avatardisplay_general
DISITU
25 Dec 2018

Cek Pajak Kendaraan di Samsat secara Online Sekarang

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181225/Banner/Cek Pajak Kendaraan di Samsat secara Online Sekarang.jpg

Setiap pemilik kendaraan bermotor di Indonesia harus membayar pajak kendaraan mereka sebagai salah satu syarat kepemilikan. Bila tidak membayar pajak kendaraan, kendaraan anda belum sah untuk digunakan di jalan raya. Meskipun pemerintah terus menerus melakukan sosialisasi wajib pajak kendaraan bermotor, namun kenyataannya masih banyak orang yang belum mengetahui tentang kegunaan pajak tersebut. Berikut ini adalah penjelasan lengkap tentang pajak kendaraan bermotor.

Mengenal pajak kendaraan bermotor (PKB)

samsat

Pajak kendaraan bermotor adalah pajak yang ditujukan oleh kendaraan bermotor dan gandengannya yang digunakan di semua jenis jalan darat dan digerakkan oleh mesin atau motor. Selain mobil dan motor, jenis kendaraan lain yang juga dikenai pajak adalah alat berat dna alat besar yang dalam menggunakan motor dan roda sebagai operasinya dan tidak melekat secara permanen. Selain itu kendaraan bermotor yang dioperasikan  juga dikenakan pajak.

Besaran pajak kendaraan bermotor berbeda dari setiap jenisnya yang ditetapkan berdasarkan nilai jual kendaraan bermotor dan bobot yang mencerminyak tingkat kerusakan jalan serta pencemaran lingkungan secara relatif yang diakibatkan oleh penggunaan kendaraan tersebut. Secara keseluruhan pemerintah menetapkan besaran pajak untuk kendaraan motor dengan kepemilikan pribadi sebesar 2%, kepemilikan badan tarif pajak sebesar 2%, angkutan umum, ambulan, mobil pemadam kebakaran, dan mobil jenazah sebesar 0,50%. Sedangkan untuk kendaraan bermotor milik pemerintah pusat, daerah, TNI/polri ditetapkan sebesar 0,50%. Untuk kendaraan alat berat dan alat besar dikenakan pajak sebesar 0,20%.

Jenis Pajak kendaraan bermotor

samsat

Pajak kendaraan bermotor secara umum dibagi menjadi dua jenis yaitu pajak tahunan dan pajak lima tahunan.

  • Pajak tahunan – pajak tahunan adalah pajak untuk pengesahan STNK yang dilakukan per tahun. Pajak jeni ini kini sudah bisa dibayarkan secara online untuk mempermudah masyarakat.

  • Pajak lima tahunan – pajak lima tahunan adalah pajak yang digunakan untuk penggantian STNK dan juga digunakan untuk penggantian plat kendaraan. Untuk pajak lima tahunan tidak bisa dilakukan secara online karena ada pemeriksaan fisik kendaraan oleh petugas yang berwenang.

 

Baca juga: Simulasi Kredit Motor Yamaha Jakarta Beserta Syaratnya

 

Cara pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor

samsat

Membayar pajak kendaraan bagi beberapa orang adalah momok karena bayangan prosedur yang rumit dan proses yang panjang. Namun, sekarang membayar pajak kendaraan bisa dilakukan dengan mudah yaitu melalui online. Selain pembayaran, sistem e-samsat online ini juga bisa digunakan untuk cek pajak kendaraan. Berikut ini beberapa cara membayar pajak kendaraan melalui situs online e-samsat.

  • Langkah pertama adalah buka website e-samsat yang tersedia disetiap provinsi. Pilih provinsi yang sesuai dengan plat nomor kendaraan. Selain itu, e-samsat tidak bisa digunakan untuk lintas provinsi.

  • Setelah itu, isi data kendaraan pada formulir yang sudah disediakan di website. Jangan sampai salah mengisi data kendaraan karena nanti informasi kendaraan anda tidak akan muncul. Setelah mengisi data kendaraan dan captcha, klik tombol ‘cari’.

  • Data kendaraan beserta informasi pajak yang perlu dibayar kemudian akan muncul di halaman situs. Teliti kembali data yang sudah dimasukkan sebelum memproses pada pembayaran.

  • Sebelum melakukan pembayaran, anda bisa memilih kota tempat pengambilan nota pajak onlie. Anda bisa memilih kota dan samsat terdekat dengan domisi agar lebih mudah dalam pengambilan. Kemudian pilih bank, layanan, dan kode bayar.

  • Selanjutnya anda bisa memproses pembayaran secara online melalui ATM atau M-banking dan simpang bukti print out pembayarannya.

Setelah menerima bukti pembayaran, sebaiknya anda segera melakukan penukaran nota pajak karena untuk sistem online hanya dibatasi 7 hari sejak menerika print out. Dengan adanya sistem pembayaran pajak secara online, sekarang tidak perlu lagi antri lama atau menggunakan jasa calo karena semua bisa dilakukan secara mandiri.