avatardisplay_general
DISITU
06 Apr 2019

15 Peluang Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201904/190406/Banner/05 15 Peluang Bisnis Jajanan Anak ekolah Dasar.jpg

Peluang bisnis bisa lahir dimana saja tidak memandang tempat karena sesungguhnya setiap permasalahan adalah peluang bisnis bagi mereka yang memang telah memiliki naluri bisnis. Nah kali ini kita akan mencoba menguak betapa besarnya peluang bisnis jajanan anak sekolah dasar dan bahkan di beberapa tempat bisa menghasilkan jutaan rupiah tiap bulannya. Kalah dunk gaji pegawai?.

Jika dilihat sepintas berapa sih uang saku anak sd. Paling juga Rp 5.000 setiap anak, dapat apa saja bekal uang lima ribu rupiah?. Mungkin kesempatan uang itu mampir ke kita cuma 1.000 - 2.000 rupiah, masih mending jadi pegawai yang gajinya sudah pasti jutaan rupiah. Jangan salah satu anak sudah menghabiskan 1.000 rupiah saja pada kita, kira-kira berapa jumlah anak sd yang akan jajan ke kita?. Misalkan 100 anak, maka 100 ribu rupiah sudah kita dapatkan. Apabila 200 - 300 anak, dan seterusnya, walaupun jajanan anak sekolah tergolong peluang usaha dengan modal kecil tapi untung melimpah.

Contoh Ide Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar

Ketika kita mencari ide bisnis mungkin akan terasa sulit, apalagi bila membahas bisnis jajanan anak sekolah, disini contoh jajanan anak SD, yaitu kue terang bulan mini yang lagi laku di pasaran saat ini, berikut contoh dan modalnya modal:

  • Tepung terigu 1 kg Rp 8.000

  • Selai buah 1/4 Rp 4.000

  • Mentega 1/4 Rp 7.500

  • Meses 1/4 Rp 7000

  • Total: Rp 26.500

1. Keuntungan Kue Terang Bulan Mini

Untuk per 1 kg adonan akan menjadi 60 buah kue terang bulan mini, jika kita jual Rp 1.000/buah. Maka kita sudah mendapatkan Rp 60.000. Modal - Hasil jualan = Rp 33.500 dalam setiap kilogramnya, bagaimana jika menghabiskan 5 kg tiap hari. 33500 x 5 = Rp 167500. Jika satu bulan 25 hari sekolah, maka 25 x Rp 167500 = Rp 4.187.500.

Itu belum termasuk sisa bahan-bahan, Jadi keuntungan satu bulan bisa setara dengan UMK ibu kota, sedangkan kita kerjanya santai bisa sambil bercanda dengan anak-anak dan yang pasti tidak full time seperti mereka berangkat jam 7 pulang jam 4 sore. Apa mungkin bisa menghabiskan 5 kg perhari?. Kenapa tidak? 5 x 60 = 300 karena hanya butuh 300 pembeli saja kita sudah dapat menghasilkan kisaran 4,2 juta rupiah.

 

2. Harga Murah Dalam Menjual Jajanan

Sebelum membuka sebuah bisnis tentu kita harus bisa menguasai siapa target pangsa pasar kita, Ini penting sekali karena akan mempengaruhi sukses tidaknya bisnis yang akan kita lakukan nanti. Jika pangsa pasar kita anak sekolah dasar tentu harga yang kita tawarkan haruslah sesuai dengan isi kantong mereka, kisaran harga 500-2000 adalah harga yang paling pas untuk pangsa pasar anak sekolah dasar. Bukan tidak mungkin harga 5000 tidak mereka beli cuma saja akan terasa berat.

3. Rasa Kue Kesukaan Anak SD

Selain harga yang pas dikantong faktor rasa juga akan berpengaruh terhadap daya serap pasar nantinya, Anak-anak akan sangat suka sekali dengan makanan yang bercita rasa:

  • Manis: Permen aneka rasa

  • Gurih: Telur gulung dan kue pancong

  • Bersaus: Cilok, batagor dan lain sebagainya

  • Pedas: Sosis bakar

Serta makanan yang lagi ngetrend saat ini, tapi dalam bentuk mini seperti kentang goreng tornado mini, pizza mini, kebab mini sederhana, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Menarik minat Anak sekolah dasar

Selain makanan anak-anak juga sangat suka dengan mainan apa lagi jika mainan tersebut terlihat unik dan menarik, Bisa saja kita memunculkan kembali mainan jaman dahulu yang kemudian kita jual lagi dengan cara di modifikasi biar kelihatan menarik, misalnya saja kartu sulap, melepaskan dua cincin dari kawat dan masih banyak lagi.

