02 April 2018 00:00

Apa Itu BI Checking?Gini Penjelasan Secara Lengkapnya,Simak

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/635 Apa Itu BI Checking Gini Penjelasan Secara Lengkapnya.jpg

Kebutuhan masyarakat terhadap finansial semakin tinggi. Belum lagi jika Anda mengalami kebutuhan mendesak yang tak terduga dan membutuhkan banyak biaya untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Tentunya, seseorang akan bingung dan solusi terakhir adalah mencari pinjaman dana. Mulai dari meminjam kepada keluarga, tetangga, hingga mengajukan pinjaman terhadap bank.

Ketika akan mengajukan pinjaman uang di suatu lembaga perbankan, istilah BI checking menjadi momok yang paling menakutkan oleh sebagian calon debitur, karena tidak semua orang berhasil mendapatkan pinjaman dana dari bank. Sebab, pihak bank dapat menolak pengajuan pinjamanmu dengan alasan tidak lolos BI checking. Tapi, tahukah Anda apa sebenarnya BI checking itu?

Apa Itu BI Checking

Wirausaha-Sukses

Menurut Bank Indonesia Informasi Debitur Individual (IDI Historis) biasa disebut dengan BI Checking merupakan produk/output yang dihasilkan o?leh Sistem Informasi Debitur (SID). IDI Historis mencakup informasi seluruh penyediaan dana dengan kondisi lancar dan bermasalah mulai dari Rp.1 keatas, serta menampilkan informasi mengenai historis pembayaran yang dilakukan dalam kurun waktu 24 bulan terakhir.

Cakupan IDI Historis meliputi antara lain identitas debitur, pemilik dan pengurus, fasilitas penyediaan dana yang diterima, agunan, penjamin, dan kolektibilitas. Dari sini, bisa diketahui kelancaran pembayaran atau kolektibilitas dari nasabah yang bersangkutan. Karena informasi ini dipegang oleh Bank Indonesia.

Siapa Saja yang Bisa di Cek Oleh BI Checking

Yang dicek oleh BI Checking adalah semua calon debitur yang akan mengajukan pinjaman uang ke bank, dan akan dilihat IDI Historisnya, apakah memenuhi kriteria ataupun tidak, untuk diluluskan dalam peminjaman uang.

Kenapa Tidak Lolos BI Checking

tidak-lolos-bi-checking

Mengakses BI Checking

Pemerintah saat ini sudah melakukan perubahan dalam pengaksesan BI Checking. Cara melihat status terbaru BI checking bisa anda lakukan di OJK melalui SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan).

SLIK adalah sistem yang dibentuk untuk menjadi wadah informasi pembiayaan dan perkreditan antar lembaga di bidang keuangan. Saat ini SLIK merekam seluruh data bagi lembaga keuangan seperti bank atau Lembaga Pengelolaan Informasi Perkreditan, dengan informasi debitur yang dihasilkan oleh SLIK, lembaga seperti ini bisa memutuskan apakah calon debitur layak diberikan pinjaman atau tidak.

Anda juga bisa mendapatkan manfaat dari SLIK, karena dengan sistem ini Anda bisa mendapatkan informasi yang akurat mengenai data kredit perbankan, baik di masa lalu maupun di masa sekarang. Informasi yang tersedia di SLIK bisa berupa data pokok debitur, plafon kredit, baki debet, kualitas kredit, beban bunga, cicilan pembayaran serta denda atau penalti pinjaman.

Mengurus BI Checking

Wirausaha-SuksesAnda bisa mengurus BI Checking melalui bank yang meminjamkan dana untuk mu dan lunasi semua tunggakan yang belum terbayarkan, lalu pantau BI Checking anda secara online, setelah itu ke Gerai Info Bank Indonesia dengan membawa surat penjelasan dari pihak bank di mana Anda mengajukan kredit bahwa Anda telah menuntaskan kewajiban kredit. Lalu tunggu sampai BI Checking dinyatakan benar-benar bersih. Jika tinggal di luar Jakarta, bisa langsung menuju Kantor Bank Indonesia kota atau provinsi setempat, di Kantor Kelompok Kajian, Survei, dan Statistik atau Kantor Tim Pengawasan Bank. Kamu perlu membawa balasan yang telah dicetak bersama dengan KTP asli. Pengambilan bisa dikuasakan hanya kepada orang tua, anak atau pasangan dengan melampirkan Kartu Keluarga dan Surat Kuasa bermaterai.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu