18 May 2018 00:00

7 Cara Bisnis MLM Agar Berhasil dan Meraup Untung Banyak!

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/Artikel%20Mei/Artikel%20180518/833 7 Cara Bisnis MLM Agar Berhasil dan Meraup Untung Banyak.jpg

Akhir-akhir ini bisnis MLM (Multi Level Marketing) memang lagi booming di kalangan masyarakat. Pasalnya, selain keuntungan yang sangat menggiurkan, bisnis MLM ini juga bisa dilakukan di mana pun dan kapan pun Anda mau. Sebenarnya apa itu bisnis MLM? Lalu, bagaimana cara memulai bisnis MLM tersebut?

Wirausaha-Sukses

Pengertian Bisnis MLM

MLM atau sering dikenal dengan Multi Level Marketing merupakan sebuah bisnis penjualan langsung yang berjenjang. Di mana seorang pelaku usaha yang terlibat di bisnis ini akan mendapatkan keuntungan yang langsung diberikan oleh perusahaan. Biasanya keuntungan yang diberikan berupa kompensasi atas penjualan produk dan penjualan sales lain yang di rekrut sebelumnya.

Keunggulan Bisnis MLM

Yang sudah tadi kami jelaskan di atas, jika bisnis MLM akhir-akhir ini lagi booming di kalangan masyarakat Indonesia. Karena bisnis Multi Level Marketing ini menawarkan banyak keuntungan bagi orang yang ingin menjalankannya. Misalnya, bisnis ini bisa dilakukan di rumah, tidak terikat oleh waktu dan tentunya mempunyai keuntungan yang sangat menggiurkan.  

Lalu, Bagaimana Cara Memulai Bisnis MLM?

Pasti dari tadi kamu sudah tidak sabar ya, ingin mengetahui bagaimana caranya memulai bisnis MLM? Pada dasarnya, jika ingin memulai bisnis ini kita harus perlu ekstra sabar dan mempunyai mental yang tangguh. Untuk lebih jelasnya, berikut ini 7 cara memulai bisnis MLM yang bisa kamu coba.

1. Pelajari MLM yang diikuti

Agar aman dan terhindar dari penipuan MLM dan skema piramida, Anda perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang bisnis MLM. Pelajari terlebih dahulu bisnis MLM yang akan diikuti dan pastikan juga bahwa Anda benar-benar cocok dengan bisnis dan produk tersebut. Jika benar-benar yakin bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan ikut bisnis ini, jalanilah dengan kematangan hati dan sungguh-sungguh.

2. Pilih Perusahaan Sesuai Produk Yang Disukai

Anda tidak akan bisa menjual produk atau bisnis, jika Anda tidak mempunyai rasa suka dengan produk atau bisnis tersebut. Begitu juga saat ingin mendapatkan rekan di MLM. Jadi, Anda bisa mencari orang yang mempunyai kesukaan dengan produk atau bisnis yang akan dijual. Dengan begitu, Anda dan reka kerja bisa saling support ketika menawarkan produk ke orang lain.

3. Selalu Promosikan Produk Tiap Hari

Fokus untuk selalu promosikan, membangun bisnis, maupun merekrut anggota baru walaupun penghasilannya belum sesuai target yang diharapkan. Jika ada pelanggan yang suka dengan produk maupun jasa yang Anda tawarkan, maka lakukan pendekatan untuk menariknya menjadi rekan bisnis.

4. Dengarkan Keluhan Dan Jual Solusi

Saat ini banyak perusahaan di luar sana yang menyediakan script buat membantu menjual produk atau jasa. Hal ini, bisa dapat membantu Anda untuk menjelaskan mengenai produk yang ditawarkan kepada konsumen. Baik di dalam hal penjualan, solusi maupun dalam kebutuhan pelanggan.

5. Pelajari Pasar

Biasanya pelaku bisnis MLM sering mempunyai aturan minimal bisa merekrut tiga orang dan seterusnya ke bawah. Akan tetapi, penjualan secara langsung adalah cara paling baik dibandingkan dengan bisnis lainnya. Pasalnya, dengan penjualan secara langsung Anda jadi tahu bagaimana situasi pasar saat ini.

6. Jangan Mengajak Keluarga Dan Teman

Salah satu kesalahan terbesar yang sering dilakukan oleh pelaku MLM baru adalah mereka mengajak keluarga dan teman untuk bergabung. Mengapa demikian? Pasalnya dengan mengajak keluarga maupun kerabat, justru malah akan bikin bisnis ini menjadi kurang fokus. Maka dari itu, jika ingin mencari anggota baru lebih baik mencari orang lain yang bukan kerabat atau keluarga.

7. Mempunyai Ciri Khas Yang Berbeda Dari Distributor Lain

Cara memulai bisnis MLM yang terakhir bisa Anda lakukan adalah mempunyai ciri khas yang berbeda dengan distributor lainnya. Mungkin ini salah satu tantangan yang terbilang cukup sulit saat ingin merintis bisnis MLM. Akan tetapi, jika Anda berhasil melewati langkah ini, maka keberhasilan juga akan mengikuti.

 

Wirausaha-Sukses