avatardisplay_general
DISITU
18 Oct 2018

Asuransi All Risk, Terlengkap untuk Keluarga Anda

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181018/Asuransi%20All%20Risk,%20Terlengkap%20untuk%20Keluarga%20Anda.jpg

Mobil yang Anda miliki sudah selayaknya diasuransikan. Setidaknya ada dua jenis asuransi mobil, yaitu asuransi mobil all risk dan total lost only (TLO). Perbedaan utamanya terletak pada perlindungan yang diberikan. Asuransi all risk memberikan perlindungan menyeluruh terhadap semua risiko kendaraan. Sementara itu, asuransi TLO hanya melindungi kendaraan jika terjadi kerusakan total atau kehilangan. Asuransi all risk merupakan asuransi terlengkap untuk keluarga Anda dibandingkan dengan asuransi TLO. Namun, sebelum menjatuhkan pilihan pada asuransi all risk, perhatikan beberapa hal berikut.  

  1. Periksa bujet Anda

Asuransi

Karena memberikan perlindungan menyeluruh, alias lengkap, premi yang harus Anda bayarkan dalam asuransi all risk tidaklah kecil. Untuk itu, periksa terlebih dahulu bujet Anda, apakah memungkinkan mengambil asuransi jenis ini. Biasanya premi dibayarkan setahun sekali. Misalnya, untuk mobil keluaran terbaru yang harganya sekitar Rp200 juta, Anda perlu merogoh kocek sekitar Rp3 juta per tahun untuk membayar premi. Jika keuangan Anda memungkinkan maka ambil saja asuransi all risk untuk melindungi kendaraan Anda.

  1. Bandingkan produk dari berbagai perusahaan asuransi

Asuransi

Jangan hanya memperhatikan besarnya premi, tapi perhatikan juga manfaat yang Anda dapat dari asuransi all risk. Setiap perusahaan asuransi akan menawarkan manfaat yang berbeda, pilihlah yang terlengkap atau terbaik. Premi sedikit lebih mahal tak mengapa asalkan manfaatnya lengkap atau sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda perlu cerdas membandingkan produk asuransinya baru menentukan pilihan terbaik.

 

Baca juga: Jangan Asal Pilih Asuransi, Ini Caranya!

 

  1. Pilih perusahaan asuransi terbaik

Asuransi

Banyak perusahaan asuransi dengan namanya yang sudah populer. Bandingkan semua perusahaan asuransi tersebut dan pilihlah yang terbaik sesuai dengan keinginan Anda. Lihat dan pelajari rekam jejaknya, apalagi rekam jejak yang berkaitan dengan kemudahan mengajukan klaim. Anda bisa membaca testimoni nasabahnya atau bisa mendapatkan informasi dari relasi Anda, terkait dengan perusahaan asuransi yang hendak Anda tuju untuk mendaftarkan diri menjadi nasabah asuransi all risk.

Setelah Anda menjadi nasabah asuransi all risk, pahami juga beberapa hal berikut ini agar klaim Anda tidak ditolak.

  1. Miliki SIM

Surat Izin Mengemudi (SIM) sangat penting untuk Anda. Apalagi jika Anda harus mengurus asuransi, memiliki SIM itu wajib. Jika belum mempunyai SIM, Anda dianggap belum layak mengemudi dan otomatis belum layak juga mendapatkan perlindungan asuransi. Klaim Anda akan ditolak jika Anda tidak punya SIM. Dengan kata lain, agar klaim asuransi all risk Anda lancar, miliki SIM, itu poin yang sangat penting.

  1. Jangan sampai SIM kedaluwarsa

Meski punya SIM, perhatikan masa berlakunya, jangan sampai kedaluwarsa. SIM yang sudah habis masa berlakunya akan merepotkan Anda saat membuat kronologis kejadian yang mendasari klaim asuransi Anda. Untuk itu, jangan sampai SIM Anda kedaluwarsa, perbarui segera agar di saat klaim, asuransi all risk tidak menyulitkan Anda.

  1. Berikan informasi yang sebenarnya

Untuk memuluskan proses pengajuan klaim, berikan informasi yang sebenarnya. Misalnya, jika Anda mengalami kecelakaan berat, sampaikan kronologis kejadian dengan benar. Perusahaan asuransi akan menginvestigasi penyebab kecelakaan. Jika tidak sesuai dengan kronologis yang Anda sampaikan, apalagi diketahui Anda memberi informasi palsu, maka klaim Anda pasti ditolak. Selain ditolak, nama baik Anda pun tercemar dan sulit dipercaya jika Anda pada suatu saat berikutnya mengajukan klaim baru. Berikan saja informasi yang sebenarnya maka klaim asuransi all risk Anda akan disetujui dengan mudah dan cepat.

Banyak manfaat asuransi all risk yang bisa Anda gunakan untuk melindungi kendaraan kebanggaan Anda. Perlindungan terlengkap untuk Anda dan keluarga, yang membuat hidup Anda semakin aman dan nyaman, terlebih saat memanfaatkan kendaraan untuk aktivitas terbaik Anda.***