avatardisplay_general
DISITU
17 Sep 2018

Bagaimana Hukum Gadai Motor Menurut Agama Islam?

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180917/Bagaimana%20Hukum%20Gadai%20Motor%20Menurut%20Agama%20Islam_.jpg

Saat ini kebutuhan yang harus dipenuhi semakin meningkat. Sehingga banyak yang mencari dana pinjaman untuk menutupi kekurangan. Selain itu juga banyak penggadaian yang memberikan penawaran yang menarik sehingga banyak yang berbondong mencari pinjaman dengan menggadaikan motor. Sebagai orang muslim terkadang ragu tentang bagaimana hukum dan syarat dalam menggadaikan motor menurut islam. Untuk itu berikut ini adalah hukum gadai motor menurut islam beserta syaratnya :

Syarat Gadai Menurut Islam

Gadai dalam fiqih muamalah disebut juga dengan Rahn. Merupakan penahanan terhadap suatu barang dengan hak sehingga dapat dijadikan sebagai pembayaran barang tersebut. Menurut Sayid Sabiq syarat sahnya perjanjian atau akad gadai itu ada empat perkara diantaranya : sighat atau ijab qobul, mummayyis atau mampu membedakan baik dan buruk namun atas ijin walinya, marhun bih (utang) dan marhun (barang yang dijaminkan).

Setelah memahami ulasan di atas syarat gadai selanjutnya adalah hukum gadai menurut islam agar tidak masuk kedalam riba. Menurut kesepakatan para ulama berdasarkan yaitu dalil qur'an dan dalil sunah secara umum hukum gadai adalah diperbolehkan.

Hukum Gadai Motor Menurut Islam Dengan Beberapa Ketentuan 

Gadai menurut hukumnya diperbolehkan asalkan tidak mengandung unsur unsur riba didalamnya. Bahkan beberapa kali Rasulullah menggadaikan barangnya. Namun yang banyak beredar saat ini hanya praktek pembuangan uang semata. Padahal banyak masyarakat yang menggadaikan motor untuk mendapatkan pinjaman modal. Bagaimana Hukum gadai sebuah motor menurut islam? Ternyata hukum gadai dalam islam boleh tapi harus dengan beberapa ketentuan berikut :

Hukum Gadai

1. Barang Yang Boleh Digadaikan Dan Siapa Pemegang Barang Gadai

Yang boleh dijadikan barang gadaian adalah barang yang dapat dijual belikan. yang berhak memegang barang gadaian adalah yang memberi pinjaman . Karena barang gadai adalah sebagai jaminan hutang yang diberikan peminjam.

Hukum Gadai

2. Antara Barang Dan Besarnya Utang

Barang yang digadaikan tersebut hanyalah sebagai barang jaminan saat peminjam tidak bisa melunasi tanggungan. sehingga uang pinjaman tidak harus sama atau kurang dari harga jaminan bahkan bisa lebih selama saling rela antara kedua belah pihak.

Motor yang digadaikan tidak lantas langsung menjadi milik pemberi pinjaman meskipun sudah pada jatuh tempo belum dibayarkan. Yang harus dilakukan adalah dengan menambah jatuh tempo agar tidak masuk perilaku yang dzalim. Jika ada sisa penjualan maka harus dikembalikan kepada pemiliknya dan jika kurang peminjam harus melunasinya.

Hukum Gadai

3. Pelunasan Utang Bersama Barang Gadai

Apabila pelunasan utang telah sampai pada jatuh tempo pembayaran maka wajib bagi yang berutang untuk melunasinya. Jika sudah lunas maka motor akan dikembalikan kepada pemilik motor. Namun jika tidak mampu melunasinya maka pemberi pinjaman berhak  menjual motor untuk membayar pinjamannya.

Hukum Gadai

4. Pemilik Uang Tidak Boleh Menggunakan Barang Jaminan

Para ulama bersepakat bahwa motor yang digadaikan tidak boleh digunakan oleh pemberi pinjaman tanpa seizin dari pemilik motor. Hal ini berdasarkan bahwa pemberi pinjaman tidak memiliki motor tersebut hanya berbentuk amanah. Sehingga pemberi pinjaman tidak berhak memanfaatkannya.

Hukum Gadai

5. Biaya Perawatan Dan Penitipan

Motor yang digadaikan jika disimpan oleh pemberi pinjaman maka pemberi pinjaman berhak meminta biaya perawatan dan penitipan pada pemilik motor. Besarannya harus sesuai dengan kesepakatan antara kedua belah pihak yang bersangkutan. Apabila motor gadaian rusak atau hilang maka pemberi pinjaman tidak akan menanggung dan yang menanggung adalah pemilik motor. Kecuali jika terjadi unsur kesengajaan dari pemberi pinjaman.

Itulah beberapa hukum gadai motor menurut islam dan syaratnya. Berdasarkan keputusan para ulama bahwa hukum gadai motor adalah diperbolehkan. Jika Anda mempunyai keinginan untuk menggadaikan motor bisa di disitu.com situs resmi dan terpercaya dan barang jaminan dijamin aman. Hanya ada di disitu.com.