avatardisplay_general
DISITU
23 Oct 2018

5 Tips Jual Beli Emas Yang Aman Agar Tidak Dirugikan

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181023/8.jpg

Emas merupakan salah satu barang berharga yang banyak diminati oleh masyarakat luas. Selain untuk perhiasan emas juga bisa dijadikan untuk investasi. Maraknya penjualan emas saat ini memang bisa memudahkan kita dalam melakukan pembelian emas. Namun, perlu anda ketahui bagaimana cara melakukan jual beli emas yang aman agar anda tidak dirugikan. Banyak kasus penipuan yang bisa menimpa siapa saja, sehingga anda perlu berhati-hati dalam melakukan jual beli emas. Nah, jika anda belum mengetahui bagaimana cara melakukan jual beli emas yang benar dan aman, berikut ini 5 tips yang bisa anda coba untuk melakukan jual beli emas dijamin tidak anda tidak akan dirugikan.

1. Ketahui Harga Emas Terbaru

Emas

Hal pertama yang harus anda lakukan jika akan membeli atau menjual emas adalah mencari informasi mengenai harga emas terbaru. Pasalnya dengan mengetahui harga emas terbaru anda bisa melihat apakah harga di toko yang anda beli sesuai atau tidak dengan harga di pasaran. Selain itu juga ketika anda akan menjual emas, anda perlu mengetahui harga emas terbaru. Dengan demikian ketika anda menjual emas anda tidak akan terkena penipuan harga. Sehingga anda tidak akan dirugikan karena menjual emas dengan harga yang sesuai di pasaran.

2. Periksa Kadar Kemurnian Emas

Emas

Perlu anda ketahui bahwa emas yang asli dan palsu selintas memang terlihat seperti sama. Namun, jika anda ingin mengetahui emas yang anda beli atau yang anda jual adalah emas asli. Maka anda perlu mengecek kadar kemurnian emas tersebut. Cari tahu mengenai kadar kemurnian emas menurut standar internasional. Dengan demikian anda tercegah dari penipuan emas palsu yang akan anda beli atau anda jual. Itulah tips kedua jual beli emas yang aman agar anda tidak dirugikan.

3. Pilihlah Lokasi Jual Beli Emas Yang Aman Dan Terpercaya

Emas

Dalam melakukan jual beli emas yang aman anda harus memperhatikan lokasi yang anda gunakan. Jika lokasi jual beli emas yang anda gunakan aman dan terpercaya maka anda akan terhindar dari kerugian dan penipuan. Perhatikan reputasi tempat jual beli emas yang anda gunakan dan perhatikan juga harga yang ditawarkannya. Cari tahu tempat jual beli emas yang terpercaya di kota anda. Biasanya tempat yang memiliki reputasi jual beli emas yang terpercaya akan memiliki banyak konsumen.

4. Simpanlah Nota Dan Sertifikat Terkait Kepemilikan Emas

Emas

Setelah melakukan pembelian emas anda akan diberikan nota pembelian. Kemudian jika anda memiliki emas dalam jumlah banyak biasanya akan memiliki sertifikasi terkait kepemilikan emas anda. Nah, simpanlah nota dan sertifikat tersebut karena akan sangat berguna jika akan melakukan penjualan atau investasi. Sertifikat yang akan anda dapatkan tentunya menunjukkan emas yang anda miliki adalah emas asli.

5. Simpan Emas Dengan Baik

Emas

Tips terakhir yang harus anda lakukan adalah menyimpan emas dengan baik. Anda bisa menyimpan emas di rumah jika jumlahnya sedikit. Namun, sebaiknya anda simpan di bank jika jumlah emas yang anda miliki cukup banyak. Selain itu anda juga bisa melakukan investasi emas jika emas yang anda miliki dalam jumlah besar. Dengan demikian emas anda akan disimpan dengan aman dan anda juga akan diuntungkan dari hasil investasi.

Kelima tips di atas bisa anda coba agar anda melakukan jual beli emas yang aman sehingga anda tidak dirugikan. Namun demikian tetap berhati-hati dalam membeli emas dan perhatikan kemurnian emas tersebut. Kemudian perhatikan juga harga terbaru dari harga emas di pasaran agar anda tidak dirugikan. Pembelian emas dalam jumlah banyak sebaiknya disimpan di bank atau dilakukan investasi.