avatardisplay_general
DISITU
09 Nov 2018

Cara Klaim Asuransi Jiwa Bumiputera Dengan Mudah

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181109/Banner/Cara%20Klaim%20Asuransi%20Jiwa%20Bumiputera%20Dengan%20Mudah.jpg

Tak dapat dipungkiri jika investasi merupakan sebuah hal yang sangat penting untuk diperhatikan karena dengan adanya investasi kehidupan mendatang akan menjadi lebih baik. Dan salah satu jenis investasi tersebut adalah asuransi jiwa. Asuransi jiwa sendiri merupakan sebuah produk asuransi yang memiliki tujuan untuk menanggung pemegang asuransi tersebut terhadap kerugian finansial yang tidak terduga, dimana disebabkan oleh meninggal terlalu cepat atau sedang tertimpa musibah. Asuransi jiwa juga memberikan beberapa manfaat seperti meminimalisir resiko tak terduga, kemudian keluarga akan lebih terjamin dan masih banyak lagi yang lain. Sedangkan asuransi sendiri juga ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi, salah satunya perusahaan asuransi jiwa Bumiputera. Dengan mempunyai asuransi Bumiputera nantiya Anda tak perlu pusing dengan biaya yang tinggi. Kemudian untuk proses klaim dari asuransi jiwa ini membutuhkan waktu yang berbeda karena tergantung dari kelengkapan dokumen dan juga pelayanan dari pihak petugas asuransi. Pada dasarnya proses klaim dari asuransi jiwa ini terbilang mudah, dan berikut ini adalah cara klaim dari asuransi Bumiputera yang bisa Anda perhatikan:

Tahap Pengajuan Dokumen

asuransi-bumiputera

Yang pertama adalah tahap pengajuan dokumen, dimana pada saat Anda akan mengajukan klaim, maka Anda perlu membawa dokumen pengajuan klaim yag sesuai dengan klaim yang akan Anda ajukan. Jenis dari asuransi jiwa di Bumiputera sendiri ada beberapa jenis seperti klaim atas kematian, kemudian klaim atas polis atau pengembalian saldo tunai, lalu klaim atas berakhirnya kontrak, klaim rawat inap dan juga klaim pengobatan. Karena memang setiap jenis klaim mempunyai persyaratan dokumen yang berbeda. Dan sebelum mengajukan klaim tersebut, ada baiknya jika Anda bertanya kepada customer service apa saja dokume yang perlu dipersiapkan. Namun biasanya beberapa dokumen tersebut adalah kartu identitas, tanda pemegang polis, formulir pengajuan klaim dan yang lainnya.

Tahap Pemeriksaan Dokumen

asuransi-bumiputera

Kemudian untuk proses yang kedua adalah pemeriksaan dokumen, jika Anda sudah mengajukan dokumen klaim, maka nantinya pihak dari asuransi jiwa Bumipuera akan melakukan pemeriksaan kelengkapan dari dokumen Anda. Jika terdapat dokumen yang masih belum lengkap, maka Anda akan diminta untuk datang kembali ke kantor untuk melengkapi beberapa dokumen yang dibutuhkan.

 

Baca jugaApa Saja Jenis Asuransi Mobil Yang Ada? Cek Disini!

 

Proses Pemberitahuan Nasabah

asuransi-bumiputera

Lalu yang ketiga adalah proses pemberitahuan nasabah, dimana jika klaim yang disertai dokumen pengajuan dan juga beberapa persyaratan lain yang perlu dilengkapi sudah dipenuhi, maka nantinya pihak dari Bumiputera akan menimbang dan juga mengecek kembali pengajuan dari nasabah tersebut. Kasus klaim yang lama dapat terjadi karena adanya banyak pengajuan klaim yang masuk. Dengan demikian Anda harus selalu follow ip pengajuan Anda dengan cara menghubungi customer service dari Bumiputera agar nantinya proses klaim dapat lebih cepat diproses. Dan setelah pengajuan klaim tersebut sudah disetujui, maka nantinya Anda akan dihubungi petugas dari Bumiputera jika dana tersebut sudah dicairkan.

Proses Pembayaran

asuransi-bumiputera

Dan yang terakhir adalah proses pembayaran, dimana jika dana sudah siap untuk dicairkan, maka pihak asuransi jiwa Bumiputera sudah mengubungi Anda tentang proses pencairan dana tersebut. Pencairannya sendiri dilakukan melalui transfer bank Mandiri maupun BNI pemohon. Jika Anda tidak mempunyai rekening BNI ataupun Mandiri, maka Anda bisa mengambilnya ke kantor cabang secara langsung. Pencairan dananya sendiri memang tidak bisa diwakilkan melalui rekening orang lain selain milik pemohon maupun ahli waris dari pemegang polis tersebut. Hal tersebut untuk mencegah penipuan. Selain itu Anda juga perlu untuk selalu melakukan folloe up dari pengajuan klaim Anda karena nasabah Bumiputera yang terbilang sangat banyak.