05 June 2018 00:00

Berapa Modal Bisnis Laundry Temukan Jawabanya Disini!

DISITU

https://images.disitu.com/A/Img/1806/180605/Berapa Modal Bisnis Laundry Temukan Jawabanya Disini.jpg

Bisnis laundry merupakan bisnis yang mempunyai peluang bagus bagi Anda yang ingin memulai sebuah bisnis. Apalagi orang selalu mencuci pakaian mereka setiap pekan. Selain banyak orang yang ingin melakukan sesuatu hal serba praktis dan mudah. Tidak sedikit yang mempunyai banyak waktu untuk sekedar mencuci pakaian mereka. Anda dapat menjadikan hal tersebut menjadi sebuah peluang emas dengan membuka bisnis laundry. Pangsa dari bisnis laundry ini dari semua kalangan, baik kalangan anak muda, pelajar, mahasiswa, karyawan, maupun ibu rumah tangga sekalipun. Apalagi ketika Anda ingin memulai bisnis ini, Anda tidak harus membutuhkan modal yang besar. Modal bisnis laundry bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda, tergantung seberapa besar usaha laundry yang hendak dibuka kelak.

Berapa Modal Untuk Memulai Bisnis Laundry?

Ketika Anda ingin memulai bisnis laundry, Anda tidak harus memiliki modal yang besar. Nah, berapa modal yang harus dimiliki ketika ingin melakukan bisnis laundry ini?. Berikut Rincian modal yang harus Anda persiapkan:

Modal Investasi Awal

Modal investasi ini meliputi  peralatan utama yang digunakan untuk jangka panjang. Hal ini terbilang sebagai modal utama untuk menjalankan bisnis laundry karena memang sifatnya yang pokok dan tidak habis ketika melakukan kegiatan operasional. Apa saja yang termasuk dalam modal investasi ini? dan berapa rincian Modal bisnis laundry yang termasuk dalam modal investasi. Simak penjelasannya berikut ini!

  • Mesin Cuci. Bisnis laundry tidak bisa terlepas dengan yang namanya mesin cuci. Karena ketika mendapatkan sebuah order dalam jumlah banyak, tentu dengan menggunakan mesin cuci akan lebih praktis. Jenis mesin cucipun beraneka ragam mulai dari yang biasa sampai yang berkualitas tinggi. Untuk mesin cuci ini kita anggarkan Rp. 2.500.000,-.

  • Mesin Pengering. Ketika melakukan bisnis laundry, mengandalkan panas matahari tentu akan semakin menghambat proses bisnis ini karena kondisi matahari yang tidak menentu. Untuk itu Anda membutuhkan mesin pengering. Selain mempercepat tentu pakaian tidak akan mudah apek karena lebih cepat kering. Modal untuk mesin pengering ini seharga Rp. 1.500.000,-.

  • Setrika. Dengan keberadaan setrika akan menjadikan orderan pakaian semakin rapi sehinga menjadikan pelanggan lebih nyaman dan senang. Modal untuk setrika sekitar Rp. 250.000,-.

  • Timbangan. Timbangan ini sangat penting untuk menentukan seberapa berat orderan sebuah pakaian. Tentu akan membedakan jumlah rupiah yang harus Anda terima. Harga timbangan ini Rp. 300.000,-.

Total modal investasi untuk memulai bisnis laundry ini sebesar Rp. 4.550.000,-.

Modal Untuk Operasional

Modal operasional ini digunakan sebagai penunjang ketika Anda ingin membuka bisnis laundry. Adapun modal untuk operasional ini meliputi:

  • Rak Rp. 300.000,-

  • Meja dan Kursi Rp. 300.000,-

  • Hanger dan Jepitan Pakaian Rp. 100.000,-

  • Ember Ukuran Jumbo Rp. 50.000,-

  • Spanduk Rp. 50.000,-

  • Sewa Bangunan selama 1 tahun Rp. 10.000.000,-

Jika Anda ingin membuka bisnis di rumah Anda, berarti Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk sewa bangunan.

Modal Chemical Perlengkapan Untuk Operasional

Perlengkapan untuk operasional ini meliputi Detergent, Pewangi, Kispray, Sitrun, Refill Kispray dan Parfum. Hal ini kita asumsikan sebesar Rp. 500.000,-. Sedangkan Plastik dan rafia untuk membungkus pakaian Sebesar Rp. 50.000,-.  Untuk modal khusus chemical ini dapat disesuaikan dengan jumlah kebutuhan, tergantung seberapa banyak yang menggunakan jasa laundry.

Modal Untuk Administrasi

Modal administrasi ini terdiri dari buku, nota, pena, staples, maupun administrasi lainnya. Administrasi ini bertujuan untuk melakukan pembukuan dan juga nota yang diberikan kepada pelanggan. Modal untuk administrasi seharga Rp.200.000,-.

Modal Untuk Biaya Yang Sifatnya Relatif

Ketika melakukan bisnis laundry tentu menggunakan yang namanya listrik dan air untuk mencucinya. Hal ini perlu Anda siapkan modalnya apalagi sifatnya tidak tetap. Untuk listrik dan air ini siapkan setidaknya Rp. 90.000,-.

Berdasarkan rincian di atas, ketika Anda ingin memulai bisnis laundry, modal bisnis laundry yang harus Anda persiapkan sekitar Rp. 7.000.000,- ketika Anda tidak menyewa tempat.  Sedangkan ketika Anda menyewa tempat untuk bisnis ini bisa mencapai Rp. 17.000.000,-. Yang menjadi perhatian khusus yaitu jangan terlalu menghabiskan modal besar-besaran diawal. Anda harus menyiapkan modal paling tidak untuk tiga bulan kedepan. Dengan melihat segala perkembangan yang ada, Anda baru bisa mulai memperbesar usaha Anda.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu