avatardisplay_general
DISITU
07 Sep 2018

7 Tahap Gadai Sertifikat Rumah Di Semarang

https://disituapi.azureedge.net/A/Img/1809/180907/7 Tahap Gadai Sertifikat Rumah Di Semarang.jpg

Setiap manusia tentunya memerlukan uang dalam kehidupannya. Namun tidak selamanya ketika membutuhkan uang manusia memiliki uang tersebut. Tapi tidak perlu khawatir bagi Anda yang sedang merasakan masa tersebut, kini mudah sekali untuk mendapatkan pinjaman uang, salah satunya dengan gadai sertifikat rumah. Banyak sekali yang mencari langkah untuk mengajukan gadai sertifikat rumah di Semarang. Secara umum langkah mengajukan gadai sebenarnya sama. Bagi Anda yang hendak mengajukan gadai namun belum paham dengan langkah-langkahnya, sebaiknya Anda membaca artikel ini hingga selesai. Berikut ini langkah gadai sertifikat rumah di Semarang, yang sebenarnya sama dengan langkah gadai sertifikat di wilayah lain :

1. Tentukan Jumlah Uang Yang Akan Anda Pinjam

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menentukan jumlah uang yang akan Anda pinjam. Tentunya Anda tidak mau bukan apabila jumlah uang yang dipinjam ternyata kurang untuk digunakan. Untuk itu Anda harus mempertimbangkan dan menghitung kira-kira seberapa besar dana yang Anda perlukan.

2. Mencari Informasi Terlebih Dahulu Mengenai Gadai

Setelah Anda memiliki gambaran berapa jumlah abang yang akan dipinjam, sebaiknya Anda mencari informasi mengenai gadai sertifikat rumah di Semarang itu sendiri. Informasi tersebut bisa Anda dapatkan di website resmi, maupun bertanya langsung ke pihak penggadai tersebut. Informasi yang ditanyakan bisa berupa syarat gadai sertifikat, berkas yang diperlukan, ataupun hal lainnya.

3. Meminta Penjelasan Dan Informasi Yang Ingin Ditanyakan

Sebaiknya Anda juga meminta penjelasan mengenai gadai sertifikat rumah, mulai dari prosedur, hingga tenor atau jangka waktu pelunasan. Setelah itu biasanya pemohon diberikan beberapa persyaratan sebelum mengajukan gadai sertifikat rumah.

4. Membawa Berkas Yang Telah Di Siapkan

Setelah mengetahui berbagai persyaratan dan berkas yang diperlukan untuk mengajukan gadai sertifikat rumah, kini Anda harus menyiapkan berkas tersebut. Secara umum berkas yang diperlukan untuk mengajukan gadai di antaranya adalah : identitas berupa KTP/KK, surat nikah, NPWP, sertifikat rumah, dan sebagainya.

5. Pihak Pemberi Pinjaman Mengecek Berkas Administrasi

Setelah Anda memberikan atau menyerahkan berbagai persyaratan yang diperlukan, biasanya pihak pemberi pinjaman akan mengurus berkas tersebut. Sesudah mengurus dan mengecek berkas yang diberikan, apakah layak secara administratif atau tidak, baru kemudian pihak pemberi jaminan melakukan proses selanjutnya.

6. Menunggu Pihak Pemberi Pinjaman Mengadakan Survey

Setelah lolos secara administrasi, biasanya rumah yang hendak digadaikan sertifikatnya akan dicek atau disurvey. Tujuannya adalah mengetahui adalah rumah tersebut benar adanya dan pantas untuk digadaikan sertifikatnya. Namun tidak perlu khawatir, rumah yang disurvey dan biasanya tidak memiliki persyaratan yang tinggi dan muluk. Yang penting ramah tersebut layak huni atau tidak, pihak pemberi pinjaman juga tidak pernah menyusahkan nasabahnya.

7. Pencairan

Setelah disurvey, biasanya akan ada taksiran dan pencairan dana. Biasanya tidak lebih dari 2 hari, bahak pihak pemberi pinjaman bisa memberi pinjaman di hari itu juga. Setelah kedua belah pihak sepakat dengan harga gadai yang disepakati, maka uang pinjaman gadai bisa Anda terima. Jumlah uang yang bisa diterima setiap rumah tentunya berbeda, hal ini bisa dilihat dari luas bangunan rumah itu sendiri. Semakin luas bangunannya maka semakin mahal taksiran harga gadai namun selain luas bangunan, kondisi rumah juga sangat berpengaruh, semakin teradat rumah tersebut maka dana yang bisa diterima semakin besar.

Dengan mengetahui beberapa tahapan gadai sertifikat rumah seperti yang dijelaskan di atas, maka Anda tidak kesulitan untuk melakukan gadai. Semoga artikel ini membantu Anda