avatardisplay_general
DISITU
02 Jan 2019

Cara Menemukan KTA Syariah Online yang Terbaik

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201901/190102/Banner/Cara Menemukan KTA Syariah Online yang Terbaik.jpg

Kredit Tanpa Agunan (KTA) mulai dikenal di Indonesia pada tahun 2012. Produk pinjaman ini dijalankan oleh bank konvensional dengan sistem bunga. Tahukah Anda, saat ini bukan hanya bank konvensional saja yang memberikan layanan produk KTA, tetapi bank syariah juga membuka layanan produk ini dengan nama yang berbeda. Bank syariah menyebut KTA dengan istilah Produk Pembiayaan KTA Syariah online saat ini juga sudah bisa kita temukan di internet. Untuk pinjaman di bawah 100 juta, sama dengan KTA, produk pembiayaan ini juga dinamakan pembiayaan mikro yang bisa diajukan tanpa agunan.

KTA

Dengan kemudahan teknologi saat ini, KTA syariah online hadir untuk membantu masyarakat yang membutuhkan dana cepat tetap tetap dengan akad yang bebas dari riba. Sama dengan KTA bank konvensional, untuk memilih KTA syariah sekalipun tetap perlu memperhatikan beberapa hal sebelum mengajukannya:

KTA

  1. Akad yang jelas

    Hal yang membedakan KTA syariah dan konvensional yang paling jelas adalah soal akad. Pada KTA konvensional akadnya adalah pemberian suku bunga pada setiap jumlah cicilan. Sementara pada KTA syariah, akad yang dipakai adalah bagi hasil. Anda harus melihat dengan jelas soal akad ini meskipun Anda temukan secara online dan berlabel syariah. Jangan sampai bunga di sana-sana masih Anda katakana sebagai sistem syariah.

  1. Lembaga keuangan yang terpercaya

    Jangan terjebak dengan istilah syariah yang aman tapi mengabaikan kepercayaan lembaga yang memberikan pinjaman. Jika Anda ingin lebih aman memiliki KTA syariah online, maka sebaiknya memilih produk yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga yang sudah punya nama seperti bank syariah atau yang lainnya. Bank Syariah Mandiri dan Bank Muamalat juga memiliki produk pembiayaan mikro dengan sistem syariah yang terpercaya.

  1. Berhutang untuk hal produktif

    Meskipun KTA syariah online maupun offline di kantor cabang bank tertentu aman secara agama, tetapi kebiasaan berhutang tetap harus dibatasi. Jika harus terpaksa berhutang, maka pastikan pinjaman yang digunakan memang untuk hal-hal produktif bukan konsumtif. Kredit macet pada skala pembiayaan mikro juga banyak terjadi. Salah satunya karena penyaluran kredit yang tidak tepat sasaran. Idealnya dengan berhutang orang bisa memperbaiki ekonominya bukan malah bangkrut. Jadi hati-hati mengajukan pinjaman meskipun itu sistem syariah.

  1. Memastikan sumber keuangan lembaga yang dipilih

    Bila memang ingin menemukan sistem syariah yang benar-benar bebas dari riba, maka pilihlah lembaga yang sistem dan sumber keuangannya bukan dari sistem konvensional, tapi memang murni secara syariah. KTA Syariah Online jangan hanya namanya saja yang syariah, tetapi pada kenyataannya dananya tercampur dengan sumber keuangan lembaga konvensional.

  1. Membandingkan setiap produk yang ditawarkan

    Saat menemukan KTA Syariah Online, jangan terburu-buru untuk apply. Simak lebih dulu bagaimana syarat-syaratnya, konsekuensinya, kemungkinan pengeluaran tambahan yang akan dilakukan dan akad yang jelas seperti disebutkan di atas. Bandingkan dengan yang lainnya lebih dulu. Dengan membandingkannya, Anda bisa menemukan mana lembaga yang memberikan layanan produk terbaik dan paling cocok untuk Anda.

KTA Syariah

Untuk syarat-syarat KTA Syarih Online secara administrasi pada umumnya sama dengan yang konvensional. Hanya saja akan memberikan kesan lebih nyaman, ramah, adil, dan menenangkan. Tetapi sekali lagi, pastikan penyaluran pembiayaan yang Anda ajukan tepat sasaran, bukan untuk hal-hal yang sifatnya konsumtif. Gunakan berhutang sebagai cara paling akhir menyelesaikan masalah keuangan.