avatardisplay_general
DISITU
28 Nov 2018

Begini Syarat Dan Cara Klaim Asuransi Mobil

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181128/Banner/Begini Syarat Dan Cara Klaim Asuransi Mobil.jpg

Mobil Anda rusak karena hal-hal yang tak diinginkan di jalan raya? Bagi mereka yang telah memiliki asuransi kendaraan, sebaiknya menurunkan sedikit tensi emosinya jika ada masalah di jalan raya. Setidaknya resikonya tak akan seberat jika tanpa asuransi bukan? Yang perlu Anda pelajari adalah bagaimana cara klaim asuransi mobil yang benar dan bisa segera diproses oleh perusahaan asuransi Anda. Jangan menunggu kendaraan Anda rusak baru belajar cara klaim, sejak mengasuransikan kendaraan, Anda sudah harus tau bagaimana caranya agar bila sewaktu-waktu terjadi kerusakan, maka tak sulit bagi Anda untuk segera mengurusnya. Berikut beberapa langkah mengurus klaim asuransi mobil secara umum:

  1. Foto bagian yang rusak

cara-klaim

Saat terjadi masalah pada bagian kendaraan Anda, langkah pertama yang harus dilakukan adalah foto bagian tersebut, karena ini sangat penting untuk dijadikan bukti klaim.

  1. Siapkan berkas penting

cara-klaim

Beberapa berkas yang harus Anda siapkan sebelum melakukan klaim di antaranya fotocopy polis asuransi, fotocopy SIM dan STNK, dan surat keterangan dari kepolisian jika kendaraan mengalami rusak parah seperti kecelakaan misalnya. Untuk antisipasi, sebaiknya Anda menyimpan fotocopy syarat-syarat tersebut di rumah, jangan hanya bila sudah terjadi masalah. Berkas tersebut penting digandakan jika sewaktu-waktu berkas aslinya hilang.

  1. Datangi bengkel rekanan asuransi

cara-klaim

Cara klaim asuransi mobil selanjutnya bawalah berkas tersebut ke bengkel rekanan dari perusahaan asuransi. Selanjutnya pihak bengkel akan menghubungi perusahaan asuransi untuk memastikan hal tersebut. Jangan mengunjungi bengkel yang bukan rekanan dari perusahaan bersangkutan karena tentu saja akan ditolak. Misalnya Anda mengalami kecelakaan kendaraan di kota A. Segera lapor ke bengkel rekanan perusahaan asuransi yang ada di kota A tersebut dengan menunjukkan berkas. Batas maksimal Anda bisa lapor ke perusahaan asuransi selama 3x24 jam setelah kejadian.

  1. Isi formulir

cara-klaim

Selanjutnya setelah berada di bengkel, Anda akan disodori formulir yang harus diisi tentang segala hal terkait kerusakan kendaraan. Jawab dengan jujur dan detil, jangan berusaha untuk berbohong karena pihak bengkel akan mengecek kerusakan. Jika kerusakan yang terjadi ringan, awaktu service memakan waktu 2-3 hari. Bila kerusakan sedang bisa mencapai waktu seminggu. Dan apabila terjadi kerusakan bagian yang harus dibeli di luar negeri bagian penggantinya, service bisa berlangsung selama satu  bulan. Terutama jika terjadi kerusakan berat yang tidak diinginkan.

Dengan mengetahui cara klaim asuransi mobil di atas, maka penting untuk memperhatikan bagaimana pelayanan dari sebuah perusahaan asuransi yang akan Anda pilih. Terutama memperhatikan apakah kualitas bengkel rekanan dari perusahaan asuransi tersebut cukup memadai dan tersebar banyak di kota-kota yang sering Anda kunjungi. Hal ini tentu akan memudahkan klaim jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan.

Cara klaim asuransi mobil ini penting Anda ketahui jika Anda sudah memutuskan untuk mengasuransikan mobil Anda. Karena musibah tak pernah kita ketahui kapan terjadi, jika Anda memiliki anggaran lebih untuk asuransi, pilihlah perusahaan terbaik untuk melindungi kendaraan Anda. Jangan emosi dalam melakukan langkah-langkah klaim, terlebih jika yang terjadi adalah musibah besar yang melibatkan banyak kerusakan kendaraan. Pilih perusahaan yang memang cukup kuat jaringannya sehingga memberikan jaminan keamanan yang lebih. Banyak orang berpikir asuransi tidak penting, tetapi jika sudah terjadi musibah yang tidak diinginkan, barulah rasa menyesal itu muncul. Bila Anda mampu, mengapa tak melindungi kendaraan sejak dini.