Alasan anak-anak sekolah dasar membeli makanan bukan hanya dari faktor rasa yang memang mereka sukai saja, melainkan dari bentuk yang unik juga bisa memancing minat mereka untuk membelinya. Yah, disinilah faktor kreatifitas kita harus berperan, misalnya saja anda menjual jelly dengan bentuk-bentuk unik atau kue cubit dengan bentuk bentuk tokoh kartun idola mereka.

Baca Juga : 10 Peluang Bisnis Baru yang Belum Banyak Diketahui

5. Peluang Usaha Yang Sedang Tren

Anak-anak sekolah jaman sekarang juga mengikuti trend loch, jangan sampai salah, Jika dagangan anda ingin sekali selalu diserbu mereka maka sebagai orang yang menggeluti Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar juga harus bisa selalu update dengan makanan apa yang sedang trend saat ini, misalnya saja sedang trend es kepal maka anda juga bisa memodifikasi es kepal dengan harga yang murah tentunya.

6. Tempat Penjual Jajanan Anak

Satu lagi rahasia agar anak-anak sekolah dasar selalu mengerubuti dagangan anda dan rela antri untuk membelinya yaitu cara membuatnya, Namanya juga anak-anak yang memiliki rasa ingin tahunya sangat tinggi maka mereka akan sangat antusias ketika melihat sesuatu yang baru. Maka perlihatkan cara membuatnya didepan mereka maka dijamin perhatian anak-anak akan tertuju pada anda.

7. Praktis Untuk Jajanan Anak SD

Ingin cepat mendapatkan lebih dahulu dan rela untuk berebutan adalah salah satu sifat anak-anak yang sulit sekali direndam, Maka ketika anda menjalankan Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar usahakan yang tidak memakan waktu lama untuk memasaknya, Syukur-syukur jika anda sudah mempunyai stok makanan yang sudah jadi di etalase gerobak anda.

8. Bersih Dan Rapi

Faktor yang harus anda perhatikan, ialah kebersihan karena itu akan mempengaruhi daya jual dagangan Anda, bila tempat dagang anda kotor. Maka bisa saja pihak orang tua ataupun guru akan melarang anak-anak untuk membeli jajan di tempat anda. Jadi kita perlu memperhatikan faktor kebersihan tempat dagang serta makanan anda.

Ramah Dalam Menjual Makanan

Tidak cuma orang dewasa yang memerlukan keramahan ketika bertransaksi, Anak-anak juga akan sangat suka dengan para pedagang yang ramah, humoris serta sabar.

Baca Juga: Cara Mengembangkan Bisnis Online Dengan Modal Ringan

Beberapa Peluang Usaha Menjual Jajanan Anak

Beberapa Peluang Usaha Menjual Jajanan Anak

Berikut di bawah ini ada beberapa peluang usaha, dan ide bisnis yang dapat kita jadikan aneka jajanan anak sekolah. Dimana peluang usaha seperti ini omsetnya bisa mencapai jutaan rupiah.

1. Pizza Mini

Pizza Mini

Pizza mini dengan harga 1.000 adalah salah satu pilihan yang tepat, ketika anda akan memulai Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar, bisa menitipkan di kantin, maupun anda jual sendiri. Cara membuatnya pun cukup mudah, dan modal bisnis ini sangat minim.

2. Kebab Mini

Kebab Mini

Jangan berpikir yang terlalu muluk-muluk, untuk dapat berjualan kebab mini, kita dapat menjualnya ke anak sekolah dasar, Anda tidak perlu pake kulit kebab asli. Cukup pake kulit lumpia saja, dan untuk dagingnya ganti dengan sosis, jadi ide bisnis seperti ini dapat kita coba. Cara membuatnya pun cukup mudah, terlebih lagi resep kebab mini terbilang mudah di bikin, dan juga paling di sukai oleh anak sekolah dasar.

 

3. Papeda

Papeda

Berbahan dari tepung sagu yang dicampur dengan air, bumbu, serta telur lalu digoreng tanpa minyak. Jajanan anak sekolah yang satu ini, masih cukup mendapatkan tempat di pasaran, Bahkan bisa menjadi rebutan anak-anak sekolah untuk membeli papeda, bila Anda lagi mencari ide bisnis jajanan anak sekolah, papeda salah satu yang cocok untuk dicoba, dimana cara membuatnya pun terbilang simple dan mudah.

