avatardisplay_general
DISITU
31 Oct 2018

Beli Motor Bekas Atau Baru, Ini Jawabannya

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181031/21.jpg

Motor adalah kendaraan roda dua yang hampir seluruh warga Indonesia memilikinya. Mulai dari pelajar, mahasiswa dan pekerja, memilih untuk naik motor daripada naik kendaraan umum. Hal itu disebabkan karena mahalnya tarif kendaraan umum. Mahalnya tarif kendaraan umum, menjadikan masyarakat untuk beralih ke sepeda motor. Saat ini sudah banyak dealer-dealer yang menjual berbagai macam motor mulai dari motor bebek, matic, sport, dll. Sebelum membeli motor sebagian besar orang pasti bingung, akan beli motor bekas atau baru.

Jika Anda masih bingung ingin beli motor bekas atau baru, berikut ini adalah kelebihan dan kekurangan antara membeli motor bekas dan baru yang perlu Anda ketahui

Kelebihan Membeli Motor Bekas

Motor

Berikut adalah beberapa kelebihan jika Anda membeli motor bekas, terutama dari segi anggaran :

  • Harga Lebih Miring. Anggaran yang disiapkan untuk membeli motor bekas lebih sedikit dibandingkan anggaran untuk membeli motor baru. Sehingga Anda dapat membeli motor dan tetap dapat membeli kebutuhan yang lain. Dengan Anda membeli motor bekas, Anda bisa lebih berhemat.

  • Motor Dapat Langsung Dipakai. Motor bekas yang Anda beli dapat langsung digunakan, lengkap dengan STNK dan BPKB. Saat membeli motor bekas, Anda tidak perlu mengurus administrasi macam-macam. Jadi Anda hanya perlu menyiapkan uang saja dan Anda akan langsung mendapatkan motor.

  • Jika Dijual Lagi, Harganya Tidak Terpaut Jauh Dengan Harga Saat Anda Membeli. Apabila Anda ingin menjual motor bekas yang Anda beli, Anda akan mengalami kerugian sedikit. Berbeda dengan Anda menjual kembali motor baru yang Anda miliki, pasti harganya akan turun drastis. Pastinya Anda akan mengalami kerugian yang besar.

Kekurangan Membeli Motor Bekas

Motor

Berikut adalah beberapa kekurangan jika Anda membeli motor bekas :

  • Biaya Tambahan Untuk Balik Nama. Jika BPKB dan STNK tidak dibalik nama, maka Anda akan kesulitan saat membayar pajak kendaraan. Selain Anda harus menyiapkan biaya balik nama, Anda juga harus mengurus sendiri urusan balik nama tersebut. Untuk mengurus surat-surat tersebut Anda harus datang dan antri di Kantor Samsat.

  • Membutuhkan Pengetahuan Tentang Motor. Untuk mendapatkan motor bekas yang masih bagus, Anda harus mempunyai pengetahuan dan ketelitian tentang motor khususnya pada mesin motor. Jika tidak maka Anda akan dapat motor bekas yang sudah tidak nyaman lagi untuk dikendarai. Biasanya motor yang depannya tampak masih bagus, belum tentu dalamnya masih bagus juga.

  • Modelnya Ketinggalan Zaman. Sekarang ini banyak sekali bermunculan motor-motor baru dengan model yang baru pula. Jadi untuk Anda yang membeli motor bekas, walaupun mesin masih bagus, tapi modelnya sudah ketinggalan zaman. Jadi Anda harus lebih berusaha dalam mencari motor bekas tetapi modelnya belum ketinggalan zaman.

 

Baca juga: Pentingnya Lakukan Simulasi Kredit Mobil Baru 5 Tahun

 

Kelebihan Membeli Motor Baru

Motor

Berikut adalah beberapa kelebihan jika Anda membeli motor baru :

  • Mesin Lebih Mantap. Performa mesin pada motor baru tentunya lebih bagus daripada mesin motor bekas. Jadi Anda tidak perlu melakukan pengecekan mesin saat Anda membeli motor baru. Anda akan merasakan ketenangan dan kenyamanan saat berkendara jarak jauh maupun jarak dekat.

  • Mendapatkan Asuransi. Jika Anda membeli motor baru secara kredit maka akan dilengkapi dengan asuransi. Tapi asuransi ini hanya dapat diklaim jika terjadi kehilangan motor sesuai syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan. Walaupun sudah mendapatkan asuransi, ada baiknya jika Anda tetap berhati-hati.

  • Tidak Perlu Mengurus Surat-Surat Sendiri. Saat Anda membeli motor baru di dealer, Anda cukup memberikan kartu identitas Anda. Setelah itu pihak dealer yang akan menguruskan surat-surat seperti BPKB dan STNK. Jadi Anda tidak perlu bingung bolak-balik ke Kantor Samsat untuk mengurusi surat-surat tersebut.

Kekurangan Membeli Motor Baru

Motor

Berikut adalah beberapa Kekurangan jika Anda membeli motor baru :

  • Indent. Biasanya motor yang paling baru belum ada di pasaran. Jadi, jika Anda ingin membeli motor yang paling baru, Anda harus memesan terlebih dahulu. Terpaksa Anda harus menunggu sampai motor tersebut beredar di pasaran.

  • Harus Servis Di Bengkel Resmi. Selama masa garansi pabrikan masih berlaku Anda harus melakukan servis di bengkel resmi. Biasanya bengkel resmi terdapat di pusat kota-kota besar. Hal ini akan membuat repot untuk para pelanggan yang tinggal di pelosok desa.

  • Menunggu Kelengkapan Dokumen. Dalam pengurusan surat-surat seperti STNK dan BPKB, Anda harus bersabar menunggu. Untuk pengurusan surat-surat ini bisa memakan waktu sampai 30 hari. Belum lagi nanti jika ada kesalahan, pasti pengurusan surat tersebut akan lebih lama lagi.

Pilihan untuk beli motor bekas atau baru kembali lagi kepada keputusan Anda masing-masing. Sebaiknya Anda pertimbangkan terlebih dahulu secara matang-matang. Jika tidak pasti Anda akan bingung memilih antara ingin beli motor bekas atau baru. Hal yang terpenting adalah agar selalu berhati-hati dalam memilih dan membeli kendaraan.