avatardisplay_general
DISITU
15 Sep 2018

5 Tahapan Dalam Gadai Sertifikat Rumah Palembang

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180915/5%20Tahapan%20Dalam%20Gadai%20Sertifikat%20Rumah%20Palembang.jpg

Gadai adalah hak yang diperoleh lembaga gadai atas barang dan diberikan kepada lembaga gadai oleh debitur. Hal ini dilakukan untuk menjamin suatu utang. Barang yang dihutangkan tersebut bisa berupa berbagai barang. Salah satunya adalah sertifikat rumah. Selain itu, debitur akan memberi kewenangan kepada lembaga gadai untuk mendapat pelunasan dari barang yang dijadikan gadai sertifikat rumah Palembang.

Dalam pelaksanaan gadai, tentu saja melewati tahapan-tahapan yang harus dilaksanakan. Yang mana tahapan-tahapan ini penting bagi Anda dalam pelaksanaan gadai sertifikat rumah Palembang. Berikut adalah tahapan yang harus dilakukan lembaga gadai:

1. Pengajuan Gadai

Hal pertama dalam melakukan gadai adalah Anda harus pergi ke lembaga gadai. Ketika pergi ke tempat gadai, Anda harus membawa kelengkapan dokumen. Dan juga Anda harus sudah memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan oleh lembaga gadai. Karena jika Anda tidak membawa kelengkapan atau tidak memenuhi persyaratan, pengajuan gadai Anda akan ditolak oleh lembaga gadai. Selain itu, yang paling penting adalah Anda harus mengajukan gadai ke tempat yang sesuai. Karena hal ini sangat berkaitan dengan resiko keamanan dan jaminan barang yang Anda gadaikan akan kembali ke tangan Anda.

2. Bertanya Kepada Lembaga Gadai

Setelah memilih kemudian mendatangi lembaga gadai dengan membawa kelengkapan dokumen, Anda bias bertanya kepada lembaga gadai. Anda harus bertanya kepada lembaga gadai mengenai produk-produk kredit yang akan Anda ambil. Jangan sampai Anda sebagai calon peminjam kecewa karena salah memilih program kredit. Pastikan Anda harus memantapkan niat Anda agar tidak kecewa nantinya. Setelah Anda yakin, Anda bisa mengisi formulir pengajuan gadai yang sudah diberikan oleh pihak lembaga gadai.

3. Verifikasi Dan Survey

Tahapan berikutnya adalah Anda harus menunggu jadwal verifikasi dan survey. Anda jangan langsung berharap bahwa Anda akan langsung memperoleh dana. Karena banyak orang yang melakukan gadai sertifikat rumah Palembang. Selain itu, dibutuhkan waktu untuk memasukkan data ke Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia. Untuk itu, Anda harus bersabar hingga bank akan menghubungi Anda untuk melakukan proses survey. Hasil dari proses survey akan mempertimbangkan apakah kredit Anda akan disetujui atau tidak. Keputusan ini adalah kebijakan bank yang tidak bisa diganggu gugat.

4. Pengajuan Ke Kantor Notaris Dan BPN

Kemudian setelah survey, pihak lembaga gadai akan melakukan pengajuan ke kantor notaris dan Badan Pertahanan Negara atau BPN. Hal ini merupakan hal yang harus dilakukan oleh pihak lembaga gadai. Karena dengan mengurus pengajuan ke notaris dan BPN, maka kebenaran gadai bisa dibuktikan secara hukum. Selain itu, mengajukan ke BPN juga akan mencocokkan data di sertifikat rumah. Yang mana data tersebut sangat penting.

5. Ke Kantor Notaris Untuk Akad Kredit

Tahapan yang terakhir adalah Anda beserta pihak bank akan melakukan akad kredit ke kantor notaris. Hal ini tentu saja agar gadai tersebut sah secara hukum. Anda akan dihubungi oleh pihak bank untuk melakukan akad kredit ke kantor notaris. Setelah proses tersebut, Anda bisa mendapatkan uang gadai yang akan Anda butuhkan.

Jadi bisa disimpulkan kelima tahap ini sangat penting dan tentu saja berkaitan. Karena jika salah satu dari tahap ini dilewati atau bahkan tidak dilaksanakan, lembaga gadai tidak bisa dibilang lembaga gadai yang terpercaya. Namun jika Anda sudah terlanjur kecewa, Anda bisa berpindah tempat gadai. Yang mana tempat gadai ini harus sesuai dengan tahapan-tahapan di atas.