avatardisplay_general
DISITU
26 Dec 2018

FIF Astra, Pembiayaan Konvensional Dan Syariah

https://disituapi.azureedge.net/ARTIKELIMAGE/201812/181226/Banner/FIF Astra, Pembiayaan Konvensional Dan Syariah.jpg

Bagi Anda yang pernah atau sedang mengambil kredit motor, pasti tidak asing dengan FIF Astra. Perusahaan yang bernama lengkap PT Federal International Finance ini merupakan perusahaan kepemilikan dari Astra. Pada awalnya FIF fokus pada pembiayaan sepeda motor Honda baik dengan sistem konvensional maupun Syariah. Kini FIF Astra telah merambah ke pembiayaan sepeda motor bekas dan SPEKTRA yang meliputi kredit barang konsumsi umum seperti peralatan rumah tangga dan alat elektronik.

pembiayaan

Dalam menjalankan programnya, FIF memberlakukan EHS dan CSR. EHS yaitu Environment, Health dan Safety atau lingkungan, kesehatan kerja dan keselamatan. Sementara CSR yaitu Corporate Social Responsibility atau tanggung jawab sosial terhadap lingkungan.

Nah, bagi Anda yang tertarik dengan program pembiayaan dari FIF Astra ini, simak terlebih dahulu ulasan menarik berikut ini.

FIF Konvensional

pembiayaan

Kredit motor melalui FIF Konvensional pada umumnya tersedia di dealer-dealer motor terdekat. FIF Konvensional jelas menerapkan bunga yang cukup besar dalam pembiayaan sepeda motor. Ada denda atau sanksi yang dikenakan bila telat dalam membayar angsuran per bulannya. Salah satunya, motor kredit tersebut akan ditarik kembali oleh dealer terkait.

Persyaratan untuk mengajukan kredit motor dengan FIF konvensional ini antara lain:

Persiapkan dokumen berupa fotokopi kartu tanda penduduk atau KTP, fotokopi kartu keluarga, lampiran tagihan rekening listrik atau telepon dalam tiga bulan terakhir dan dokumen pendukung seperti fotokopi surat keterangan bekerja, slip gaji dan sebagainya.

Datanglah ke dealer tepercaya dengan membawa berkas-berkas tersebut. Kemudian pilihlah merek dan tipe sepeda motor yang diinginkan. Cek dan cermati harganya. Begitu juga dengan peraturan yang ada di dalamnya. Tersedia berbagai pilihan harga yang disesuaikan dengan jumlah bulan kredit. Semakin lama tenggang waktunya, maka semakin besar jumlah kredit yang harus dilunasi.

Perlu Anda ketahui bahwa kredit motor FIF konvensional ini harus menyertakan Duit Pertama atau DP yang jumlahnya bervariasi, tergantung jumlah bulan kredit yang akan diambil. Semakin besar DP yang Anda berikan maka jumlah angsuran per bulannya bisa semakin ringan.

FIF Syariah

pembiayaan

FIF Syariah ini mulai dikenal melalui brand AMITRA. Sistem Syariah pada FIF Astra mulai diterapkan sejak tahun 2015. Biasanya sistem kredit motor melalui FIF Syariah ini tidak menerapkan bunga, tetapi akad dan bagi hasil. Peraturan yang ada di dalamnya juga berdasarkan Syariah Islam.

AMITRA itu sendiri menyediakan fasilitas Tour and Travel umroh. Termasuk juga ibadah haji. Biaya yang ditawarkan cukup bervariasi, tergantung fasilitas yang terdapat di dalamnya. Pada ibadah haji menggunakan sistem akad kafalah bil ujrah, sedangkan pada umrah menggunakan sistem akad murabahah.

Dokumen yang menjadi persyaratan antara lain fotokopi KTP, kartu keluarga dan slip gaji. Tenor yang diberlakukan untuk haji antara 3 – 60 bulan, sedangkan untuk umrah sekitar 3 – 36 bulan. Pada pembiayaan ibadah haji tidak ada DP, sedangkan untuk umrah dikenakan DP sebesar 20% dari harga paket umrah.

Selain itu, kini AMITRA juga menyediakan layanan pembiayaan logam mulia dan pembiayaan aqiqah. Jenis logam mulia tersebut ialah ANTAM dengan sistem akad murabahah dan tenor selama 3 – 36 bulan. Sedangkan aqiqah berupa kambing yang diperoleh dari Rumah Aqiqah dengan tenor selama 3 – 9 bulan.

Itulah penjelasan mengenai FIF Astra, pembiayaan konvensional dan Syariah. Pertimbangkanlah dengan baik sebelum menggunakan kredit. Semoga ulasan kami bermanfaat.