avatardisplay_general
DISITU
18 Dec 2018

Berikut Ini Tips Memilih Motor Bekas Untuk Anda

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181218/Banner/Berikut Ini Tips Memilih Motor Bekas Untuk Anda.jpg

Ingin membeli motor baru tapi belum punya cukup uang? Anda tidak perlu khawatir karena saat ini ada banyak motor bekas yang dijual dengan keadaaan yang masih mulus seperti baru. Selain itu, Anda juga tidak perlu repot mengurus surat-surat atau lama menunggu plat nomornya jadi.

Meskipun demikian, Anda harus berhati-hati sebelum membeli motor bekas. Jangan sampai Anda tertipu oleh penampilan luar yang bagus tetapi mesin di dalamnya sudah bobrok. Ikutilah tips di bawah ini agar Anda bisa memilih motor bekas dengan kualitas yang masih bagus.

Cek Kondisi Visual dan Fisik

 

Cek dengan teliti bagian fisik luar motor bekas yang hendak dibeli. Belilah motor bekas yang bebas dari goresan, penyokan, dan retak. Jadi, Anda tidak perlu repot-repot membenahinya setelah selesai membeli. Tak hanya itu, cek juga bagian kelistrikan motor untuk mengecek kondisi aki motor meliputi stater, speedometer, rem, sein, dan klakson.

Tanyakan juga apakah motor pernah mengalami kecelakaan parah atau tidak. Jika iya, biasanya hal ini mempengaruhi kondisi rangka motor. Pastikan bahwa semua bagian motor tersebut masih lengkap dan memenuhi unsur safety. Jangan segan untuk meminta melakukan test ride untuk merasakan apakah ada permasalahan pada handling, akselerasi, dan sebagainya.

Cek Kondisi Mesin

motor

Mesin merupakan faktor utama yang kerap menjadi permasalahan. Mesin motor bekas yang masih bagus seharusnya tidak mengeluarkan suara yang terdengar kasar. Coba hidupkan mesin dan dengarkan suaranya. Jika terdengar suara ngelotok, ngericik, atau tik-tik, maka kondisi mesin artinya sudah tidak terlalu bagus.

Selain itu, jangan segan untuk bertanya kepada penjual apakah semua bagian mesin masih asli atau tidak. Jika memang sudah ada yang diganti, tanyakan kualitas suku cadangnya apakah termasuk bagus atau tidak.

Sebagai saran, ada baiknya Anda melakukan pengecekan mesin motor di bengkel resmi bersama dengan si penjual. Dengan melakukan pengecekan bersama-sama, kedua pihak bisa saling tahu apabila ada permasalahan mesin yang perlu dibenahi atau tidak. Ataukah, apabila Anda kekurangan di bagian mesin, harga jual motor bekas tersebut bisa berkurang.

Cek Kelengkapan Dokumen

motor

Ada banyak sekali kasus curanmor atau pencurian kendaraan bermotor di Indonesia. Tidak heran jika banyak motor bekas yang dijual di pasar gelap tanpa kelengkapan surat-suratnya. Maka dari itu, mengecek kelengkapan dokumen tidak kalah penting untuk menghindari membeli motor curian. Lewat surat-surat kendaraan seperti BPKB dan STNK, Anda bisa mengetahui kejelasan identitas pemilik tangan pertama. Pastikan bahwa nama yang tertera pada surat kendaraan tersebut sesuai dengan KTP penjual. Selain itu, cek juga apakah nomor rangka dan nomor mesin yang tertera di plat motor sesuai dengan apa yang tertera di surat kendaraan.

Cek Harga Pasar

Apabila Anda sudah jatuh hati pada motor bekas tersebut, Anda tinggal menentukan apakah harga motor tersebut sesuai dengan kantong Anda atau tidak. Anda perlu mengetahui harga pasaran dari motor yang hendak dibeli. Hal ini penting dikarenakan setiap motor dengan tipe yang berbeda memiliki harga yang berbeda pula, tergantung dari kondisi motornya. Jika kondisi bodi dan mesin motor masih bagus, maka biasanya dibandrol dengan harga yang tidak jauh dari harga aslinya. Sebaliknya, jika motor sudah mengalami beberapa masalah, biasanya penjual rela menjual dengan harga yang agak miring.

Sangat disarankan untuk membeli motor bekas dari penjual yang terpercaya atau memang sudah Anda kenal secara pribadi, seperti teman atau keluarga. Jadi, jika suatu hari ada isu terkait motor yang Anda beli, Anda tahu harus menemui siapa.