avatardisplay_general
DISITU
22 May 2018

Gadai AJB Bekasi, Ini Syarat yang Perlu Kamu Ketahui!

https://disituapi.azureedge.net/artikel/Artikel%20Mei/Artikel%20180522/848 Gadai AJB Bekasi Ini Syarat syarat yang Perlu Kamu Ketahui.jpg

Gadai merupakan salah satu cara yang tepat bagi Anda yang sedang mencari pinjaman dana yang mendesak. Dengan menggunakan sistem gadai, Anda tidak akan kehilangan aset yang Anda miliki. Karena, nantinya bisa diambil kembali setelah Anda mampu melunasi dana pinjaman yang Anda ajukan. Terdapat berbagai macam barang yang bisa Anda gadaikan misalnya, perhiasan, motor, mobil, hingga AJB (Akta Jual Beli) tanah. Salah satu tempat yang menyediakan layanan gadai, kebanyakan bank tidak menerima layanan untuk gadai AJB. Adapun syarat yang harus Anda penuhi untuk gadai AJB Bekasi. Berikut ini adalah syarat yang harus Anda penuhi.

1. Syarat Dokumen Harus Lengkap

Gaya-Hidup

Ketika Anda hendak mengajukan pinjaman dana dengan gadai AJB, pihak pegadaian akan mengajukan surat dokumen. Surat dokumen tersebut digunakan untuk melengkapi administrasi guna pinjaman yang telah Anda ajukan. Terdapat beberapa dokumen yang wajib Anda sediakan, seperti melengkapi formulir pendaftaran, fotokopi KK, fotokopi KTP, buku tabungan selama minimal 3 bulan. Selain itu Anda juga harus membawa NPWP, SHM, SPT serta AJB yang ingin Anda gadaikan. Anda juga akan diminta menyiapkan foto terbaru dengan ukuran 3x4 dan 4x6 serta pas foto pasangan apabila Anda sudah menikah.

2. Usia Penggadai AJB Harus Cukup

Apabila Anda ingin mengajukan pinjaman di pegadaian, sesuaikan terlebih dahulu umur Anda. Pihak pegadaian menentukan batas usia minimal adalah 22 tahun dan maksimal 65 tahun. Anda wajib membawa KTP sebagai barang bukti mengenai umur Anda. Sebagai calon peminjam, Anda diharuskan melunasi pinjaman dari pegadaian dengan umur maksimal 55 tahun.

3. Memiliki Penghasilan Tetap

Selain usia, syarat penting lainnya untuk mengajukan pinjaman adalah memiliki penghasilan yang tetap. Sebagai calon peminjam dana, tentunya Anda harus memiliki pekerjaan yang dibuktikan dengan surat keterangan kerja dari perusahaan atau tempat Anda bekerja. Selain itu, Anda juga harus merupakan warga negara Indonesia. Penghasilan yang harus Anda miliki untuk meminjam dana adalah minimal UMR sesuai dengan daerah yang Anda tempati. Anda diminta untuk membawa slip gaji sebagai barang bukti.

4. Surat AJB Harus Jelas

Sebelum Anda melakukan pengajuan pinjaman dana, sebaiknya Anda teliti terlebih dahulu dokumen yang Anda bawa. Sebab, setelah Anda mengajukan pinjaman dana, pihak pegadaian akan meneliti semua dokumen Anda. Jika AJB yang Anda bawa adalah AJB yang jelas maka tentunya permohonan pinjaman Anda akan diterima. Namun sebaliknya, jika AJB milik Anda tidak jelas asal usulnya, tentunya permohonan Anda akan ditolak. AJB yang Anda miliki tidak akan hilang karena Anda menggunakan sistem gadai. Dengan melunasi kembali dana yang Anda pinjam, Anda dapat mengambil kembali AJB Anda.

5. AJB Harus Di Atas SHM

AJB yang akan Anda gadaikan ke pegadaian haruslah AJB di atas SHM. Dalam artian AJB atau Akta Jual Beli telah memiliki sertifikat hak milik (SHM). Sebab, pihak pegadaian tentunya tidak bersedia menerima AJB tanah tanpa adanya sertifikat hak milik. Maka dari itu, sebelum Anda menggadaikan AJB tanah, sebaiknya cek terlebih dahulu ada atau tidaknya SHM tersebut.

Demikian adalah uraian mengenai syarat gadai AJB Bekasi yang harus Anda pahami sebelum mengajukannya ke pihak pegadaian. Gadai AJB Bekasi merupakan salah satu cara yang bisa Anda tempuh untuk menutupi kebutuhan mendesak Anda. Baiknya gunakan pinjaman dana tersebut sebaik mungkin, agar nantinya Anda juga bisa mengembalikan dana tersebut tanpa melewati batas waktu. Karena jika melebihi batas waktu, maka bisa saja Anda akan tambah diberatkan dengan denda.

 

cari-kredit-DISITU-pilihanmu