4. Telur Gulung

Telur Gulung

Meskipun cuma telur digoreng, lalu digulung dengan tusuk sate, tapi jajanan ini cukup dinanti oleh anak-anak, Jadi jika Anda sedang mencari ide Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar, yang satu ini patut anda coba. Cara membuatnya pun sangat simple, siapapun dapat mencoba resep ini.

5. Kue Pancong Mini

Kue Pancong Mini

Meskipun kue ini termasuk kue klasik namun penggemarnya masih cukup melimpah mulai dari anak-anak sekolah dasar hingga orang dewasa, Kue berbahan dasar kelapa muda parut dan tepung ini memiliki citra rasa gurih.

6. Rambut Nenek

Rambut Nenek

Inilah jajanan klasik yang sudah sangat langka sekali bahkan hampir sudah tidak ada yang jual, Namun ini bisa anda jadikan ide Peluang Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar, Caranya dengan menambahkan aneka rasa pada jajanan rambut nenek, misalnya saja rasa melon, Anggur, Strawberry dan lain sebagainya

7. Pudot ( puding sedot )

Pudot atau puding sedot memang tergolong jenis jajanan baru namun sudah mampu memikat pasar, penggemarnya pun cukup banyak mulai dari anak SD,SMP,SMU bahkan orang dewasa juga menyukainya.

Baca Juga : 5 Tips Untuk Memaksimalkan Peluang Bisnis Modal Kecil

8. Salad Buah Sederhana

Salad Buah Sederhana

Jika ingin bisnis salad buah untuk anak sekolah dasar maka gunakan saja bahan dari buah-buahan yang relatif murah seperti semangka, pepaya, melon dan lainnya agar bisa mendapatkan hasil yang melimpah.

9. Jasuke (jagung susu keju)

Jasuke

Mau untung banyak? coba saja jualan Jasuke, Bahannya sederhana dan mudah dicari serta gak ribet, Jadi anda bisa lebih cepat dalam melayani para pembeli anda.

10. Martabak Telor Puyuh

Martabak Telor Puyuh

Entah siapa yang mencetuskan ini, Makanan ini tiba-tiba saja menjadi tren di banyak sekolahan dasar, berbahan baku tepung yang dilarutkan dengan air lalu digoreng tanpa minyak, lalu di atasnya diceplokin telur puyuh, ditaburi bumbu dan ditambah saus.

11. Martabak Mini

Martabak Mini

Ketika mendengar kata martabak pasti yang terbayang di benak mereka adalah harganya mahal, Namun apa jadinya jika anda menyulapnya menjadi ukuran mini dan dijual dengan harga 2000 an? tentu mereka akan menyerbu dagangan anda. dan ini sangat cocok dijadikan Peluang Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar.

12. Pisang Coklat

Pisang Coklat

Pisang dan coklat dibalut dengan kulit lumpia ini memang menawarkan citra rasa manis yang sangat digemari anak sekolah dasar, Jajanan ini bisa menjadi salah satu pilihan ketika anda ingin menggeluti bisnis jajanan anak sekolah dasar.

13. Pentol Goreng

Pentol Goreng

Cemilan ini juga sangat digemari oleh anak-anak, berbahan baku cilok yang digoreng dengan cara dicelupkan pada telur kocok. Namun cara menggorengnya menggunakan cetakan bulat-bulat kecil yang bisa anda dapatkan di toko pecah belah. dimakan dengan saus kacang maupun saus tomat pedas.

14. Cilung (aci gulung)

Cilung

Cemilan ini sangat mudah dibuat, Hanya berbahan dasar aci dan air dengan ditambahkan garam,gula serta bubuk kaldu kemudian digoreng pada minyak panas kemudian digulung menggunakan tusuk sate, Untuk bumbu luar bisa menggunakan bubuk aneka rasa :balado, Jagung manis, Sapi panggang dan rasa lainnya yang dicampur dengan rempah rempah mie yang telah di blender agar halus.

15. Mie Petir

Mie Petir

Berbahan mie jagung yang telah diluruskan dengan air panas lalu dimasak layaknya mie goreng plus bumbu-bumbu pedas ternyata sangat digemari oleh anak sekolah dasar, Anda sedang mencari ide bisnis buat anak sekolah dasar? jualan ini saja untungnya melimpah.

Baca Juga: Bisnis Sukses Modal Sedikit, Ini Yang Bisa Dicoba

Bisnis Jajanan Yang Bermanfaat Bagi Semuanya

Demikian yang dapat kami sampaikan, tentang 15 Peluang Bisnis Jajanan Anak Sekolah Dasar, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Khususnya bagi Anda yang ingin mengelola bisnis jajanan anak sekolah, buatlah bisnis jajanan yang bermanfaat bagi semua orang yang menikmatinya