avatardisplay_general
DISITU
20 Sep 2018

Bisa Jadi Ini 10 Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180920/Bisa%20Jadi%20Ini%2010%20Penyebab%20Klaim%20Asuransi%20Mobil%20Ditolak.jpg

Membeli asuransi kendaraan seperti asuransi mobil menjadi cara masyarakat saat ini untuk terhindar dari risiko kerugian finansial yang mungkin terjadi di masa depan. Jika sesuatu yang tidak diinginkan terjadi pada mobil seperti kecelakaan, rusak, atau dicuri, Anda bisa mengajukan klaim pada pihak perusahaan asuransi untuk mendapatkan klaim.

Sayangnya beberapa orang sering mengeluhkan jika klaim asuransi mobil yang mereka ajukan seringkali gagal. Mengapa demikian? Sebelum mengeluh, coba cek lagi siapa tahu salah satu hal berikut jadi alasan klaim asuransi mobil Anda ditolak

  1. Tidak Membaca Dokumen Polis dengan Teliti

Asuransi Mobil

Dokumen polis asuransi memang identik dengan tulisan panjang yang kadang membuat mata jadi lelah. Hal itu akhirnya membuat banyak pemilik asuransi enggan membaca keseluruhan dokumen hingga melewatkan informasi penting seperti cara klaim asuransi mobil. Karena itu sebaiknya di awal pembuatan asuransi Anda membaca dengan teliti dan memahami betul prosedur klaim asuransi agar ketika dibutuhkan tidak ada penolakan dari pihak asuransi.

  1. Terlambat Melaporkan

Asuransi Mobil

Kesalahan lain yang membuat klaim asuransi mobil Anda tertahan sampai ditolak adalah karena terlambat melapor. Perlu diketahui, kebanyakan perusahaan asuransi kendaraan hanya memberikan waktu cukup singkat yakni 3x24 jam pada pemegang polis untuk melaporkan klaim atas kendaraan mereka. Jika lewat dari itu biasanya klaim Anda tidak bisa diproses dan ditolak. Jadi pahami dengan baik tenggat waktu pelaporan klaim ya.

  1. Ada Kecurangan

Asuransi Mobil

Asuransi kendaraan memang akan membantu Anda untuk menanggung biaya kerusakan pada mobil yang terjadi karena faktor eksternal seperti kecelakaan. Karena itu sudah jelas Anda tidak akan mendapat klaim asuransi mobil jika pihak perusahaan asuransi mendapati kerusakan pada kendaraan ternyata disengaja.

  1. Pelanggaran Hukum

Asuransi Mobil

Faktor lain yang menyebabkan klaim asuransi mobil tidak dapat diproses adalah karena ditemukan adanya pelanggaran hukum. Pelanggaran hukum yang dimaksud adalah jika kecelakaan yang terjadi pada mobil diakibatkan karena pengemudi mabuk atau kendaraan digunakan secara sengaja untuk balapan liar dan sejenisnya.

  1. Dokumen Tidak Lengkap

Asuransi Mobil

Sebelum mengajukan klaim mobil, ada baiknya periksa kembali segala dokumen penting seperti KTP, SIM, STNK, dan surat keterangan polisi jika memang mobil mengalami kerusakan parah akibat kecelakaan. Pastikan juga jika SIM dan STNK yang ada masih berlaku dan tidak dalam masa kedaluwarsa agar klaim Anda tidak ditolak.

  1. Polis Tidak Aktif

Asuransi Mobil

Beberapa faktor seperti pembayaran premi yang macet dapat membuat polis Anda tidak aktif atau lapse. Jika sudah begini maka manfaat dari asuransi itu juga akan berhenti. Celakanya, jika Anda mengajukan klaim saat kondisi polis tidak aktif, otomatis klaim akan ditolak.

  1. Wilayah Kejadian Di Luar Kontrak

Asuransi Mobil

Seperti yang sudah disebutkan di poin pertama, penolakan atas klaim asuransi mobil bisa disebabkan karena Anda tidak membaca peraturan asuransi dengan teliti. Salah satu ketentuan yang umum terdapat dalam dokumen asuransi adalah tentang wilayah berlakunya klaim.

Beberapa perusahaan asuransi secara tertulis akan menyebutkan wilayah mana saja yang masuk dalam tanggungan. Jadi misalnya Anda mengikuti asuransi kendaraan yang hanya berlaku di Indonesia, maka klaim tidak akan berlaku jika kejadian terjadi di luar negeri.

  1. Tidak Ada Bukti Hukum

Asuransi Mobil

Mobil yang mengalami kerusakan akibat kecelakaan seharusnya memiliki bukti seperti bukti foto dari pihak kepolisian. Jika Anda memiliki bukti semacam ini ada baiknya simpan dengan benar agar dapat diajukan sebagai dokumen pendukung mengajukan klaim.

  1. Tambahan Aksesori

Asuransi Mobil

Sebagai pemilik, Anda memang bebas memberikan aksesoris apapun pada kendaraan. Namun perlu dipahami, penambahan aksesoris pada kendaraan juga perlu dilaporkan pada pihak perusahaan asuransi agar hal tersebut dapat masuk dalam tanggungan. Biasanya penambahan asuransi yang tidak masuk standar akan dikenai rate yang sama seperti kendaraan dan akan dikalikan dengan nilai tambahan aksesoris tadi untuk dapat menentukan nilai premi yang perlu ditambahkan.

  1. Polis dalam Masa Tunggu

Asuransi Mobil

Selain polis tidak aktif, polis yang sedang dalam masa tunggu juga bisa membuat klaim Anda ditolak. Masa tunggu ini biasanya terjadi setelah polis diterbitkan 1 bulan setelah Anda menandatangani kontrak.