avatardisplay_general
DISITU
27 Oct 2018

Contoh Simulasi Kredit Motor Amanah Pegadaian

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201810/181027/Contoh%20Simulasi%20Kredit%20Motor%20Amanah%20Pegadaian.jpg

Kredit motor kini memang telah menjadi hal yang tidak asing di kalangan masyarakat. Bahkan, seiring berjalannya waktu, semakin banyak pula kemudahan yang diberikan untuk mengajukan kredit motor. Bahkan, kini semakin banyak pula jasa yang menawarkan diri sebagai jasa pembiayaan kredit motor, termasuk juga kredit motor melalui program amanah di pegadaian. Namun sebelumnya Anda perlu mengetahui terlebih dahulu langkah pengajuan dan simulasi kredit motor amanah pegadaian.

Langkah Yang Bisa Dilakukan Saat Kredit Motor

Kredit motor melalui pegadaian mungkin masih terdengar asing di telinga sebagian masyarakat. Inilah beberapa langkah yang perlu dilakukan untuk mengajukan kredit motor melalui program amanah di pegadaian.

1. Datang Ke Outlet Pegadaian

Simulasi

Tentu saja pertama kali Anda perlu mendatangi outlet pegadaian terdekat. Anda juga tidak perlu jauh-jauh pergi ke outlet pegadaian tertentu karena program ini diselenggarakan di seluruh cabangnya. Disana Anda dapat memastikan persyaratan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk pengajuan kredit.

2. Memenuhi Persyaratan Yang Ditentukan

Simulasi

Tentu saja Anda perlu memenuhi berbagai persyaratan yang diberikan oleh pegadaian. Inilah beberapa syarat penting untuk mengajukan kredit motor melalui program amanah pegadaian.

  • Fotokopi Kartu Identitas. Anda perlu mencantumkan beberapa kartu identitas seperti KTP, SIM, atau yang lainnya. Dokumen ini untuk memastikan bahwa Anda memang warga negara Indonesia.

  • Fotokopi Kartu Keluarga. Kartu keluarga dibutuhkan untuk mengetahui jumlah tanggungan di dalam satu keluarga tersebut.

  • Fotokopi SK Pegawai/Karyawan Tetap. Dokumen ini juga diperlukan untuk memastikan bahwa Anda memang telah memiliki pekerjaan tetap sehingga ada gaji per bulan yang diterima.

  • Rekomendasi Dari Atasan. Dokumen ini biasanya hanya digunakan untuk karyawan tetap agar pengajuan kredit dapat segera dicairkan.

  • Slip Gaji Selama 2 Bulan Terakhir. Slip gaji digunakan untuk memastikan besaran gaji yang diterima oleh calon pemohon kredit setiap bulannya.

3. Mengisi Formulir Amanah

Simulasi

Setelah Anda memenuhi beberapa persyaratan tersebut, tentu saja perlu mengisi formulir yang telah disediakan. Formulir tersebut digunakan sebagai dokumen pelengkap dalam pengajuan kredit.

4. Membayar Uang Muka

Simulasi

Setelah pengajuan kredit Anda diterima, maka perlu segera membayarkan uang muka yang ditentukan. Besarnya uang muka yang perlu dibayarkan dalam kredit motor amanah pegadaian ini minimal adalah 20% dari total seluruh pembiayaan.

5. Menandatangani Akad

Simulasi

Akad ini sifatnya sebagai dokumen resmi yang memiliki kekuatan di hadapan hukum. Tujuannya adalah untuk mengantisipasi jika di kemudian hari terdapat kesalahpahaman diantara kedua belah pihak.

Simulasi Kredit Motor Amanah Pegadaian

Selanjutnya, Anda dapat mencoba simulasi kredit motor amanah pegadaian untuk memperkirakan biaya cicilan maupun uang muka yang harus dipersiapkan.

  • Tenor 12 Bulan. Misalnya Anda akan membeli motor seharga Rp 20.000.000, maka uang muka yang perlu dibayarkan adalah Rp 4.000.000. Sedangkan biaya angsuran yang dibayarkan setiap bulannya adalah Rp 1.800.000.

  • Tenor 24 Bulan. Untuk motor seharga Rp 20.000.000, maka uang muka yang dibayarkan Rp 4.000.000 dengan angsuran per bulan Rp 900.000.

  • Tenor 36 Bulan. Jika Anda ingin membeli motor seharga Rp 20.000.000 dalam jangka waktu 36 bulan, maka kisaran angsuran per bulan adalah Rp 600.000.

Perhitungan simulasi tersebut sifatnya tidak mengikat atau fleksibel. Jadi, kisaran harga tersebut memang dapat berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kesepakatan dan kebijakan dari pegadaian. Apakah Anda sudah cukup memahami tentang langkah pengajuan kredit dan simulasi kredit motor amanah di pegadaian? Bagi Anda yang ingin mengajukan pembiayaan kredit motor, juga dapat melalui DISITU.COM. Anda akan mendapatkan berbagai kemudahan untuk mengajukan pembiayaan kredit berbagai motor sesuai keinginan.