avatardisplay_general
DISITU
20 Oct 2018

Cara Menghindari Penipuan Berkedok Investasi Emas

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181020/10%20(2).jpg

Investasi emas ini banyak menjadi pilihan investasi yang dilakukan oleh banyak orang. Hal tersebut dikarenakan dengan investasi emas akan mengalami keuntungan yang banyak. Harga emas cenderung meningkat dari tahun ke tahunnya sehingga sangat menguntungkan, bukan? Tentunya iya. Namun, Anda harus berhati-hati ketika memilih tempat investasi emas sehingga investasi yang Anda berikan aman. Ada berbagai cara menghindari penipuan berkedok investasi emas, diantaranya:

1. Jangan Mudah Percaya

Harga Emas

Dalam memilih investasi harus bisa memilih jenis investasi yang dapat dipercaya. Apalagi investasi emas yang akan Anda lakukan harus berada di tempat yang terpercaya. Anda jangan mudah percaya dengan tawaran yang diberikan oleh pihak yang menawarkan investasi, ya. Kenali terlebih dahulu tempat investasi sebelum memutuskan untuk berinvestasi. Lalu jika tempat investasi tidak memiliki izin dari badan pengawas jangan pernah berani investasi di tempat tersebut.

2. Jangan Terjebak Dengan Janji-Janji Palsu

Harga Emas

Bagi Anda yang akan berinvestasi, jangan pernah menerima iming-iming yang tidak jelas. Biasanya ada yang menawari dengan keuntungan yang sangat besar jika berinvestasi dalam kurun waktu-waktu singkat. Anda tidak boleh percaya begitu saja dengan tawaran yang dilakukan oleh pihak lain. Karena bisa jadi penawaran itu hanya janji palsu.

3. Hindari Penawaran Yang Dilakukan Pemaksaan

Harga Emas

Cara menghindari penipuan berkedok investasi emas ini yaitu hindari penawaran yang dilakukan dengan pemaksaan. Hal tersebut akan menjadikan Anda terburu-buru dalam mengambil keputusan. Misalnya jika ada penawaran yang menawarkan investasi dengan nada mendesak dan membuat Anda buru-buru hingga tidak sempat mikir waktu panjang. Hal ini perlu diwaspadai dan Anda perlu menghindari penawaran tersebut. Karena jika tidak maka Anda akan menyesal dan mengalami kerugian.

4. Waspadai Investasi Dengan Kiat Bujuk Rayu

Harga Emas

Anda harus waspada dengan penawaran investasi yang dilakukan dengan kiat bujuk rayu. Karena hal tersebut akan membuat Anda tidak fokus dengan penawaran dan tergoda dengan penawaran tersebut. Biasanya penawaran ini dilakukan oleh orang terdekat Anda sehingga kemungkinan Anda akan tergoda dengan bujukannya. Namun, jika Anda sudah tahu bahwa hal tersebut mencurigakan maka segeralah menghindar dengan ajakan tersebut. Jangan mudah menerima bujukan rayuan yang diberikan oleh penawaran investasi penipuan semacam ini, ya.

 

Baca juga: Kredit Mobil Jenis Baru Yang Murah Dan Ekonomis

 

5. Waspadai Replikasi Dan Penguncian Dana

Harga Emas

Anda harus hati-hati dengan adanya perekrutan investor lain yang meminta untuk Anda juga agar mengajak temannya berinvestasi. Karena hal tersebut akan menjadikan kecurigaan akan investasi benar-benar dapat dipercaya atau tidak. Dikhawatirkan juga metode pencairannya sulit sehingga Anda akan sangat menyesal. Padahal tujuan Anda melakukan investasi biasanya untuk memenuhi kebutuhan yang tiba-tiba datang. Nah, jika tergoda dengan investasi tersebut membuat Anda mengalami kesulitan keuangan di masa mendatang.

6. Investasilah Di Perusahaan Yang Jelas

Harga Emas

Cara menghindari penipuan berkedok investasi emas selanjutnya yaitu Anda harus berinvestasi di tempat yang jelas. Tujuan visi misa yang ada di tempat investasi harus transparan dan jelas adanya. Selain itu juga Anda perlu berhati-hati jika ada tempat investasi yang tidak mau menunjukkan laporan keuangannya. Karena jika hal tersebut dilakukan oleh perusahaan tempat investasi maka lebih baik Anda jangan berinvestasi ke tempat tersebut.

7. Prinsip Investasi Harus Jelas

Harga Emas

Prinsip yang diterapkan oleh tempat investasi harus jelas dan berbanding lurus dengan resiko yang ditanggung. Sehingga investasi yang Anda lakukan juga sesuai dan tidak merugikan baik pihak investor maupun pihak yang lainnya. Investasi emas ini berkaitan dengan transaksi emas batangan dan biasanya penjualan emas batangan. Jadi dalam transaksi harus jelas prinsip atau akad mudharabah yang akan dibagikan kepada Anda dan diperoleh perusahaan investasi emas tersebut. Sehingga saling transparan hasil yang diperoleh atas investasi emas tersebut, ya.