avatardisplay_general
DISITU
02 May 2018

Coba!Sisihkan 5 Ribu Bikin Kamu Tenang di Tanggal Tua

https://disituapi.azureedge.net/artikel/755 Penting Sisihkan Rp5000 Tiap Hari Bisa Bikin.jpg

Banyak yang percaya hidup itu mesti seimbang. Jangan melulu kerja hingga lupa bagaimana bersenang-senang. Atau sebaliknya jangan keseringan senang-senang sampai lupa kalau punya tanggung jawab sama bos di kantor. Intinya, ada waktu buat kerja, ada waktu juga buat “main” atau bahasa populernya disebut sebagai “Work hard, play hard”.

Namun, giliran ada waktu buat play hard, ada saja kendalanya. Apalagi kalau sudah dekat tanggal-tanggal tua alias masa-masa uang lagi cekak, pasti di antara kalian ada yang pernah berada di situasi ini. Dan tahu apa? Ini jadi alasan banyak orang yang kadang-kadang demi gengsi bilangnya “Sorry, lagi sibuk nih. Kerjaan lagi padet.” Padahal sebenarnya, kantong saat itu lagi tiris.

Nah, biar senang-senangnya akhirnya kesampaian dan tidak di-cancel terus gara-gara tidak punya uang, cobalah mulai waktu gajian nanti sisihkan Rp5.000 tiap hari. Kenapa Rp5.000? Mengapa tidak Rp10.000? Ya, kalau buat yang kecil-kecil saja belum sanggup, apalagi buat yang besar-besar. Lalu, bagaimana bisa senang-senang dengan cuma kumpulin Rp5.000 tiap hari? Bisa kok, begini caranya.

1. Nonton Film Baru Dua Minggu Sekali

Ini keajaiban pertama dari Rp5.000 kalau tiap hari dikumpulkan. Bagi yang suka film apalagi film baru, kumpulkan Rp5.000 selama 30 hari yang diambil dari gaji yang disetor ke rekening tiap bulan niscaya bisa nonton film-film baru di bioskop dua minggu sekali.

FYI, tiket yang dijual di bioskop-bioskop bervariasi harganya. Entah itu XXI, 21, ataupun CGV punya harga yang tak sama ternyata di beda-beda wilayah. Ambil contoh XXI, di Citraland harga tiket paling murah XXI Rp30.000. Beda di Cijantung, cukup bayar Rp25.000 sudah bisa nonton di XXI.

Daripada bingung, mending pukul rata saja. Katakan harga rata-rata nonton di bioskop Rp40.000. Maka hitung-hitunganya, Rp40.000 : Rp5.000 = 8 hari atau digenapi saja jadi 2 minggu. Itu berarti dalam sebulan bisa 2X nonton film-film baru di bioskop.

2. Bosan ke Bioskop, Main Bowling Saja

Sedikit variasi, main bowling dapat jadi pilihan daripada nonton di bioskop. Pastinya mau kan sesekali merasakan asyiknya main gelinding bola dan sukses merubuhkan pin-pin yang berdiri berjejer? Apalagi main bowling, biayanya tidak mahal-mahal amat.

Tarif main bowling per game mulai dari Rp20.000-Rp40.000. Misalnya, Rp5.000 disisihkan selama seminggu. Dalam sebulan, bisa main boling satu kali seminggu. Oh, iya umumnya ada biaya sewa sepatu di arena bowling. Cukup mengeluarkan Rp5.000-Rp10.000, sudah bisa sewa sepatu kok.

3. Basah-Basahan Fun di Snowbay

Siapa sih yang tak suka basah-basahan fun di waterpark? Menceburkan diri ke air terus meluncur di atas perosotan hingga terhempas ke kolam air. Membayangkannya saja sudah ingin, apalagi benar-benar jadi kenyataan. Bakalan seru dan ketawa-ketawa pastinya.

Di Jakarta, ada tiga waterpark nih yang bisa dikunjungin. Di banding Atlantis dan Waterbom PIK, Snowbay masih lebih baik untuk soal harga. Dengan modal Rp85.000-Rp100.000, kesenangan basah-basahan di kolam air bukan lagi sekadar angan. Jadi, Rp100.000 : Rp5.000 = 20 hari. Itu berarti tiap akhir bulan ke waterpark bisa jadi pilihan untuk bersenang-senang nih.

4. Pesta Barbeque Bareng Teman Sambil Kongko

Suka kongko bahas ini itu teman-teman sambil barbeque-an? Bisa nih malah cukup dengan menyisihkan Rp5.000 tiap harinya. Dihitung-hitung, panggangan yang dibeli online harganya Rp140.000, harga arang Rp5.000.

Terus bahan-bahannya tiga macam saja: ayam per ekor Rp35.000, daging sapi 2 kg Rp160.000, dan sosis per kg Rp70.000. Ditambah bumbu barbeque per kg Rp40.000, saus per botol Rp10.000, kecap per botol Rp25.000, mentega Rp20.000, dan paprika Rp10.000, dan minuman softdrink Rp70.000.

Ditotal, semuanya Rp585.000. Dengan patungan dana bersama 4-5 teman, bakar-bakaran barbeque jadi keseruan bersama teman-teman habis gajian. Bagaimana? Tertarik barbeque party.

5. Bersama Berdua di Bintaro Xchange

Mengagendakan waktu dua pekan sekali bersama pasangan, tapi lagi bingung mau jalan ke mana? Bagi yang tinggal di sekitar Bintaro, mengunjungi Bintaro Xchange boleh jadi pilihan buat yang mau menikmati kebersamaan dengan keluarga ataupun pasangan. Atau yang lagi mau berpergian jauh bersama pasangan, bisa nih Bintaro Xchange jadi destinasi untuk berduaan.

Menyediakan lapangan hijau yang luas sebagai area berkumpul bersama ditambah dengan lampu-lampu taman, membuat suasana serasa romantis menjelang sunset. Dan kadang kala sajian live music membawa suasana berubah semarak di malam hari. Soal makanan dan minuman, tak perlu khawatir. Dengan mengeluarkan uang Rp70.000, tak ada yang namanya pacaran kelaparan dan kehausan.

Atur Saja Dimulai dari yang Disukai Dulu dan Selalu Disiplin Menyisihkan

Bingung mau yang mana dulu senangnya? Coba pikir-pikir mana yang enaknya dilakuin lebih dulu. Sebagai saran, pilih saja yang bisa terealisasi dalam waktu dekat. Paling mungkin di antara kelima pilihan di atas ya main bowling dan selanjutnya nonton film-film baru di bioskop.

Ya, ini balik lagi ke selera masing-masing. Mana yang disuka, ya dahuluin saja. Paling penting dari semuanya, selalu disiplin dalam menyisihkan Rp5.000 tiap harinya. Bila perlu ambil keputusan, mengumpulkan Rp5.000 tiap hari tak bisa diganggu gugat apa pun alasannya.

Wirausaha-Sukses