avatardisplay_general
DISITU
12 Nov 2018

Cara Menentukan Harga Jual Motor Bekas Agar Tidak Rugi

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201811/181112/Banner/51.jpg

Saat ini di Indonesia masih banyak didapati masyarakat yang belum memahami dan mengetahui harga jual motor bekas. Hal itu dikarenakan harga bisnis jual beli motor bekas yang kerap kali membingungkan, kadang naik dan kadang pula mengalami penurunan. Bagi Anda yang sudah sering melakukan jual beli motor bekas pasti sudah paham dan mengerti strategi penjualannya. Akan tetapi, bagi yang masih pemula dan belum mengerti apapun mengenai penjualan motor bekas pasti sedikit merasa kesulitan. Tentu saja ini menjadi suatu tantangan tersendiri bagi Anda untuk dapat menentukan harga penjualan motor bekas dengan tepat. Berikut ini cara menentukan harga jual motor bekas yang perlu Anda ketahui :

1. Pertimbangkan Harga Pasaran

harga-motor

Hal ini dapat dijadikan bahan referensi bagi Anda untuk menentukan harga jual motor bekas. Anda harus mengetahui berapa harga pasaran motor bekas yang laku untuk dijual kepada masyarakat. Jadi, jangan sampai Anda sembarangan menjual motor bekas yang nantinya akan merugikan dan tidak mendapat keuntungan sama sekali. Untuk itu, sebelum Anda menjual motor bekas lebih baik cek harga terlebih dahulu di pasaran. Dengan begitu, Anda dapat menentukan harga penjualan motor bekas dengan tepat dan sesuai.

2. Cek Harga Jual Di Dealer

harga-motor

Selain melakukan pertimbangan harga di pasaran, Anda sebaiknya juga perlu mengecek harga jual motor bekas yang ada di dealer motor. Hal itu dilakukan agar Anda dapat mengetahui apakah terdapat perbedaan yang mencolok antara harga di pasaran dan juga di dealer khusus motor. Dengan begitu, Anda nantinya dapat mempertimbangkan harga jual motornya dengan tepat dan sesuai.

3. Pertimbangkan Tahun Pembuatan Motor

harga-motor

Ini juga dapat menjadi salah satu pertimbangan Anda sebelum melakukan penjualan motor bekas. Tahun pembuatan motor juga dapat mempengaruhi dan menentukan harga jual beli motor bekas yang sesuai. Semakin lama tahun pembuatan motornya, biasanya harga jual yang didapat akan semakin murah. Akan tetapi, jika tahun pembuatan motor bekas tersebut masih tergolong baru, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan harga jual yang cukup besar. Tentu saja, hal ini akan cukup menguntungkan bagi Anda yang ingin menjual motor bekasnya.

4. Cek Kondisi Motor

harga-motor

Sebelum Anda melakukan penjualan motor bekas, sebaiknya Anda mengecek dahulu bagaimana kondisi motor yang akan dijual. Anda dapat mengecek kondisi performa mesin dan body dari motor tersebut. Selain itu, dapat dilihat pula dari jarak tempuh minimal, kondisi pemakaiannya, dan lain-lain. intinya, jika kondisi motor masih bagus maka harga jual motor bekas tersebut akan semakin tinggi dan mahal. Sebaliknya, jika kondisi motor tersebut tidak baik maka harga jualnya pun akan semakin rendah. Untuk itu, jika Anda ingin menjual motor sebaiknya cek terlebih dahulu kondisinya. Serta pastikan juga kondisi motor dalam keadaan baik agar nilai jualnya semakin tinggi.

5. Melihat Model Dan Jenis Motor

harga-motor

Model dan jenis dari motor bekas juga dapat mempengaruhi harga jualnya. Jika model motor yang akan dijual tidak begitu laku di pasaran, Anda akan mendapat harga jual motor bekas yang relatif murah. Mengapa? Karena biasanya untuk jenis motor yang tidak begitu laku mengalami penyusutan harga sebesar 30% per tahunnya. Sedangkan, jika Anda memiliki jenis motor yang laku di pasaran, Anda bisa mendapatkan harga jual yang cukup tinggi. Penyusutan harganya pun cukup rendah, yaitu sebesar 10% - 15%. Sehingga, harga jual motor bekas Anda nantinya akan cukup tinggi di pasaran. Hal ini tentunya akan sangat menguntungkan bagi Anda dalam melakukan penjualan motor bekas.