24 May 2018 00:00

Dana Pinjaman Online,7 Trik Langkah Mudah Mendapatkannya !

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/Artikel%20Mei/Artikel%20180524/866 Dana Pinjaman Online 7 Trik Langkah Mudah Mendapatkannya.jpg

Disruptive era sudah tiba. Di masa ini, semua hal telah beralih ke dunia internet. Termasuk pula transaksi perbankan. Transaksi debit-kredit yang biasa dilakukan secara konvensional, kini dapat diakses secara online. Situs-situs perbankan online pun bermunculan. Situs ini menawarkan berbagai jenis transaksi. Mulai dari dana pinjaman, leasing, hingga pegadaian. Masalahnya, banyak di antara situs perbankan online yang melakukan tindak kriminal. Kasus-kasus yang biasa terjadi seperti pencurian identitas, penipuan, hingga pembobolan ATM. Supaya terhindar dari hal tersebut, kamu perlu melakukan langkah-langkah agar transaksi online-mu berjalan dengan aman.

Saat ekonomi terhimpit, situs perbankan online menjadi salah satu solusi yang dapat dipertimbangkan. Kamu bisa mengajukan dana pinjaman dengan lebih mudah. Tapi sebelum itu, pastikan kamu melakukan langkah-langkah aman berikut :

1. Memilih Situs Kredit Online

Saat kamu memasukkan kata kunci “situs kredit online” di Google, kamu akan menemukan sangat banyak situs. Carilah situs-situs yang menawarkan kebutuhanmu. Ada banyak jenis situs kredit online, mulai dari situs kredit cepat harian hingga yang berjangka panjang. Pertimbangkan dana pinjaman yang kamu butuhkan, lalu pilihlah situs dengan layanan yang sesuai.

2. Memahami Mekanisme Dan Prosedur Kredit Online

Setelah memilih sebuah situs, kini pahamilah mekanisme dan prosedur kredit di situs tersebut. Ketahuilah persyaratan peminjaman serta berkas-berkas yang harus disertakan. Ketahui juga batas uang pinjaman yang dapat diberikan. Supaya lebih aman, cek juga mekanisme dan prosedur di situs kebanyakan. Hal tersebut berguna untuk membandingkan kenormalan transaksi dari situs yang kamu pilih.

3. Cek Legalitas Situs Kredit

Legalitas adalah hal yang penting. Situs juga sebuah instansi. Meskipun tidak diketahui fisiknya, situs kredit online harus memiliki legalitas dan izin resmi pemerintah. Situs kredit online resmi patut memiliki badan hukum, sekretariat formal, dan AD/ART. Jika telah memilikinya, situs kredit online harus mempublikasikannya. Supaya jika terjadi pelanggaran, korban tahu kemana dan kepada siapa harus menuntut.

4. Cari Tahu Track Record Situs Kredit

Sebagian dari situs kredit online Indonesia masih belum mendapat legalitas dari pemerintah. Mencari uang pinjaman di situs semacam itu termasuk riskan. Tapi bukan berarti kamu harus serta-merta menolak bertransaksi dengan situs tersebut. Jika situs kredit online yang kamu pilih belum menerima izin formal, kamu bisa mengecek riwayat transaksi situs tersebut. Entah dari testimoni, forum internet, hingga bertanya ke temanmu yang pernah meminjam dana di situs tersebut.

5. Jika Ada, Lihat Laporan Keuangannya

Dalam peraturan perundang-undangan di Indonesia, setiap instansi wajib memiliki laporan keuangan. Bahkan untuk instansi besar, Indonesia mewajibkannya melakukan publikasi laporan keuangan. Untuk situs perbankan online, laporan keuangan memiliki kedudukan yang sama pentingnya. Laporan keuangan dapat digunakan untuk memonitor bagaimana kondisi finansial situs, Dialokasikan untuk apa saja dana yang dihimpun. Hingga berapa profit situs atas bunga pinjaman yang diambil. Situs perbankan online yang mampu menyediakan laporan keuangan berarti layak dipercaya.

6. Ketahui Dengan Jelas Identitas Asli Kreditur

Jika situs perbankan online tidak memiliki tiga poin di atas, solusinya adalah: ketahui benar identitas asli pemilik situs. Sebelum deal melakukan transaksi, minta pemilik situs (atau setidaknya, admin yang melayani) menunjukkan identitasnya. Tidak perlu jauh-jauh. Cukup nama dan alamat sesuai KTP, serta nomor telpon yang dapat dihubungi. Supaya lebih meyakinkan, minta pemilik/admin menunjukkan KTP aslinya. Ajak mereka berkomunikasi face to face melalui video call.

7. Jaga Privasi Sebaik Mungkin

Tips terakhir namun tidak kalah penting. Jaga agar privasimu tetap rahasia. Kamu mungkin akan diminta memberikan banyak berkas, termasuk identitas pribadimu di KTP. Tapi pastikan situs tidak menerima informasi pribadi yang dapat merugikanmu. Seperti pin ATM atau password akun tertentu.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu