avatardisplay_general
DISITU
27 Feb 2019

Dapatkah Melakukan Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit?

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201902/190227/Banner/Dapatkah Melakukan Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit,.jpg

Pernahkah Anda berada pada situasi membutuhkan dana dalam keadaan mendesak? Misalnya ada anggota keluarga yang sakit keras dan harus di operasi, sementara tidak punya tabungan untuk hal itu. Saat situasi darurat seperti ini pilihan satu satunya ada mengajukan pinjaman KTA ke bank. Namun, biasanya pengajuan pinjaman di bank mengharuskan peminjam memiliki kartu kredit. Lalu, dapatkah melakukan pinjaman KTA tanpa kartu kredit?

Prosedur Pinjaman KTA Tanpa Kartu Kredit

Kartu-Kredit

Nah, Anda tidak perlu khawatir saat ini telah banyak Bank yang menyediakan layanan pinjaman kredit tanpa agunan dan kartu kredit. Dengan tidak adanya persyaratan agunan dan kartu kredit, pihak bank menetapkan syarat lain sebagai gantinya,  misalnya mahalnya bunga pinjaman. Adapun prosedur pinjaman KTA tanpa kartu kredit ini adalah sebagai berikut:

1. Lengkapi Data Identitas Diri

Tanpa-Agunan

Adapun beberapa persyaratan yang perlu dipersiapkan sebelum mengajukan pinjaman umumnya antara lain fotokopi KTP, fotokopi kartu kredit, fotokopi NPWP dan lain lain. Selain itu agar dapat mengajukan pinjaman KTA tanpa kartu kredit, hal pertama yang harus dilakukan adalah melengkapi data diri sesuai dengan keadaan yang sebenarnya.

Biasanya ditetapkan calon peminjam yang diperbolehkan minimal usia 21 tahun dan maksimal 65 tahun.  Dengan kata lain ketika usia peminjam 65 tahun, itulah batas akhir pinjaman harus dikembalikan.

2. Riwayat Kredit Terdahulu Lancar

Pinjaman

Sebelum Anda dapat mengajukan pinjaman, pihak bank akan memeriksa riwayat cicilan kredit sebelumnya melalui identitas yang anda berikan. Jika riwayat cicilan kredit sebelumnya lancar, maka pihak Bank akan menyetujui pengajuan Anda.  Sebaliknya jika riwayat kredit terdahulu ada masalah, prosesnya akan lebih rumit.

3. Punya Penghasilan Tetap

KTA

Sebelum mengajukan pinjaman, pastikan Anda memiliki pekerjaan tetap. Jika tidak memiliki pekerjaan tetap, pihak Bank tidak akan menyetujui pengajuan pinjaman Anda. Biasanya, pihak Bank menetapkan batas minimum penghasilan peminjam yang diperbolehkan mengajukan pinjaman. Pada umumnya pihak bank akan menetapkan persyaratan batas minimum penghasilan yang diperbolehkan adalah mulai dari Rp. 2,5 juta per bulan.

Terdapat beberapa jenis pekerjaan yang dianggap sulit mendapatkan pinjaman di Bank.  Antara lain pekerja seni, dimana penghasilannya tidak tetap dan sensitif dengan selera konsumen. Hak inilah yang dapat menjadi faktor yang menyebabkan pengajuan pinjaman dapat ditolak.

 

Baca juga: Kredit Mobil Baru Semakin Mudah Dengan Cara Berikut Ini

 

4. Riwayat Hutang

Kredit

Ketika melakukan pinjaman KTA,  peminjam tidak diperbolehkan jika memiliki hutang lebih dari 30% dari penghasilan per bulan. Jika jumlah hutang lebih besar dari jumlah yang ditetapkan bank, maka pengajuan pinjaman otomatis akan ditolak. Tentunya,  pihak Bank akan meragukan bahwa calon peminjam dapat mengembalikan pinjaman sesuai dengan batas waktu yang diberikan.

Riwayat pembayaran hutang peminjam di bank maupun lembaga keuangan lainnya tercatat dalam database Bank Indonesia. Saat peminjam melakukan pinjaman berikutnya, pihak bank akan memverifikasi riwayat pembayaran hutang terdahulu. Jika riwayat buruk maka pengajuan pinjaman akan langsung ditolak.

5. Tahap Verifikasi

Tanpa-Agunan

Tahap akhir dalam mengajukan pinjaman adalah proses verifikasi. Untuk proses verifikasi pihak bank akan meminta nomor telepon calon peminjam serta nomor telepon kerabat terdekat. Adapun tujuannya adalah agar pihak bank dapat menghubungi calon peminjam untuk proses verifikasi dan survey nantinya. Setelah verifikasi dan survey, barulah pihak bank akan menyetujui pengajuan pinjaman.

Itulah beberapa prosedur pinjaman KTA tanpa kartu kredit yang dapat menjadi alternatif untuk Anda ketika dalam situasi darurat. Semakin tinggi tingkat kebutuhan,  membuat orang lupa menyisihkan dana untuk keperluan darurat. Namun tidak perlu khawatir, semoga uraian di atas dapat menjadi solusi yang tepat.