avatardisplay_general
DISITU
21 Mar 2019

Cek Kurs Dollar Hari Ini, Ter-update untuk anda!

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181214/Banner/Cek Kurs Dollar Hari Ini Ter update untuk anda!.jpg

Informasi Kurs Dollar Hari Ini

21 Maret 2019

KURS

Tengah

Jual

Beli

USD

14.142

14.496

13.788

EUR

16.166

16.570

15.762

GBP

18.693

19.160

18.226

JPY

128

131

125

MYR

3.487

3.574

3.400

SGD

10.504

10.767

10.241

HKD

1.802

1.847

1.757

CNY

2.112

2.165

2.059

SAR

3.770

3.864

3.676

AUD

10.132

10.385

9.879

Informasi Mengenai Kurs Dollar

Nilai tukar rupiah terhadap dollar amerika dapat menunjukan dalam tren melemah atau tren menguat dan perubahan kurs ini terjadi setiap hari. Setiap perubahan yang terjadi akan mempengaruhi mata uang asing karena saat ini pangsa pasar internasional menggunakan dollar amerika sebagai mata uang untuk transaksi yang terjadi. Menurut beberapa pakar keuangan menyebutkan salah satu penyebabnya adalah banyaknya kebijakan pemerintah yang mengarah pada pemenuhan kebutuhan yang bersifat impor. Melemahnya nilai tukar rupiah tersebut berimbas pada meningkatnya harga pangan di pasaran yang berasal dari produk impor.

kurs-dollar

Lalu upaya apa yang dilakukan oleh pemerintah melalui Menteri Keuangan dan Bank Indonesia di dalam negeri? 

Langkah Kebijakan Untuk Menjaga Kestabilan Kurs Dollar

  1. Respons kebijakan suku bunga dilakukan secara preemptive dan front loading guna memperkuat serta menstabilkan kondisi nilai tukar rupiah. Hal tersebut juga dilakukan sebagai upaya agar tetap konsisten menjaga inflasi pada  kisaran 3,5% plus minus 1% pada tahun 2018-2019.

  2. Melanjutkan, memperkuat, serta mengoptimalkan upaya intervensi ganda (dual intervention) yang sudah dilakukan sejak 2013. Selain itu BI juga membeli Surat Berharga Negara (SBN) yang ada di pasar sekunder.

  3. Terus menjaga agar likuiditas tercukupi, khususnya pada rupiah dan pasar swap antar bank. Selain itu bank sentral juga akan memastikan likuiditas perbankan yang cukup dan memenuhi kebutuhan likuiditas dari perbankan.

  4. Melakukan upaya komunikasi yang intensif dengan para pelaku pasar, perbankan, dunia usaha, serta ekonom guna membangun ekspektasi yang lebih rasional. Langkah ini dipandang dapat menghindari perkiraan nilai tukar rupiah yang kecenderungannya akan terlalu melemah.

  5. Pihak Kementerian Keuangan telah mengeluarkan Peraturan Menteri Keuangan tentang bea masuk dumping serta pengamanan sementara produk impor yang diindikasi dumping. Caranya dilakukan dengan penerapan bea masuk pada awal dan baru dikembalikan lagi hingga Komisi Anti Dumping Indonesia telah menyelesaikan investigasi.

  6. Guna menjaga Kurs dollar hari  tetap stabil, pemerintah telah menerbitkan peraturan pemerintah tentang tidak adanya pemungutan pajak pertambahan nilai pada galangan kapal guna mengurangi impor kapal.

  7. Diberlakukannya insentif pajak untuk perusahaan asing yang telah berinvestasi di Indonesia, yakni bagi yang tidak mengirimkan dividen tahunan  100 persen kepada perusahaan induk di negara asalnya.

  8. Meningkatkan komponen dari bahan bakar nabati agar impor minyak serta bahan bakar minyak dapat dikurangi jumlahnya.

  9. Pemerintah telah memberikan tax allowance bagi perusahaan-perusahaan  yang minimal 30% dari produk nya ditujukan untuk pasar ekspor.

Baca Juga : Harga Emas Hari Ini (Informasi Terupdate)

kurs-dollar

Dengan naiknya kurs dollar, maka biaya produksi pasti akan naik yang imbasnya harga barang jadi lebih mahal. Sementara konsumsi domestik masih stagnan, maka pengaruh ke profit ke pengusaha yang semakin rendah. Resiko berikutnya adalah beban pembayaran cicilan pinjaman dan bunga utang negeri pemerintah maupun korporasi makin besar. Resiko gagal bayar apalagi utang swasta yang belum dilindung nilai akan naik.

