avatardisplay_general
DISITU
22 Sep 2018

Cara Baru Gadai Sertifikat Rumah Tanpa Ribet

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201809/180922/Disitu_Artikel_180921.jpg

Saat akan gadai sertifikat rumah, kita diberikan seabrek masalah yang harus dilewati. Mulai dari masalah birokrasi hingga sistem. Banyaknya jumlah pegadaian, promosi yang ditawarkan, hingga sistem yang digunakan, membuat kita makin bingung memilih. Sebenarnya, mitra gadai seperti apa yang baik untuk dipercayai sertifikat rumah? Kami akan mencoba menjawab. Mitra gadai yang baik adalah yang tidak merepotkan Anda. Tidak memiliki sederet panjang alur yang sulit dipahami. Tidak pula menetapkan harga penjaminan tanpa hitungan yang jelas. Intinya, mitra gadai yang baik adalah yang tidak ribet. Lalu bagaimana menemukannya? Berikut ini kami beri tips gadai sertifikat rumah tanpa ribet yang patut Anda coba :

Cara Baru Gadai Sertifikat Rumah Tanpa Ribet Yang Patut Dicoba

Sebenarnya dalam gadai, kita dapat menyelesaikan masalah gadai kita sendiri. Tanpa harus menunggu tindakan mitra gadai yang dipilih. Membludaknya program dan jenis mitra gadai mempermudah kita melakukan kustomisasi. Misalnya dalam transaksi sulit seperti gadai sertifikat rumah. Di bawah ini, kami berikan gambaran masalah yang terjadi dalam gadai sertifikat rumah. Berpasangan langsung dengan solusinya.

Gadai Sertifikat

1. Kalau Tidak Ada SHM, Pakai AJB

Secara hukum, Sertifikat Hak Milik (SHM) merupakan jenis bukti kepemilikan rumah paling tinggi tingkat keamanannya. Akan tetapi masalahnya, tidak semua rumah – mungkin termasuk juga rumah Anda – memiliki sertifikat ini. Biasanya kita hanya memegang Akta Jual Beli (AJB). Secara umum, mitra gadai lebih suka menerima gadai sertifikat rumah berbentuk SHM. Tapi tenang dulu. Masih banyak kok mitra gadai yang mau menerima AJB. Jadi solusi untuk masalah ini, temukan mitra gadai yang mau menerima AJB sebagai jaminan gadai.

Gadai Sertifikat

2. Kalau Mitra Gadai Offline Ribet, Pakai Online

Salah satu keuntungan terciptanya internet adalah simplifikasi transaksi. Saat Anda melakukan gadai sertifikat rumah secara offline, Anda pasti diribetkan dengan birokrasi. Mulai dari pengumpulan dokumen hard file hingga penandatanganan kontrak. Seringkali, birokrasi ini sulit dipahami hingga merugikan Anda dalam transaksi. Solusi untuk masalah ini adalah dengan beralih ke online. Saat online, Anda cukup mengumpulkan scan dokumen. Risiko keamanan tetap ada. Namun birokrasinya jadi lebih mudah.

Gadai Sertifikat

3. Kalau Bank Negeri Tidak Mau Menerima, Datang Ke Bank Swasta

Biasanya bank negeri tidak mau menerima gadai sertifikat rumah. Jangankan sertifikat berbentuk AJB, kadang-kadang bank negeri juga tidak mau menerima SHM. Jika tidak segera ambil keputusan, maka Anda akan makin terhimpit. Daripada susah-susah, langsung saja beralih ke bank swasta. Sebagian besar bank swasta masih mau menerima gadai dengan jaminan SHM. Bahkan masih ada yang mau menerima AJB, walau transaksinya jadi melibatkan orang ketiga sebagai penjamin fidusia.

Gadai Sertifikat

4. Kalau Bank Pun Tidak Bisa, Langsung Ke Pegadaian

Jika Anda ragu untuk gadai sertifikat rumah di bank, langsung datang saja ke pegadaian. Di pegadaian, Anda dijamin dapat gadai sertifikat rumah tanpa ribet. Berbeda dengan bank, pegadaian adalah instansi yang secara khusus menangani transaksi gadai. Sehingga kinerja dan pemahamannya terhadap sistem gadai jelas lebih mendalam.

Gadai Sertifikat

5. Kalau Tidak Suka Bunga, Pindah Syariah

Saat ini, pegadaian syariah telah berkembang pesat. Ini mengikuti peningkatan permintaan gadai syariah dalam masyarakat. Untuk Anda yang tidak suka transaksi berbunga, Anda bisa datang ke pegadaian syariah. Di sana, Anda tidak akan diminta membayar bunga. Sebagai ganti bunga gadai, Anda hanya akan diminta membayar biaya pemeliharaan.

Gadai Sertifikat

6. Kalau Rumah Masih Kredit, Ajukan Gadai Take Over

Anda sangat butuh gadai sertifikat rumah, namun rumah Anda masih dalam kondisi kredit? Solusinya adalah dengan mengajukan gadai take over. Dalam gadai ini, pertama-tama Anda memang akan disyaratkan melunasi sekian persen pembelian rumah tersebut. Tapi ini solusi terbaik jika Anda memang sedang membutuhkan dana