avatardisplay_general
DISITU
25 Oct 2018

Asuransi Kebakaran, Perlindungan Untuk Usaha Anda

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181025/Asuransi%20Kebakaran,%20Perlindungan%20Untuk%20Usaha%20Anda.jpg

Produk asuransi yang paling umum adalah asuransi jiwa, kesehatan, dan pendidikan. Tetapi masih banyak jenis asuransi lain, salah satunya adalah asuransi kebakaran. Apakah anda mempunyai badan usaha? Apakah anda sudah mendaftar asuransi kebakaran untuk usaha Anda? Jika belum, sangat disarankan untuk membeli produk asuransi tersebut karena dapat menanggung kerugian dan kerusakan yang dialami akibat kebakaran.

Tanpa asuransi, siapa yang akan menanggung kerugian jika nanti terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti kebakaran? Kita tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Aset usaha anda terlalu bernilai untuk dipertaruhkan. Asuransi kebakaran dapat menjamin harta bergerak ataupun harta tetap karena kebakaran yang terjadi tanpa sengaja atau disengaja. Resiko yang ditanggung oleh asuransi tersebut ada 2 macam yakni jaminan standar dan jaminan tambahan.

Asuransi

Kedua jaminan tersebut dibedakan oleh penyebab dari kebakaran. Jaminan standar diberikan untuk kebakaran yang terjadi karena api, sambaran petir, ledakan aset usaha, asap dari aset usaha, dan kejatuhan pesawat terbang. Sementara itu, jaminan tambahan diberikan untuk kebakaran yang ditimbulkan oleh dampak lainnya seperti kerusuhan, bencana alam, atau pemogokan. Dikenakan tambahan premi untuk jaminan tambahan ini.

Untuk jenisnya sendiri, asuransi kebakaran terbagi menjadi 6 jenis tergantung dari manfaat pertanggungan yang diberikan dan besaran premi yang dibayarkan.

Yang pertama adalah polis dasar kebakaran yang meliputi kebakaran industri dan non-industri. Polis kebakaran industri menjamin segala kerugian dan kerusakan yang terjadi dalam industri seperti kerusakan bangungan, peralatan, dan bahan baku. Sementara itu polis kebakaran non-industri meliputi tanggungan untuk harta tetap dan bergerak.

Asuransi

Jenis asuransi kebakaran yang kedua adalah polis perhitungan kembali. Seperti namanya, besara premi yang telah dibayarkan akan diperhitungkan kembali di akhir periode berdasarkan nilai-nilai barang yang dilaporkan. Tetapi polis ini hanya berlaku untuk usaha tertentu seperti pabrik gula, perkebunan, pasar, gudang, dan tangki minyak.

 

Baca jugaSolusi Kehilangan Kendaraan Dengan Asuransi TLO

 

Polis ketiga adalah polis mengambang. Polis ini tidak mempunyai pertanggungan yang jelas dan hanya berlaku untuk stok barang di beberapa tempat tertentu di kota yang sama. Artinya polis ini tidak menanggung barang yang berada di lebih dari 1 kota. Misalnya, bila ada barang-barang yang disimpan di beberapa gudang yang tersebar di beberapa kota, asuransi hanya akan menanggung barang-barang di gudang di 1 kota yang sama.

Polis berikutnya adalah Polis Penilaian. Besar tanggungan ditentukan dari hasil diskusi antara penanggung dan tertanggung. Harga jual atau harga pasar juga akan menentukan nilai objek yang ditanggung.

Jenis asuransi kebakaran yang kelima adalah polis tanpa nilai. Dalam asuransi ini, nilai pertanggungan ditentukan berdasarkan biaya pembangunan dikurangi dengan nilai penyusutan. Terakhir adalah polis pemulihan nilai di mana penanggung akan mengganti semua kerugian hingga nilai aset pulih seperti semual.

Asuransi

Setelah mengetahui, jenis-jenis polis kebakaran, langkah selanjutnya adalah mendaftar asuransi kebakaran. Caranya tidak sulit. Pertama-tama, Anda bisa datang langsung ke kantor perusahaan asuransi. Atau, Anda bisa juga mendaftar dengan cara online. Anda akan diminta untuk memilih produk asuransi sesuai kebutuhan dan memberikan data usaha.

Pihak asuransi akan menentukan besaran premi yang harus dibayar sesuai dengan produk yang dipilih dan data usaha yang diberikan. Data akan diverifikasi dan setelah itu Anda bisa memulai membayar premi awal. Jadi, tunggu apalagi? Segera asuransikan usaha Anda agar aset harta benda selalu terlindungi.