avatardisplay_general
DISITU
27 Dec 2017

Gadai itu apa sih? ingin tahu gadai selengkapnya??

107.Menelisik Seputar Gadai.jpg

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar istilah gadai, entah itu dalam hal pijaman dana ataupun sebagai jaminan, seperti sertifikat berharga yang kita miliki untuk diberikan ke perusahaan pembiayaan atau lembaga finansial tertentu agar pinjaman dana yang kita minta dapat segera dicairkan.

Apa Pengertian Gadai menurut Undang-undang di Indonesia?

Definisi  gadai  itu sendiri secara  umum  yang diatur  dalam  Pasal  1150  Kitab  Undang-undang Hukum Perdata (KUH Perdata), :“Gadai adalah suatu hak yang diperoleh seorang kreditur atas suatu barang bergerak yang bertumbuh maupun tidak bertumbuh yang diberikan kepadanya oleh debitur atau orang lain atas namanya untuk menjamin suatu hutang, dan yang akan memberikan kewenangan kepada kreditur untuk mendapatkan pelunasan dari barang tersebut lebih dahulu daripada kreditur-kreditur lainnya terkecuali biaya- biaya untuk melelang barang tersebut dan biaya yang telah dikeluarkan untuk memelihara benda itu, biaya-biaya mana yang harus didahulukan.” Dari definisi gadai tersebut terkandung beberapa unsur pokok yang perlu kita ketahui, yaitu :

  1. Gadai lahir karena perjanjian penyerahan kekuasaan atas barang gadai kepada kreditur pemegang gadai;
  2. Penyerahan itu dapat dilakukan oleh debitur atau orang lain atas nama debitur;
  3. Barang yang menjadi obyek gadai hanya benda bergerak, baik bertubuh maupun tidak bertubuh;

 

Apa Saja Barang yang Dapat Di Gadaikan Dan Tidak Dapat Digadaikan?

Dalam hal pegadaian barang, ada barang barang tertentu yang dapat dan tidak dapat digadaikan. Barang yang dapat digadaikan yaitu semua barang bergerak seperti barang-barang perhiasan, elektronik, peralatan rumah tangga, mesin, tekstil dan lain-lain. Barang yang tidak dapat digadaikan seperti barang milik pemerintah, surat-surat berharga, hewan dan tanaman, bahan makanan dan benda yang mudah busuk, benda-benda yang kotor, benda-benda yang untuk menguasai dan memindahkan dari satu tempat ke tempat lain memerlukan izin, barang yang karena ukurannya yang besar maka tidak dapat disimpan digadaian, barang yang tidak tetap harganya.

Sifat-sifat Apa Saja yang Dimiliki oleh Gadai?

sifat-sifat-gadai.

Secara garis besar sifat-sifat yang dimiliki oleh gadai adalah sebagai berikut:

  1. Gadai adalah hak kebendaan;

Hak kebendaan dari hak gadai bukanlah hak untuk menikmati suatu benda seperti eigendom, hak bezit, hak pakai, dan sebagainya. Benda gadai memang harus diserahkan kepada kreditur tetapi tidak untuk dinikmati, melainkan untuk menjamin piutangnya dengan mengambil penggantian dari benda tersebut guna membayar piutangnya.

  1. Hak gadai bersifat accessoir

Hak gadai hanya merupakan tambahan saja dari perjanjian pokoknya, yang berupa perjanjian pinjam uang, sehingga boleh dikatakan bahwa seseorang akan mempunyai hak gadai apabila ia mempunyai piutang dan tidak mungkin seseorang dapat mempunyai hak gadai tanpa mempunyai piutang. Jadi hak gadai merupakan hak tambahan atau accessoir, yang ada dan tidaknya bergantung dari ada dan tidaknya piutang yang merupakan perjanjian pokoknya, dengan demikian hak gadai akan dihapus jika perjanjian pokoknya hapus.

    1. Hak gadai tidak dapat dibagi-bagi

Karena hak gadai tidak dapat dibagi-bagi, maka dengan dibayarkannya sebagian hutang tidak akan membebaskan sebagian dari benda gadai. Hak gadai tetap membebani hak gadai secara keseluruhan.

    1. Hak gadai adalah hak yang didahulukan

Hak gadai adalah hak yang didahulukan. Ini dapat diketahui dari ketentuan Pasal 1133 dan Pasal 1150 KUH Perdata, karena piutang dengan hak gadai mempunyai hak untuk didahulukan daripada piutang-piutang lainnya, maka kreditur pemegang gadai mempunyai hak mendahulukan (droit de preference).

 Didunia penggadaian ada beberapa tipe gadai, yang saat ini ada, yaitu gadai konvensional dan gadai pinjaman online. Secara garis besar gadai konvensional mengharuskan peminjam (debitur) untuk datang ke tempat gadai tersebut dengan membawa syarat dan ketentuan yang di tetapkan oleh lembaga. Sedangkan zaman sekarang ini banyak dari orang, sibuk dengan aktifitas dan hanya memiliki waktu yang sedikit, namun gadai pinjaman online memudahkan seseorang untuk meminjam tanpa harus datang dengan proses cepat dan mudah.

Dari kedua gadai tersebut ada satu sistem gadai yang saat ini banyak diminati oleh sebagain besar masyarakat Indonesia yaitu sistem gadai syariah. secara garis besar gadai syariah merupakan jaminan utang atau gadai. Dan yang lebih jelasnya pegadaian syariah merupakan sistem menjamin utang dengan barang yang dimiliki yang memungkinkan untuk dapat dibayar dengan uang atau hasil penjualannya. Pegadaian syariah bisa pula diartikan dengan menahan suatu barang milik penjamin sebagai jaminan atas sejumlah pinjaman yang diberikan. Tentunya barang penjamin harus mempunyai nilai ekonomis dan pihak penjamin mendapat jaminan bisa mengambil seluruh ataupun sebagian piutangnya kembali.

disitu-memenuhi-kebutuahan-finansial-anda