avatardisplay_general
DISITU
11 Oct 2018

Cara Cek Tagihan Listrik PLN Online

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181011/Cek%20Dan%20Bayar%20Tagihan%20Listrik%20Anda%20Secara%20Online!.jpg

Listrik merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi setiap manusia, baik sebagai penerangan atau sebagai tanda atau sinyal. Selain itu listrik merupakan kebutuhan yang tak terlepas dari kegiatan manusia semua kegiatan yang manusia lakukan membutuhkan listrik untuk mempermudah kegiatan pengguna.

Listrik merupakan kebutuhan yang tak dapat diganggu gugat apabila mengalami pemadaman listrik tentunya akan merugikan banyak pihak. Karena listrik merupakan kebutuhan sehari hari maka perlu dilakukan penataan kembali agar tidak terjadi pemadaman bergilir.

PT PLN Persero adalah PT dimana yang menghandle kelistrikan Indonesia dari sabang hingga merauke. PT PLN bekerjasama dengan berbagai macam pihak untuk dapat dinikmati oleh berbagai kalangan masyarakat.

PT PLN menyalurkan listrik bukan untuk perusahaan saja namun untuk kebutuhan rumah tangga. Rata-rata konsumen PLN adalah masyarakat yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga.

PT PLN juga berencana untuk mengalirkan listrik ke daerah-daerah yang belum terjangkau dengan aliran listrik untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga. Selain itu untuk mengalirkan listrik tentunya bukan hal mudah, oleh karena itu untuk mengalirkan listrik PLN memiliki beberapa tahap bagaimana untuk mengalirkan tenaga listrik ke daerah-daerah tersebut.

Listrik secara periode selalu memiliki peningkatan setiap tahunnya, listrik secara tata pengelolaan juga perlu diperhatikan agar sesuai dengan apa yang menjadi kepentingan bersama. Perlu dilakukan cek listrik secara berkala agar tidak ada mengalami kendala agar listrik yang dialirkan tidak mengalami proses mati listrik bergilir. Jika mengalami kekurangan daya listrik, lakukan perubahan daya listrik agar tidak terjadi lagi mati listrik mendadak dan sebagian

Ada dua macam pemasangan listrik di rumah yaitu listrik prabayar dan listrik pascabayar dengan daya listrik sesuai kategori masing-masing. Jika merasa kekurangan daya listrik, dapat menghubungi pihak PLN untuk melakukan perubahan daya tersebut  

  • Listrik prabayar

    Listrik prabayar merupakan listrik dengan sistem pembayaran dengan pembelian pulsa atau token listrik. Dimana sistem pembayarannya sama dengan pembelian pulsa untuk pengguna telepon genggam. Sistem listrik ini memiliki daya listrik sesuai dengan kategori dan dapat melakukan perubahan daya setiap saat.

    Sebelum menggunakannya, harus membeli token listrik dan nominal nya dapat dilihat pada meteran listrik. Sebagai indikator pulsa akan habis akan berbunyi beep beep dan harus isi ulang token listrik untuk dapat menikmati kembali.

    Saat ini, banyak rumah tangga yang memutuskan untuk menggunakan fasilitas listrik ini. Sambungan listrik prabayar merupakan layanan listrik dari PLN dimana pelanggan bisa mengatur pemakaian token listrik sesuai dengan budget.

  • Listrik pascabayar

    Listrik pascabayar merupakan listrik dengan sistem pembayaran tagihan listrik bulan dimana besar tagihan sesuai dengan pemakaian. Sistem listrik pascabayar ini adalah sistem listrik pertama sebelum ada sistem listrik prabayar. Pembayaran tagihan listrik pascabayar dapat dilakukan secara online ataupun dapat langsung melalui loket pln. Sistem listrik pascabayar ini juga memiliki daya listrik sesuai dengan kategori dan dapat melakukan perubahan daya setiap saat.

Seiring dengan perkembangan teknologi, ada beberapa cara cek tagihan listrik pln online sehingga tidak perlu datang ke kantor PLN terdekat. Bagaimana caranya? Simak ulasan berikut ini.

Untuk Cek Tagihan Listrik Melalui Telepon

Untuk mengecek tagihan listrik PLN dapat menggunakan layanan telepon contact center PLN 123 merupakan salah satu cara untuk mengetahui tagihan listrik bulan dimana dengan menghubungi pihak PLN di nomor 123. Sedangkan untuk menghubungi PLN 123 melalui handphone maka formatnya adalah (kode area)123.

Contoh jika tinggal di Jakarta maka format nya adalah 021-123.

Setelah telepon tersambung dengan PLN 123, ikuti petunjuk yang diberikan oleh operator PLN 123 sampai petunjuk cek tagihan PLN. Layanan PLN 123 ini akan dikenakan tarif telepon normal dan dapat dilakukan dalam waktu 24 jam.

