avatardisplay_general
DISITU
21 May 2018

Alternatif Selain Gadai AJB Tanah Bisa Kamu Coba!

Artikel%20Mei/Artikel%20180521/841 Alternatif Selain Gadai AJB Tanah Bisa Banget Kamu Coba.jpg

Kamu patah hati karena pengajuan gadai AJB tanahmu ditolak BRI? Tidak usah sedih. Sebagai BUMN, wajar jika BRI menolakmu. Dibandingkan Sertifikat Hak Milik (SHM), Akta Jual Beli (AJB) tanah tergolong dokumen yang lemah hukum. Tapi tenang, masih ada banyak, kok, instansi yang bersedia menerima gadai AJB tanah. Instansi-instansi ini tersebar di mana-mana. Baik di dunia nyata ataupun maya. Tanpa melewati proses panjang gadai AJB tanah di bank, kamu bisa melakukannya hanya dengan memanfaatkan internet. Mudah, kan?

Faktanya, ada beberapa jenis instansi yang bersedia menerima gadai AJB tanah. Offline maupun online. Berikut ini jenis-jenis instansi yang dapat kamu kunjungi :

Tidak Harus Gadai AJB Tanah Di Bank, Kok! Alternatif Ini Juga Dapat Kamu Lakukan

Gaya-Hidup

Untuk melakukan gadai AJB tanah di bank, prosedurnya lebih rumit. Diperlukan orang ketiga yang menjadi saksi fidusia antara kamu dan bank bersangkutan. Tidak suka repot-repot seperti itu? Kamu bisa menawarkan gadai AJB tanah di tempat-tempat ini.

1. Pegadaian

Klasik tapi masih populer. Saat kamu kesulitan finansial dan hanya memiliki AJB tanah, datang ke pegadaian. Instansi ini akan menerima gadai AJB tanah dengan senang hati. Kamu tinggal memenuhi syarat dan kriteria gadai yang ditetapkannya. Termasuk berapa nominal yang ditetapkan untuk tanahmu. Ini mungkin kelemahannya. Tapi dibandingkan gadai AJB tanah di sebuah bank, memanfaatkan pegadaian lebih baik. Dikarenakan kamu tidak perlu mengurus perjanjian fidusia.

2. Instansi Kredit Konvensional

Di masa ini, instansi kredit telah menjamur di Indonesia. Instansi semacam ini bahkan dapat dijumpai setiap sekian kilometer. Penawaran kreditnya cukup menggiurkan. Mulai dari bunga rendah hingga kredit tanpa perlu menyerahkan berkas administrasi. Kelemahannya, banyak instansi kredit konvensional yang tidak memiliki izin resmi. Jadi risiko yang kamu tanggung juga lebih besar. Berbeda bila kamu melakukan gadai AJB tanah di sebuah bank yang sudah berkualifikasi resmi. 

3. Situs Lending Online

Kalau sebelumnya ada tempat kredit offline, sekarang ada juga tempat kredit yang dapat diakses secara online. Situs lending online di Indonesia memiliki kuantitas yang cukup besar. Sebagian pantas dipercaya, sebagian lagi masih dipertanyakan. Jaminan atas tindak penipuan tidak sekuat kredit konvensional. Tapi jika kamu berhasil memilih situs yang benar-benar bersih track recordnya, kamu akan mendapat banyak keuntungan. Situs lending online menawarkanmu kemudahan untuk meminjam, tanpa repot mondar-mandir ke sana kemari.

4. Head-to-head Offer

Head-to-Head Offer sering juga disebut Peer-to-Peer (P2P) Lending. Jika kamu merasa kurang sreg gadai AJB tanah di instansi tertentu, kamu bisa memilih cara ini. Gadaikan AJB tanah ke relasi yang sudah kamu percaya. Bisa tetangga, kerabat, atau teman terdekatmu. Cara ini lebih simpel karena kamu bukan hanya tidak memerlukan fidusia. Tapi kamu juga tidak perlu menyiapkan berkas ini-itu. Toh, kalian sudah saling mengenal.

5. Koperasi

Sebelum memanfaatkan tempat ini untuk gadai AJB tanah, pastikan koperasi yang kamu pilih menerapkan prinsip-prinsipnya. Koperasi adalah badan usaha berbasis anggota, dengan Rapat Anggota Tahunan (RAT) sebagai puncak keputusan tertinggi. Koperasi wajib melaporkan kegiatannya (termasuk kondisi keuangan) kepada anggota setiap tahun. Berbeda dengan gadai AJB tanah di sebuah bank, koperasi akan memberimu lebih banyak kemudahan. Asal sebelumnya kamu telah mendaftar anggota. Dan ya, satu lagi. Koperasi yang kamu pilih adalah koperasi asli, bukan rentenir bermodus koperasi.

6. Kontrak Perusahaan

Kalau kamu telah bekerja, gadai AJB tanah di perusahaan yang mempekerjakanmu patut dicoba. Kamu bisa meminta terlebih dahulu gajimu dalam beberapa bulan. Dengan perjanjian potong sekian persen gaji per bulan untuk melunasinya. Supaya perusahaan lebih percaya padamu, kamu bisa menyerahkan AJB tanah sebagai jaminannya. Tapi itu tidak perlu jika perusahaan telah mempercayaimu.

 

cari-kredit-DISITU-pilihanmu