avatardisplay_general
DISITU
04 Oct 2018

Berikut Tips Mengajukan Kredit Mobil Baru Jakarta

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181004/Berikut%20Tips%20Mengajukan%20Kredit%20Mobil%20Baru%20Jakarta.jpg

Jakarta adalah kota besar yang menjadi pusat dari peluncuran mobil  berbagai merk dan tipe. Apalagi dengan hadirnya fasilitas kredit dengan harga miring dan diskon yang menggiurkan. Pastinya membuat Anda tertarik untuk segera kredit mobil baru Jakarta. Namun, sebelum mengambil keputusan untuk kredit mobil, tentu saja Anda harus mempertimbangkan beberapa aspek  terlebih dahulu. Yakni antara keuntungan dan resiko yang akan Anda terima. Serta pemasukan harus tetap seimbang seiring akan bertambahnya pengeluaran Anda. Oleh karena itulah, Anda perlu memahami tips sebelum melakukan kredit. Hal ini untuk menjaga kondisi ekonomi Anda tetap stabil dan terhindar dari kredit macet.

Tips Sebelum Mengajukan kredit Mobil

Kredit mobil merupakan sebuah keputusan yang tidak mudah. Anda harus berpikir jangka panjang tentang hal ini. Karena Anda harus bersedia menanggung resiko bahwa pengeluaran Anda akan semakin besar. Bukan hanya dari angsuran rutin mobil, tapi juga biaya yang lain. Tentu saja ini bukan hal yang patut dianggap sepele. Berikut ini ada beberapa tips jitu bagi Anda yang ingin mengajukan kredit mobil baru Jakarta, antara lain :

Kredit Mobil

1. Kenali Kemampuan Finansial Anda

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum memutuskan untuk kredit mobil baru Jakarta adalah mengetahui kemampuan finansial Anda. Pastikan Anda mempersiapkan dana yang cukup sebagai uang muka kredit mobil. Serta Anda juga harus memastikan bahwa pemasukan dan pengeluaran Anda akan tetap stabil dengan tambahan beban angsuran tiap bulan. Tentu saja ini sebenarnya resiko jangka panjang bagi Anda. Namun, keuntungannya, kebutuhan mobil Anda bisa tercukupi tak harus menyiapkan dana yang besar sekaligus.

Kredit Mobil

2. Pilih Jenis Mobil Sesuai Kebutuhan Anda

Sebenarnya pertama kali yang Anda pikirkan sebelum memutuskan untuk kredit mobil Adalah tujuan dari penggunaan mobil tersebut. Jika tujuan Anda untuk kebutuhan keluarga, carilah tipe mobil yang memiliki dimensi ukuran dan daya tampung lebih besar. Serta CC mobil yang tidak besar. Karena hal ini bisa mempengaruhi boros  tidaknya bahan bakar.

Maka alangkah baiknya  Anda memilih mobil dengan tipe multipurpose vehicle (MPV). Dimana tipe ini Berbeda bila kebutuhan Anda hanya untuk pribadi. Maka tipe mobil yang tepat adalah sejenis citycar yang memiliki bentuk lebih lebih kompak. Sehingga Anda bisa leluasa dalam berkendara di jalan raya.

Kredit Mobil

3. Harga Jual Mobil

Yang sangat perlu Anda perhatikan sebelum kredit mobil Jakarta adalah harga jual dari mobil tersebut. Seperti yang Anda tahu, bahwa harga jual akan mengalami penurunan sekitar 10-15% setelah keluar showroom. Tak heran jika banyak orang yang mulai menyusun rencana penggantian mobil setiap 5 tahun sekali. Dengan tujuan, harga mobil tidak turun terlalu drastis. Dan juga tidak menghabiskan biaya perawatan yang mahal.

Namun, alangkah baiknya sebelum Anda memutuskan untuk kredit, cobalah cek harga jual di pasar mobil bekas. Lalu pilihlah mobil dengan harga kisaran tersebut. Hal ini untuk menjaga harga tetap stabil dan tidak mengalami penurunan tajam saat Anda menjualnya.

Kredit Mobil

4. Perhatikan Dengan Baik Skema Kredit Mobil

Dalam kredit mobil Jakarta, Anda juga perlu memperhatikan skema kredit mobil yang diberikan oleh leasing atau bank. Yang perlu diperhatikan antara lain besar uang muka yang harus disiapkan, besar angsuran tiap bulan, dan besar tingkat suku bunga.

Selain itu, Anda juga memperhatikan denda keterlambatan angsuran, asuransi, sampai pada biaya pelunasan lebih awal. Usahakan Anda memberi uang muka lebih besar. Sehingga keuntungannya, jangka waktunya akan lebih pendek dan angsuran pun lebih kecil.

Kredit Mobil

5. Tawaran Bunga Kredit

Alangkah baiknya pilihlah tawaran tingkat suku bunga yang lebih rendah. Sehingga akan meringankan beban angsuran Anda. Dalam bunga kredit, berlaku perhitungan bunga flat dimana besar angsuran akan disesuaikan dengan jangka waktu kredit.

Metode perhitungan, dihitung berdasarkan total dari pokok utang secara keseluruhan. Sehingga bung flat terkenal sebagai bunga paling mahal. Namun, akhir-akhir banyak leasing yang menawarkan bunga dibawah 10 hingga 5 % per tahun. Jadi Anda bisa memilih leasing yang menerapkan tingkat suku bunga tersebut.