Untuk Cek Tagihan Listrik Melalui SMS

Untuk cek tagihan PLN yang paling sederhana adalah dengan menggunakan SMS, dimana layanan PLN tidak membutuhkan jaringan internet, tetapi layanan ini hanya tersedia untuk operator seluler Telkomsel, Indosat, T-Flexi, dan XL.

Untuk mengecek tagihan listrik bulan, dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini

  1. Kirim SMS ke nomor 8123 dengan format SMS adalah REK(spasi)No ID Pelanggan

  2. Untuk berlangganan SMS Otomatis, dengan kirim SMS ke nomor 8123 dengan format PLN(spasi)ON(spasi)No ID Pelanggan

  3. Untuk berhenti berlangganan, dengan kirim SMS ke nomor 8123 dengan format PLN(spasi)OFF(spasi)No ID Pelanggan

Layanan SMS ini tidak gratis, tetapi akan dikenakan biaya sebesar Rp 500 untuk setiap pesan yang dikirimkan ke handphone.

Untuk Cek Tagihan Listrik Melalui Website

Tagihan

Dapat langsung mengecek melalui situs resmi PLN atau melalui aplikasi yang disediakan oleh PLN. Selain melalui aplikasi ini pengguna dapat mendatangi ke kantor cabang PLN dimanapun wilayahnya untuk mengetahui tagihan yang harus anda bayarkan.

Situs resmi PLN yaitu www pln co id/info-rekening/tagihan.php menyediakan berbagai fitur yang menarik. Salah satu fitur yang digunakan untuk cek tagihan listrik dapat dilakukan secara online dengan cek online pln.

Untuk cek tagihan pln online pelanggan dapat melihat dengan cara buka website PLN di www pln co id lalu klik pilih menu informasi tagihan dan token listrik kemudian masukan ID Pelanggan. Tunggu beberapa saat hingga jumlah tagihan listrik, kemudian bayar tagihan listrik online dan status pembayaran tagihan listrik keluar.

Selain situs resmi PLN, masih ada situs lainnya di antaranya Cekbill.com, Ceebydith Online dan Sepulsa.

Cek dan Bayar Tagihan Listrik Melalui E-Banking

Tagihan

Internet banking atau e-banking merupakan suatu fasilitas yang disediakan oleh pihak bank bagi Anda yang ingin menggunakan fitur-fitur dalam akun bank Anda secara online. Pada umumnya untuk mendapatkannya, Anda harus mendaftarkan rekening bank Anda ke pihak bank dan memerlukan beberapa waktu yang biasanya satu minggu baru bisa digunakan.

Selanjutnya pilih menu informasi tagihan dan token listrik untuk cek tagihan listrik dan membayar tagihan listrik bulan an yang dilakukan secara online melalui gadget Anda.

Cek dan Bayar Tagihan Listrik Melalui Aplikasi

Tagihan

PLN saat ini memiliki salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengecek tagihan listrik yang dilakukan secara online, yang diberi nama aplikasi PLN Mobile. Berikut ini cara yang dilakukan melalui aplikasi PLN Mobile

  1. Download aplikasi PLN Mobile melalui Google Play untuk pengguna Android dan App Store untuk pengguna IOS

  2. Set up profile. Untuk pengguna baru, silahkan registrasi akun melalui menu ‘Daftar’ dan seluruh informasi data yang dibutuhkan. Untuk pengguna yang sudah terdaftar, silahkan login sesuai dengan akun yang terdaftar

  3. Pilih menu informasi tagihan dan token listrik kemudian masukan ID Pelanggan untuk cek tagihan pln

  4. Kemudian lakukan bayar tagihan listrik online

Selain aplikasi PLN Mobile, masih banyak aplikasi untuk cek informasi tagihan PLN Online sekaligus bayar tagihan listrik online. Biasanya aplikasi tersebut berbentuk marketplace atau e-commerce. Misalnya Bukalapak, Tokopedia, Ayopop.

Sebelumnya menggunakan aplikasi ini, wajib menjadi member dahulu sebagai salah satu syarat yang ada. Dengan akun yang terdaftar dapat cek tagihan listrik yang dilakuakan online dengan pilih menu informasi tagihan dan token listrik kemudian memasukan id pelanggan PLN

Pada beberapa aplikasi ini menyediakan promo tertentu untuk bayar tagihan listrik online yang bisa digunakan untuk mengurangi jumlah tagihan listrik PLN. Jadi, selain lebih mudah, pengeluaran bulanan Anda bisa sedikit berkurang melalui penggunaan aplikasi ini.

Itulah cara untuk mengecek tagihan listrik pln online. Langkah tersebut mudah dan praktis, sehingga dapat hemat waktu dan tenaga. Jika kesulitan untuk membayar tagihan listrik, DISITU akan membantu kebutuhan finansial.