avatardisplay_general
DISITU
08 Oct 2018

8 Cara Pintar Pilih Asuransi Motor Terbaik

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181008/8%20Cara%20Pintar%20Pilih%20Asuransi%20Motor%20Terbaik.jpg

Guna melindungi diri dari berbagai risiko buruk yang mungkin terjadi di masa depan, membeli asuransi akan menjadi pilihan bijak. Namun tidak hanya diri Anda sendiri, barang berharga atau aset seperti kendaraan bermotor faktanya juga memerlukan perlindungan seperti asuransi.

Sama seperti tubuh Anda, kendaraan seperti sepeda motor juga sangat rentan mengalami hal buruk seperti kecelakaan, pengerusakan, atau bahkan pencurian. Jika hal itu terjadi dan Anda tidak memiliki asuransi atas kendaraan, bayangkan berapa banyak kerugian yang harus ditanggung. Karena itulah sudah sepatutnya berikan kendaraan Anda asuransi yang tepat.

Tapi perlu diingat, memilih asuransi motor terbaik juga bukan perkara mudah. Diperlukan pengetahuan akan asuransi motor yang baik agar Anda bisa memilih asuransi yang sesuai dengan keinginan. Bagaimana caranya? Berikut penjelasan selengkapnya:

 

  1. Lihat Kebutuhan

Asuransi

Hal pertama yang penting Anda lakukan sebelum membeli asuransi sepeda motor adalah melihat kebutuhan. Jangan asal membeli asuransi untuk motor, sebaiknya tentukan dulu layanan perlindungan seperti apa yang diinginkan dengan melihat jenis, usia, dan nilai ekonomi dari motor Anda.

Selain itu sebaiknya Anda pahami juga bahwa ada dua jenis perlindungan yang biasanya diberikan untuk sepeda motor yaitu:

 

  1. Asuransi Gabungan (Comprehensive)

Jika menginginkan perlindungan menyeluruh untuk motor Anda, maka jenis layanan asuransi gabungan adalah pilihan terbaik. Jenis pelayanan ini biasanya akan memberikan jaminan terhadap segala jenis kerusakan pada motor Anda, baik itu karena kecelakaan kecil maupun besar.

 

  1. Asuransi Total Lost Only (TLO)

Berbeda dengan asuransi gabungan, jenis pelayanan yang satu ini hanya akan memberikan perlindungan risiko pada kendaraan Anda jika kerusakan yang dihasilkan nilainya lebih dari 75%. Selain itu perlindungan juga hanya diberikan jika Anda mengalami kerugian akibat sepeda motor dicuri atau mengalami penggelapan.

 

  1. Tentukan Budget

Asuransi

Setelah menentukan layanan seperti apa yang Anda inginkan, langkah selanjutnya adalah menentukan bujet yang sesuai dengan kondisi keuangan. Sebelum mengambil asuransi motor, sebaiknya hitung dulu berapa kira-kira uang yang bisa Anda sisihkan setiap bulannya untuk membayar premi (iuran) asuransi. Jangan sampai Anda terlanjur mengambil asuransi motor dengan biaya premi yang besar namun akhirnya mengganggu pos pengeluaran lainnya.

 

  1. Pilih Perusahaan yang Kredibel

Asuransi

Agar manfaat dari asuransi motor benar-benar bisa Anda rasakan, memilih perusahaan asuransi terpercaya adalah hal yang wajib dilakukan. Jangan sampai karena tergiur dengan promo dan biaya premi rendah Anda jadi memilih perusahaan yang tidak kredibel atau memiliki rekam jejak kurang baik. Sebelum menentukan perusahaan asuransi sebaiknya cek dulu nama baiknya melalui berbagai ulasan di internet atau cek langsung di website Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

 

  1. Layanan Perusahaan Asuransi

Asuransi

Setelah memilih perusahaan asuransi yang kredibel, jangan lupa lihat juga layanan yang ditawarkan. Selain melihat produk asuransi yang ditawarkan, teliti juga layanan lainnya seperti apakah perusahaan memiliki layanan customer service 24 jam atau tidak. Tidak hanya itu cari tahu juga apakah layanan klaim yang ada bisa dilakukan dengan mudah atau memiliki persyaratan yang menyulitkan.

 

  1. Rekomendasi Dealer

Asuransi

Jika motor yang akan diasuransikan kebetulan merupakan kendaraan baru, maka tidak ada salahnya menanyakan rekomendasi perusahaan asuransi pada pihak dealer. Biasanya pihak dealer telah memiliki rekomendasi perusahaan asuransi motor yang dianggap memiliki reputasi dan layanan baik. Tenang, Anda tidak harus mengambil rekomendasi tersebut, bisa dijadikan bahan pertimbangan atau referensi saja.

 

  1. Baca Polis dengan Benar

Asuransi

Akibat terlalu percaya pada pihak perusahan asuransi, banyak orang tidak membaca polis (kontrak) dengan benar dan akhirnya tidak dapat menikmati asuransi dengan maksimal. Karena itulah sebelum terikat dengan perusahaan asuransi, sebaiknya Anda membaca dengan teliti dan memahami betul isi dari polis asuransi yang ditawarkan.

 

  1. Hitung Premi dan Klaim

Asuransi

Menentukan bujet untuk premi tiap bulannya memang penting. Namun jangan lupa cek kembali premi yang ditawarkan oleh pihak asuransi. Bukan tanpa alasan, nilai premi yang ditawarkan biasanya tergantung pada usia dan jenis motor Anda. Selain itu besaran premi juga tergantung apakah Anda memgambil layanan asuransi gabungan atau TLO.

 

Sementara itu melihat nilai klaim yang ditawarkan juga tak kalah penting. Hal ini penting agar Anda benar-benar mengetahui berapa nilai manfaat asuransi yang bisa didapatkan jika terjadi risiko pada motor. Biasanya biaya klaim yang didapatkan akan dikurangi dengan nilai penyusutan nilai kendaraan tiap tahunnya.

 

  1. Lihat Bengkel Rekanan

Asuransi

Sama seperti asuransi kesehatan, penting bagi Anda untuk memilih perusahaan asuransi yang memiliki kerjasama dengan banyak bengkel. Poin ini jelas sangat penting agar Anda tidak kesulitan untuk mengakses bengkel jika sewaktu-waktu dibutuhkan secara mendadak.