avatardisplay_general
DISITU
17 Sep 2018

5 Tahapan Gadai Sertifikat Rumah Perorangan Surabaya

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180917/5%20Tahapan%20Gadai%20Sertifikat%20Rumah%20Perorangan%20Surabaya.jpg

Salah satu dari sekian banyak keuntungan memiliki rumah pribadi yaitu bisa dijadikan jaminan sertifikatnya apabila membutuhkan dana dengan waktu yang cepat. Tempat yang aman dijadikan tempat gadai sertifikat rumah perorangan Surabaya yaitu di bank konvensional maupun bank syariah. Dibandingkan dengan investasi lainnya, bank menilai properti dari nilainya untuk menentukan proses tidaknya suatu pengajuan. Tidak mengherankan jika bank berani menerima agunan sertifikat rumah untuk dijadikan agunan pinjaman oleh debitur. Produk pinjaman dengan agunan sertifikat rumah disebut dengan kredit multiguna. Bank mampu mencairkan aset tersebut dengan dana konsumtif berkisar 80 sampai 90 persen. Debitur dapat menggunakan dana tersebut sebagai dana pembangunan ruko, rumah dan kontrakan. Berikut tahapan gadai sertifikat rumah.

1. Membawa Berkas Ke Pemberi Pinjaman

Setelah memastikan bahwa semua dokumen yang diminta sudah lengkap. Maka Anda harus membawa berkas pengajuan pinjaman gadai sertifikat rumah perorangan Surabaya ke bank yang dituju. Ada baiknya jika Anda memilih bank yang menawarkan berbagai kelebihan yang nyata. Misalnya dengan menawarkan suku bunga yang rendah. Namun Anda juga harus memprioritaskan bank yang telah berpengalaman. Serta memiliki kredibilitas yang tinggi tentunya. Agar Anda bisa yakin menyimpan dokumen yang digadaikan di tempat tersebut.

2. Meminta Penjelasan

Agar tidak terjadi kesalahan dalam memilih produk kredit. Ada baiknya Anda meminta penjelasan dari pihak pemberi pinjaman mengenai berbagai produk pinjaman yang mereka tawarkan. Tanyakan secara rinci produk pinjaman gadai sertifikat rumah perorangan Surabaya. Kemudian pilihlah yang terbaik dari produk pinjaman yang ditawarkan. Jangan sampai Anda kecewa pada plafon cicilan. Pertimbangkan secara matang-matang. Karena keputusan yang Anda ambil akan berjalan sampai jangka waktu pelunasan tiba. Jika keputusan Anda sudah bulat maka Anda bisa langsung mengisi formulir yang disediakan.

3. Pengisian Formulir

 Formulir yang diberikan dipastikan masih kosong. Kemudian Anda isikan sesuai dengan data pribadi Anda isikan secara teliti dan hati-hati. Hal ini sangat menentukan cepat tidaknya pencairan dana. Karena dalam formulir banyak ditanyakan soal kondisi kehidupan ekonomi Anda dan aset Anda. Jika sudah yakin diisi dengan data yang sebenar benarnya maka serahkanlah data tersebut kepada pegawai yang mengurus bagian pengajuan pinjaman. Namun sebelumnya cek terlebih dahulu agar tidak terjadi kekeliruan dalam pengisian data.

4. Menunggu Jadwal Verifikasi

Jika proses administrasi pengajuan pinjaman sudah selesai. Maka Anda hanya tinggal menunggu jadwal verifikasi dan survey di rumah yang dijadikan agunan. Biasanya tahap ini dilakukan cukup lama. Karena membutuhkan waktu yang banyak untuk proses meneliti rumah tersebut. Serta juga melakukan sesi tanya jawab dengan responden tetangga peminjam. Pihak bank juga akan mengukur luas bangunan yang dijadikan agunan. Melihat sisi dalam dan luar rumah.

 5. Pencairan Dana

Lama tidaknya proses pencairan dana bergantung pada proses pengecekan data-datanya. Data yang telah diberikan oleh petugas survey. Yang disertakan dengan  kelengkapan dokumen yang diberikan pemohon pinjaman akan berpengaruh besar terhadap pencairan dana. Jika Anda sudah pernah meminjam uang di bank dan memiliki riwayat cicilan yang baik. Maka kemungkinan pengajuan pinjaman tersebut akan cenderung lebih cepat. Dibandingkan dengan Anda yang belum pernah gadai sertifikat rumah di bank. Setelah dana pinjaman sudah cair maka petugas akan segera memberi menelpon ke nomor hp Anda. Mengenai kapan waktu Anda bisa mengambil pencairan dana di bank. Karena Anda akan dilakukan proses penandatanganan beberapa dokumen. Jika Anda memiliki rekening maka pihak bank akan mentransfernya lewat rekening Anda. Namun kekurangannya jika dana yang cair di transfer lewat rekening maka dana tersebut akan terpotong oleh biaya administrasi.