avatardisplay_general
DISITU
12 Oct 2018

Cara Untuk Klaim Asuransi Mobil Kesayangan Anda

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181012/Cara%20Untuk%20Klaim%20Asuransi%20Mobil%20Kesayangan%20Anda.jpg

Asuransi merupakan salah satu produk finansial yang telah menjadi bagian dari kebutuhan sebagian orang. Asuransi sebagai langkah perlindungan dan antisipasi terhadap hal-hal yang tidak diinginkan yang dapat mengancam sesuatu yang diasuransikan tersebut. Namun, di samping perlindungan yang dijanjikan, nasabah asuransi diwajibkan membayar tagihan bulanan hingga periode tertentu agar dana asuransi dapat dicairkan.

Kendaraan pribadi seperti mobil merupakan salah satu barang yang perlu mendapatkan asuransi. Hal-hal tak terduga seperti kerusakan, kecelakaan dan lainnya bisa saja terjadi. Pada saat itu, ketika Anda tak memiliki cukup dana maka Anda bisa memanfaatkan dana asuransi yang telah disepakati. Cara ini dinamakan dengan klaim asuransi.

Nah, bagaimanakah cara untuk klaim asuransi mobil kesayangan Anda? Yuk simak selengkapnya berikut ini.

Membuat Laporan

Asuransi

Tahap pertama yang harus Anda lakukan ialah membuat laporan mengenai kejadian yang telah merugikan mobil kesayangan Anda. Misalnya kerusakan pada bagian mesin karena bawaan pabrik atau akibat kecelakaan.

Pada umumnya pihak asuransi menyediakan formulir khusus untuk klaim asuransi. Sertakan pula kronologi kejadian yang telah Anda alami secara jujur, terbuka dan tanpa ada yang diada-adakan. Lengkapi dengan foto-foto atau dokumentasi lainnya yang dapat memperkuat laporan Anda.

Laporan klaim asuransi ini diserahkan kepada perusahaan asuransi maksimal 3x24 jam sejak hari kejadian. Setelah melengkapi persyaratan yang ada, selanjutnya Anda tinggal menunggu konfirmasi dari perusahaan asuransi tersebut.

Melengkapi Dokumen

Asuransi

Tahap selanjutnya yang perlu Anda lakukan ialah melengkapi dokumen yang menjadi persyaratan dalam pengajuan klaim asuransi. Pada umumnya, dokumen tersebut meliputi:

  1. Formulir klaim asuransi

  2. Salinan polis asuransi

  3. Fotokopi KTP

  4. Fotokopi SIM

  5. Fotokopi STNK

  6. Bila kecelakaan, sertakan surat keterangan polisi

Masukkanlah seluruh dokumen ke dalam satu wadah dengan susunan yang rapi agar mudah diuraikan ketika ditanyakan oleh petugas dari perusahaan asuransi.

Memperbaiki Kerusakan Mobil di Bengkel Rekanan Asuransi

Asuransi

Setelah tahap pertama dan kedua Anda lakukan, maka Anda tinggal menunggu keputusan dari perusahaan asuransi. Biasanya mereka akan melakukan survei untuk membuktikan kebenaran dari laporan Anda. Jika realitanya sudah sesuai dengan laporan yang tertulis, maka selanjutnya perusahaan asuransi akan memberikan Surat Perintah Kerja atau SPK kepada Anda untuk memulai proses perbaikan.

Proses perbaikan mobil yang diasuransikan tidak bisa dilakukan di sembarang bengkel. Melainkan hanya melalui bengkel-bengkel yang sudah menjadi rekanan atau mitra dari perusahaan asuransi tersebut. Jika ada beberapa pilihan bengkel, maka pilihlah yang paling tepat dan berkredibilitas bagus.

Anda harus mencermati terlebih dahulu satu per satu bengkel yang ada dalam daftar bengkel rekanan perusahaan asuransi sebelum menentukan pilihan. Bila Anda masih bimbang, cobalah untuk bertanya pada nasabah lain yang sudah pernah klaim asuransi di perusahaan asuransi yang sama dengan Anda.

Tips Memilih Asuransi Mobil

Asuransi

Ada banyak perusahaan asuransi kendaraan yang beredar di Indonesia. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semuanya dapat dipercaya. Kadang ada yang justru berpotensi merugikan nasabahnya. Jadi jelilah dalam memilih.

Cermati setiap hal yang menentukan kredibilitas perusahaan asuransi tersebut. Konsultasikan pula pada orang-orang terdekat Anda yang telah berpengalaman dalam berurusan dengan perusahaan asuransi kendaraan. Khususnya untuk asuransi mobil kesayangan Anda.

Itulah langkah atau cara untuk klaim asuransi mobil kesayangan Anda. Cermati setiap langkah di atas sebelum Anda mengambil keputusan. Semoga Anda berhasil klaim asuransi!