Rendahnya nilai tukar rupiah yang semakin tajam memberikan dampak secara langsung terhadap daya beli masyarakat dimana harga akan naik. Pelaku usaha banyak yang mengeluh dengan mahalnya biaya produksi dan harga jual yang harus ditetapkan. Kondisi ini juga memicu pemutusan hubungan kerja pada beberapa perusahaan. Imbas yang paling terasa dirasakan oleh masyarakat bawah. Sulitnya mencari pekerjaan, mahalnya harga-harga telah membuat kondisi ekonomi semakin lesu dari waktu ke waktu.

kurs-dollar

Daya beli masyarakat yang menurun telah membuat banyaknya perusahaan mengalami kerugian. Dalam kondisi ini mau tak mau pemerintah harus melakukan upaya dan langkah-langkah terobosan yang berani untuk mengatasi kurs dollar hari ini yang kian tinggi. Salah satu langkah yang dilakukan pemerintah baru-baru ini adalah mengurangi pembangunan infrastruktur guna membantu menstabilkan nilai tukar rupiah terhadap dollar. Kondisi politik yang terus dinamis juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi iklim ekonomi di dalam negeri, semoga terus berdampak positif.

Baca Juga : Cara Investasi Emas Yang Cocok Untuk Pemula

Pengaruh The Fed terhadap Kurs Dollar

Federal Reserve System (juga dikenal sebagai Federal Reserve atau disebut juga The Fed) adalah sebutan untuk Bank Sentral Amerika. Berdiri pada tahun 1913 berdasar Undang-undang Federal Reserve, dimana di dalamnya terdapat sistem perbankan yudisial (setengah swasta dan setengah lagi pemerintah) yang didukung pejabat kepresidenan melalui Dewan Gubernur FED di Washington, D.C. Terdapat 12 kantor perwakilan Fed yang tersebar di kota-kota utama yang merupakan agen fiskal di Amerika Serikat (AS), yang masing-masing kantor perwakilan terdapat 9 anggota Dewan FOMC juga merupakan sebuah pertemuan terbesar pejabat Fed, yang di dalam pertemuan tersebut juga melaporkan posisi keuangan Fed.

Tiga Alat Utama Untuk Kebijakan Monetor

1. Operasi Pasar Terbuka

Seperti Bank Indonesia (BI) di Indonesia, The Fed sering membeli maupun menjual surat utang negara di pasar finansial. Dengan cara ini, The Fed ingin mengendalikan jumlah dana di sistem perbankan.

2. Penentuan Bunga Diskonto atau Discount Rate

The Fed juga melakukan kebijakan moneter melalui penentuan bunga diskonto atau discount rate. Ini adalah bunga yang dikenakan kepada bank-bank yang meminjam dana jangka pendek dari The Fed. Discount rate ini sangat penting karena memberikan petunjuk tentang arah kebijakan moneter The Fed.

3. Persyaratan Cadangan

Persyaratan cadangan adalah dasar dari semua alat The Fed. The Fed menggunakannya untuk mengendalikan likuiditas dalam sistem keuangan. Ketika Fed mengurangi persyaratan cadangan, maka akan menerapkan kebijakan moneter ekspansif dan akan menciptakan lebih banyak uang di sistem perbankan. Ketika Fed menaikkan persyaratan cadangan, maka akan menjalankan kebijakan kontraksi dan mengurangi likuiditas serta memperlambat aktivitas ekonomi.

Keputusan The Fed untuk menaikkan bunga akan sangat berpengaruh terhadap pasar. Ketika suku bunga di AS naik, maka investasi di Negeri Paman Sam tentu akan semakin menarik. Tingkat suku bunga acuan di Amerika Serikat adalah salah satu faktor utama penentu jumlah permintaan terhadap dolar AS. Sesuai dengan hukum dasar ekonomi, jumlah permintaan terhadap suatu barang, termasuk mata uang, akan menentukan harganya. Sebagai mata uang internasional, harga dolar AS diukur dengan nilai tukarnya terhadap mata uang lain yang menjadikannya acuan, termasuk rupiah.