avatardisplay_general
DISITU
14 Dec 2018

Cek Kurs Dollar Hari Ini, Ter-update untuk anda!

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181214/Banner/Cek Kurs Dollar Hari Ini Ter update untuk anda!.jpg

Nilai rupiah semakin terpuruk terhadap dollar. Kurs dollar hari ini terus menunjukkan trend melemah. Per 15 Agustus 2018 angkanya berada pada level Rp14.579 – Rp14.630 per dolar AS. Apa yang menyebabkan hal tersebut terjadi? Beberapa pakar keuangan menyebutkan salah satu penyebabnya adalah banyaknya kebijakan pemerintah yang mengarah pada pemenuhan kebutuhan yang bersifat impor. Melemahnya nilai tukar rupiah tersebut berimbas pada meningkatnya harga pangan di pasaran yang berasal dari produk impor. Merosotnya nilai mata uang lira milik Turki semakin memperburuk kondisi nilai tukar rupiah. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) juga ditutup dengan poin merosot.

kurs-dollar

Lalu upaya apa yang dilakukan oleh pemerintah melalui Menteri Keuangan dan Bank Indonesia di dalam negeri? Berikut ini beberapa langkah yang sudah dilakukan sejak tahun 2017 untuk menjaga Kurs dollar hari ini tetap stabil:

  1. Respons kebijakan suku bunga dilakukan secara preemptive dan front loading guna memperkuat serta menstabilkan kondisi nilai tukar rupiah. Hal tersebut juga dilakukan sebagai upaya agar tetap konsisten menjaga inflasi pada  kisaran 3,5% plus minus 1% pada tahun 2018-2019.

  2. Melanjutkan, memperkuat, serta mengoptimalkan upaya intervensi ganda (dual intervention) yang sudah dilakukan sejak 2013. Selain itu BI juga membeli Surat Berharga Negara (SBN) yang ada di pasar sekunder.

  3. terus menjaga agar likuiditas tercukupi, khususnya pada rupiah dan pasar swap antar bank. Selain itu bank sentral juga akan memastikan likuiditas perbankan yang cukup dan memenuhi kebutuhan likuiditas dari perbankan.

  4. Melakukan upaya komunikasi yang intensif dengan para pelaku pasar, perbankan, dunia usaha, serta ekonom guna membangun ekspektasi yang lebih rasional. Langkah ini dipandang dapat menghindari perkiraan nilai tukar rupiah yang kecenderungannya akan terlalu melemah.

  5. Pihak Kementerian Keuangan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan tentang bea masuk dumping serta pengamanan sementara produk impor yang diindikasi dumping. Caranya dilakukan dengan penerapan bea masuk pada awal dan baru dikembalikan lagi hingga Komisi Anti Dumping Indonesia telah menyelesaikan investigasi.

  6. Guna menjaga Kurs dollar hari  tetal stabil, pemerintah telah menerbitkan peraturan pemerintah tentang tidak adanya pemungutan pajak pertambahan nilai pada galangan kapal guna mengurangi impor kapal.

  7. Diberlakukannya insentif pajak untuk perusahaan asing yang telah berinvestasi di Indonesia, yakni bagi yang tidak mengirimkan dividen tahunan  100 persen kepada perusahaan induk di negara asalnya.

  8. Meningkatkan komponen dari bahan bakar nabati agar impor minyak serta bahan bakar minyak dapat dikurangi jumlahnya.

  9. Pemerintah telah memberikan tax allowance bagi perusahaan-perusahaan  yang minimal 30% dari produknya ditujukan untuk pasar ekspor.

 

Baca juga: 10 Tips Memilih Motor Second Agar Tidak Rugi

kurs-dollar

Rendahnya nilai tukar rupiah yang semakin hari semakin tajam memberikan dampak secara langsung terhadap daya beli masyarakat. Pelaku usaha banyak yang mengeluh dengan mahalnya biaya produksi dan harga jual yang harus ditetapkan. Kondisi ini juga memicu pemutusan hubungan kerja pada beberapa perusahaan. Imbas yang paling terasa dirasakan oleh masyarakat bawah. Sulitnya mencari pekerjaan, mahalnya harga-harga telah membuat kondisi ekonomi semakin lesu dari waktu ke waktu.

kurs-dollar

Daya beli masyarakat yang menurun telah membuat banyaknya perusahaan mengalami kerugian. Dalam kondisi ini mau tak mau pemerintah harus melakukan upaya dan langkah-langkah terobosan yang berani untuk mengatasi kurs dollar hari ini yang kian tinggi. Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah baru-baru ini adalah mengurangi pembangunan infrastruktur guna membantu menstabilkan nilai tukar rupiah terhadap dollar. Kondisi politik yang terus dinamis juga menjadi salah satu factor yang mempengaruhi iklim ekonomi di dalam negeri, semoga terus berdampak positif.