avatardisplay_general
DISITU
07 Oct 2018

Cara Jitu Pilih Asuransi Kesehatan Terbaik

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181007/Cara%20Jitu%20Pilih%20Asuransi%20Kesehatan%20Terbaik.jpg

Kesehatan merupakan harta yang sangat berharga bagi manusia. Tanpa tubuh yang sehat tentu sulit bagi Anda untuk melakukan berbagai pekerjaan. Karena itulah sudah sepatutnya setiap orang memiliki kesadaran tinggi dalam menjaga kesehatannya.

Selain dengan menjaga pola makan serta berolahraga, cara lain yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan adalah dengan memberikan perlindungan pada diri sendiri dalam bentuk asuransi.

Hal tersebut sangat penting mengingat tidak selamanya Anda akan selalu sehat. Pada suatu waktu tubuh tentu akan jatuh sakit sehingga membutuhkan perawatan agar kembali pulih. Karena itu diperlukan asuransi kesehatan untuk membantu Anda menanggung biaya pengobatan yang kini semakin mahal.

Namun untuk memilih asuransi kesehatan terbaik pun tidak bisa sembarangan. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar asuransi kesehatan yang Anda pilih benar-benar dapat memberikan manfaat.

  1. Tentukan Kebutuhan

Asuransi

Hal pertama yang penting dilakukan sebelum menentukan asuransi kesehatan adalah menentukan kebutuhan. Jika ini adalah pertama kali Anda membeli asuransi kesehatan maka lihatlah apa yang diinginkan dari produk perlindungan tersebut. Misal Anda menginginkan asuransi penuh untuk semua biaya perawatan atau yang hanya menanggung biaya rawat jalan saja. Anda perlu memikirkan hal ini karena nantinya akan mempengaruhi jumlah premi (iuran) yang dibayarkan tiap bulannya.

Selain itu jika Anda adalah seseorang yang sering melakukan perjalanan ke luar negeri, sebaiknya pilih asuransi yang dapat membiayai pengobatan di luar. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir jika saat bepergian tiba-tiba harus dirawat di luar negeri.

  1. Pikirkan Biaya Premi

Asuransi

Memiliki asuransi berarti Anda sudah harus siap untuk memikirkan biaya preminya. Sebelum memutuskan membuat asuransi sebaiknya Anda lihat dahulu bagaimana kondisi keuangan. Dengan begitu Anda bisa mulai merencanakan berapa biaya yang akan disisihkan untuk membayar premi. Jangan lupa pertimbangkan juga pilihan untuk memilih asuransi kesehatan dengan premi yang dibayar bulanan atau per tahun.

  1. Pertimbangkan Asuransi Keluarga

Asuransi

Banyak orang mengira asuransi kesehatan hanya bisa memberikan perlindungan untuk satu orang saja. Padahal kini banyak sekali produk asuransi kesehatan yang dapat memberikan perlindungan untuk pasangan bahkan keluarga. Jika Anda sudah berkeluarga ada baiknya pilih paket asuransi kesehatan untuk keluarga karena selain lebih murah juga dapat memberikan perlindungan menyeluruh untuk keluarga.

  1. Pilih Perusahaan dengan Track Record Baik

Asuransi

Membeli asuransi berarti Anda menginvestasikan uang pada pihak perusahaan. Uang yang Anda keluarkan juga tentunya tidak sedikit. Karena itu sangat penting untuk memilih perusahaan asuransi yang memiliki track record atau rekam jejak baik. Selain itu lihat juga ulasan dari para konsumen sebelumnya untuk melihat bagaimana pelayanan perusahaan. Agar semakin tenang Anda juga bisa mengecek perusahaan yang dipilih pada website Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Dengan memilih perusahaan asuransi yang kredibel maka Anda akan lebih tenang dalam memercayakan uang.

  1. Pilih Asuransi Non Tunai (Cashless)

Asuransi

Saat melihat asuransi kesehatan, coba Anda perhatikan apakah perusahaan tersebut menyediakan layanan pembayaran cashless atau non-tunai. Sistem tersebut akan lebih menguntungkan ketimbang cara reimburse karena Anda hanya perlu menunjukan kartu asuransi saat berobat di rumah sakit. Sementara jika Anda memilih sistem reimburse, maka harus siap sedia uang untuk membayar biaya pengobatan karena pihak asuransi baru akan menggantinya setelah Anda mengajukan tagihan yang sudah dibayar.

6. Jaringan Rumah Sakit Luas dan Beragam

Asuransi

Anda tentu tidak bisa menentukan kapan dan dimana akan sakit. Karena itu penting sekali untuk memilih asuransi kesehatan yang bekerja sama dengan beragam rumah sakit. Selain agar Anda merasa lebih tenang saat bepergian, asuransi yang memiliki jaringan rumah sakit luas secara tidak langsung juga membuktikan kualitas perusahaan tersebut.

  1. Jangan Terpaku pada Satu Perusahaan

Asuransi

Ketika ditawari produk asuransi kesehatan oleh satu perusahaan kebanyakan orang akan malas untuk melihat produk serupa dari perusahaan lain. Padahal hal tersebut penting agar Anda memiliki perbandingan dan punya lebih banyak pilihan. Jika hanya terfokus pada satu perusahaan, Anda bisa saja melewatkan perusahaan asuransi lain yang mungkin memiliki promo lebih menguntungkan.

  1. Asuransi Kesehatan Murni

Asuransi

Ketika hendak membeli asuransi kesehatan, kebanyakan perusahaan akan memberikan dua pilihan yaitu asuransi kesehatan murni atau asuransi plus investasi (unitlink). Jika diberikan pilihan tersebut maka pastikann Anda memilih asuransi kesehatan murni.

Bukan tanpa alasan, kedua jenis asuransi kesehatan tersebut umumnya memiliki jumlah premi yang sama. Namun jika dilihat lagi asuransi kesehatan murni memberikan manfaat yang lebih besar ketimbang asuransi unitlink.

  1. Proses Klaim Mudah

Asuransi

Kejadian kurang menyenangkan seperti sakit atau kecelakaan tentu tidak bisa diprediksi. Saat hal tersebut datang tentu Anda membutuhkan dana agar proses pengobatan bisa berjalan lancar. Karena itu penting sekali memilih asuransi kesehatan dengan pelayanan proses klaim mudah dan cepat. Akan lebih baik lagi jika Anda memilih perusahaan asuransi yang telah menyediakan layanan e-claim melalui ponsel.

  1. Asuransi Rawat Inap dan Jalan

Asuransi

Kebanyakan orang hanya akan memilih asuransi yang membiayai fasilitas rawat inap. Padahal perawatan lain seperti rawat jalan juga tidak kalah penting karena saat proses tersebutlah banyak biaya seperti obat yang harus dikeluarkan. Karena itu jika Anda memiliki dana lebih sebaiknya memasukan layanan rawat jalan dalam polis.

Selain itu jangan lupa pilih fasilitas limit gabungan dalam polis agar ketika satu jenis perawatan kekurangan jaminan maka bisa menggunakan jaminan dari perawatan satu lagi yang tersisa.