18 May 2018 00:00

Gadai AJB di Bank,5 Persyaratan Perlu Banget Kamu Ketahui

DISITU

https://images.disitu.com/artikel/Artikel%20Mei/Artikel%20180518/834 Gadai AJB di Bank 5 Persyaratan Perlu Banget Kamu Ketahui.jpg

Banyak orang yang beranggapan jika meminjam di Bank harus menggunakan jaminan yang besar supaya tidak dikenai bunga yang tinggi. Padahal, jika kita meminjam di Bank, banyak fasilitas  serta kemudahan dalam melakukan pinjaman. Salah satu kemudahan tersebut yaitu dengan jaminan Akta Jual Beli (AJB) baik tanah maupun bangunan. Dengan Gadai AJB Di Bank, jaminan Anda akan lebih aman serta lebih prosedural. Apalagi ketika pihak Bank melakukan kecurangan, kita dapat langsung melaporkannya kepada Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Namun, tidak semua Bank menerima pinjaman dengan Gadai AJB ini, hanya Bank tertentu saja yang menerapkannya. Tentu dengan segala persyaratan yang harus Anda penuhi jika ingin melakukan pinjaman tersebut.

Wirausaha-Sukses

Bank Resmi Yang Menerima Pinjaman Dengan Gadai AJB

Hampir semua Bank yang ada di Indonesia menyediakan produk kredit untuk membantu nasabahnya dalam mencukupi kebutuhan. Seperti tersedianya beberapa fasilitas kredit baik menggunakan agunan maupun tanpa agunan. Namun, tidak semua Bank menyediakan pinjaman dengan menggunakan AJB tersebut seperti halnya CIMB Niaga. Dengan alasan AJB tidak memiliki kekuatan hukum kepemilikan tanah atau bangunannya secara penuh, program keunggulan gadai AJB pada Bank CIMB Niaga ini sudah dihapuskan. Namun jangan khawatir, Bank Danamon masih menyediakan fasilitas pinjaman dengan Gadai AJB melalui proses yang terbilang cepat. Setelah dokumen diterima, proses pinjaman dapat diproses setelah 2 sampai 3 hari saja. Bank Danamon memberikan plafon kredit hingga Rp. 500 juta bahkan dengan tenor sampai 5 tahun. Besarnya pinjaman yang diberikan oleh masing-masing Bank ini disesuaikan dengan nilai pokok jaminan AJB yang dimilikinya.

Persyaratan Ketika Melakukan Pinjaman Dengan Menggadaikan AJB Di Bank

Proses saat Gadai AJB di Bank ini tergolong mudah, walaupun begitu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Berikut persyaratan ketika ingin melakukan Gadai AJB Di sebuah Bank :

1. AJB Harus Akta Fidusia

Yang perlu diperhatikan ketika ingin melakukan gadai AJB ini yaitu akta yang digunakan harus akta fidusia. Dengan kata lain, akta harus dibuat oleh notaris dan terdaftar di kantor pendaftaran fidusia.

2. AJB Memiliki Kekebalan Hukum

Beberapa Bank yang menggunakan jaminan AJB  juga menetapkan beberapa persyaratan khusus.  Seperti halnya AJB atas Sertifikat Hak Milik (SHM) yang dapat diterima oleh Bank. Sehingga, akta ini dapat memberi kekebalan hukum terhadap AJB. Ketika pihak peminjam tidak dapat melunasi hutangnya, maka aset yang dijaminkan akan disita.

3. Penghasilan Penggadai Harus Jelas

Penghasilan merupakan faktor yang dijadikan pertimbangan tersendiri ketika ingin melakukan gadai AJB ini. Tentu hal ini dikarenakan angsuran yang akan dibayarkan setiap bulan. Jika mempunyai penghasilan yang jelas, tentu pembayaran angsuran tersebut akan lancar.

4. AJB Tidak Berada Di Bawah Tanggungan

Dalam pemeriksaan sertifikat, pastikan bahwa AJB tersebut tidak sedang berasa di bawah tanggungan atau dengan kata lain dalam sitaan atau terlibat dalam sengketa hukum. Hal ini biasanya dilakukan pemeriksaan ke Pengadilan Negeri di wilayah tersebut.

5. Kelengkapan Sebuah Dokumen

Ketika mengajukan sebuah pinjaman dengan gadai AJB ini, tentu pihak pembiayaan akan mengajukan beberapa persyaratan dokumen yang harus Anda persiapkan. Baik Foto Copy Identitas seperti KTP, KK, Buku tabungan dan lainnya. Hal ini bertujuan untuk kejelasan nasabah yang akan diberikan pinjaman tersebut.

Setelah persyaratan telah dipenuhi, Anda hanya mengisi formulir pengajuan kredit pada Bank terdekat. Dana dapat cair setelah dilakukan survey oleh pihak Bank. Adanya Gadai AJB Di Bank ini tentu akan memudahkan Anda untuk mendapatkan dana secara cepat serta  dengan cara yang mudah. Sehingga cara ini lebih disarankan daripada Anda harus melakukan pinjaman kepada rentenir.

 

Wirausaha-Sukses