08 May 2018 00:00

Gadai Action Cam, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Perhatikan!

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/785 Butuh Uang Cepat Ini 5 Solusi Tepat Mengatasi Masalah Anda.jpg

Kamu sedang butuh uang, dan tidak punya apa-apa untuk digadaikan selain action cam? Ini merupakan pertimbangan yang sulit. Gadai action cam adalah solusi unik yang jarang dilakukan orang-orang. Apalagi untukmu, action cam pasti barang yang sangat berharga. Alat penjepret foto ini memiliki ukuran kantong, sehingga simpel untuk dibawa ke mana-mana. Kualitas fotonya pun lumayan bagus. Bahkan ada action cam yang memiliki resolusi tinggi. Tap kondisimu sudah terjepit. Kamu perlu mendapatkan uang cepat. Dan action cam menjadi satu-satunya pilihan untuk dikorbankan. Kami paham kondisimu. Namun sebelum itu, simak hal-hal penting yang kamu pahami sebelum menggadai action cam. Check this out!

Wirausaha-Sukses

Hal Penting Yang Harus Kamu Pahami Sebelum Gadai Action Cam

Action camera, atau singkatnya action cam, adalah kamera portabel yang paling cocok untuk anak muda. Bentuknya simpel dan ringan. Membuat anak muda yang suka berfoto ria tidak kesulitan saat harus membawanya jalan-jalan. Dilihat dari fungsi ini, menggadai action cam sepertinya punya prospek bagus. Eits, jangan menyimpulkan dulu. Pahami dulu poin-poin berikut ini.

1. Prinsip Pegadaian : Memberi Penjaminan Lebih Rendah Dibanding Harga Sebenarnya

Dalam memberikan uang penjaminan, pegadaian memiliki prinsip utama: jangan memberi pinjaman uang lebih tinggi dari harga jual. Ini dianggap sebagai ganti biaya yang dihabiskan pegadaian karena sudah menanggung risiko. Selain itu, penetapan seperti ini dilakukan untuk menjaga keamanan pegadaian sendiri. Jika nasabah pegadaian tidak mampu menebus barangnya, maka nilai lelang yang ditetapkan bisa lebih tinggi dibanding nilai penjaminan.

2. Harga Action Cam di Pasar

Standarnya, harga action cam di pasar berkisar antara 300 ribu hingga 3 juta. Sesuai poin pertama, uang penjaminan yang kamu dapat tidak mungkin setara harga action cam milikmu. Ini artinya, jika punyamu seharga 300 ribu, kamu mungkin akan mendapat uang dari menggadai action cam sebesar 100 ribu. Ini belum mempertimbangkan kekurangan atau cacat yang mungkin dimilikinya. Semakin tidak baik kondisi barang, semakin jatuh pula nilainya di mata pegadaian. Bisa-bisa, action cam-mu tidak diterima pegadaian.

3. Prospek Bagus, Tapi…

Prospek action cam tergolong bagus di pasar. Kegemaran foto masyarakat membuat action cam masih digemari, meski tergerus HP dengan kamera berkualitas tinggi. Jadi, saat kamu melakukan gadai action cam, potensimu diterima cukup baik. Akan tetapi disamping itu, kamu perlu memperhatikan permintaan action cam di pasaran. Terdapat action cam dengan jenis tertentu yang banyak dicari. Jika action cam-mu termasuk salah satunya, harga action cam-mu bisa lebih tinggi. Sehingga kamu tidak perlu menggadaikannya. Jual saja, lalu beli action cam baru dengan harga sesuai keinginanmu.

4. Pertimbangkan Opportunity Cost-nya

Sebelum menggadai action cam, perhatikan hal-hal yang harus kamu korbankan. Demi uang penjaminan senilai 100 ribu, misalnya, apa saja yang kamu korbankan saat menggadaikan action cam itu? Mungkin hobimu fotografi, kesempatanmu mengambil foto dengan praktis, atau apa? Pastikan nilai uang penjaminan yang kamu terima setara dengan kesenangan-kesenangan yang kamu lepaskan.

5. Jadi, Gadaikan di Tempat yang Tepat

So what? Action cam memang memiliki harga yang bervariasi. Jika action cam-mu seharga 3 juta, kamu mendapat uang penjaminan sebesar 1 juta, dan merasa pantas, silakan diteruskan. Akan tetapi apabila kamu merasa uang penjaminan yang didapatkan tidak setara, lebih baik tidak usah digadaikan ke tempat penggadaian resmi. Jika kamu benar-benar membutuhkan uang, kamu bisa menggadaikannya ke orang-orang di sekitarmu. Teman-teman atau saudara. Hal tersebut dikarenakan orang-orang di sekitar lebih dapat kamu percaya. Mereka tidak mungkin tega melelang action cam-mu jika kamu tidak mampu membayar pinjaman. Sehingga saat kamu belum mampu menyediakan uang, kamu tidak akan kehilangan action cam yang berharga.

Wirausaha-Sukses