari tindakan tidak kooperatif adalah memberikan data yang tidak benar atau tidak mau bekerja sama selama proses survey.

Untuk itu, pastikan Anda bisa memberikan informasi serta data yang benar. Sehingga apabila saat melakukan survey, tentunya data yang diberikan sesuai dengan kenyataan. Selain itu, tindakan tidak kooperatif juga bisa melalui tindakan kurang baik atau misalnya tidak mengijinkan pihak leasing untuk melakukan survey.

3. Persyaratan Tidak Lengkap

Kredit Mobil

Ketika melakukan pengajuan kredit mobil, tentunya ada syarat-syarat yang harus Anda penuhi. Beberapa dokumen yang menjadi syarat wajib ketika mengajukan kredit mobil adalah fotokopi identitas diri, fotokopi rekening listrik, dan lain-lain.

Jika ada salah satu atau bahkan sebagian persyaratan yang tidak bisa dipenuhi, kemungkinan besar pengajuan kredit Anda akan ditolak. Tentu saja hal ini disebabkan karena dianggap tidak bisa memenuhi syarat yang sudah ditetapkan sebelumnya.

4. Riwayat Keuangan Yang Buruk

Kredit Mobil

Sejarah pembayaran hutang akan tercatat dengan baik di database Bank Indonesia. Saat akan melakukan pengajuan kredit, pihak bank akan melakukan verifikasi mengenai riwayat pembayaran. Apabila masuk pada daftar debitur macet, pinjaman Anda bisa ditolak.

Alangkah baiknya bila catatan buruk tersebut dihapus. Dan kabar baiknya, catatan buruk tersebut bisa dihapus. Untuk bisa menghapus, Anda harus menyelesaikan tunggakan pinjaman di bank sebelumnya. Setelah itu Anda bisa mengajukan kembali kredit kepada pihak bank.

5. Masuk Dalam Daftar Hitam Bank Indonesia

Kredit Mobil

Bank Indonesia memiliki sistem yang otomatis mendata masyarakat saat menggunakan fasilitas kredit. Apabila nasabah memiliki masalah dalam pelunasan tagihan, maka nasabah akan masuk ke daftar hitam atau blacklist Bank Indonesia. Selain itu, Bank Indonesia juga menerapkan system skor untuk menilai peringkat kredit nasabah. Debitur akan mendapatkan peringkat 1 apabila selalu membayar cicilan setiap bulan.

Apabila nama Anda sudah masuk daftar blacklist Bank Indonesia, tentunya Anda akan kesulitan untuk mendapatkan kredit mobil. Maka dari itu, pastikan bahwa Anda mempunyai catatan kredit yang baik dan tidak masuk dalam daftar blacklist Bank Indonesia.

Setelah Anda membaca dan memahami poin-poin di atas, diharapkan Anda bisa mengerti mengapa pengajuan kredit mobil baru xpander bisa ditolak. Anda juga bisa menjadikan poin-poin di atas sebagai pedoman ketika Anda mengajukan kredit mobil ke sebuah lembaga leasing. Untuk itu kami merekomendasikan terkait tempat kredit mobil bernama disitu.com. Disitu.com merupakan sebuah layanan kredit kendaraan yang sudah bekerja sama dengan berbagai perusahaan keuangan. Selain itu, disitu.com juga bisa melakukan kredit berbagai jenis dan tahun kendaraan. Proses pengajuan kredit disitu.com juga bisa dibilang cepat dan aman.