avatardisplay_general
DISITU
27 Jan 2019

Begini Cara Berhenti Dari Asuransi AIA

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201901/190127/Banner/begini cara berhenti dari asuransi aia.jpg

Ingin tahu bagaimana sih cara berhenti asuransi AIA? Penting untuk diketahui bahwa umumnya bergabung dengan asuransi itu mudah, tetapi untuk keluar biasanya lebih sulit. Kenapa demikian? Sebab secara umum pemasukan perusahaan asuransi memang berasal dari pembayaran premi yang dipotong bulanan secara otomatis melalui akun rekening Anda. Sehingga biasanya untuk menutup polis di sini dibutuhkan proses yang harus dijalani dengan sabar, menghabiskan waktu dan bertele-tele.

Asuransi

Asuransi AIA salah satunya bekerjasama dengan bank BCA yang ada di Indonesia. Sehingga untuk urusan penutupan polis juga akan melibatkan pihak bank BCA tersebut.

Asuransi

Suatu ketika mungkin kita merasa butuh asuransi, tetapi pada kondisi berikutnya ternyata kita merasa berat membayar premi bulanan sehingga yang bisa dilakukan adalah berhenti dari asuransi tersebut, lalu bagaimana cara berhenti asuransi AIA misalnya? Berikut langkah-langkahnya:

  1. Bila asuransi Anda terhubung langsung dengan bank seperti BCA saat pertama kali membuat rekening, maka langkah pertama menghubungi pihak CS bank dan katakan ingin berhenti dari asuransi. Selanjutnya pihak bank biasanya akan menghubungkan Anda dengan pihak asuransi. Di sini Anda harus sabar karena biasanya akan memakan waktu yang panjang, proses yang sulit dan bertele-tele. Langsung datang ke kantor asuransinya, tetapi ini juga tidak menjamin proses bisa cepat seperti yang Anda inginkan.

  2. Kosongkan saldo rekening Anda yang ter-auto debit secara langsung dengan asuransi tersebut, selanjutnya pihak asuransi biasanya akan menghubungi Anda dan menanyakan tentang kelanjutan pembayaran premi Anda. Di sini Anda bisa langsung sampaikan bahwa Anda akn berhenti asuransi.

  3. Menutup rekening yang ter-auto debit secara langsung dengan asuransi, tentunya dengan lebih dulu mengambil uang yang masih mungkin diambil di rekening tersebut. Jika ingin mengganti rekening yang baru, silakan konfirmasi dengan pihak bank, apakah ada kerjasama antara pihak bank dengan asuransi tersebut, jika iya harus jelas bahwa Anda tidak mau lagi mengikut asuransi tersebut. Jika tidak dikonfirmasi, biasanya rekening yang baru pun bisa terhubung dengan asuransi tersebut.

 

Baca juga: Cara Terbaik Untuk Mendapatkan Kredit Tanpa Agunan Online

 

Cara berhenti asuransi AIA seperti di atas biasanya akan merugikan Anda karena dana polis tidak bisa diambil lagi alias hilang sama sekali. Jika Anda mengikuti prosedur yang diminta oleh perusahaan asuransi, maka Anda bisa mendapatkan sisa dana polis meski tak sepenuhnya bisa Anda dapatkan karena Anda memutuskan berhenti asuransi. Bahkan jika Anda memilih produk asuransi investasi misalnya, ketika Anda memutuskan untuk berhenti, maka Anda tidak akan mendapatkan apa-apa lagi. Hal menjadi ketentuan yang harus dipahami sebelum memilih asuransi.

Asuransi

Jika Anda adalah nasabah lama yang sudah memiliki banyak setoran premi dan tinggal menunggu beberapa waktu saja tetapi Anda memutuskan untuk berhenti, maka disarankan untuk mengikuti cara berhenti asuransi AIA sesuai dengan prosedur yang diminta perusahaan. Sebab Anda bisa mendapatkan keuntungan dari sisa dana yang diterima. Tetapi jika Anda baru mengikuti asuransi tetapi sudah ingin berhenti, penutupan rekening secara langsung di bank terkait mungkin bisa menjadi pilihan. Dibandingkan mengikuti prosedur perusahaan yang rumit untuk mengembalikan uang Anda yang jumlahnya tak seberapa. Untuk selanjutnya, silakan pikirkan lebih cermat lagi jika ingin bergabung dengan asuransi. Apakah memang kondisi keuangan Anda mampu dengan pembayaran premi rutin asuransi yang Anda pilih, dan apakah memang saat ini benar-benar Anda butuhkan atau tidak.