avatardisplay_general
DISITU
18 May 2018

Gadai AJB di BPR, Ini 5 Keuntungan yang Akan Didapat

https://disituapi.azureedge.net/artikel/Artikel%20Mei/Artikel%20180518/835 Gadai AJB di BPR Ini 5 Keuntungan yang Akan Anda Dapatkan.jpg

Saat ini mengajukan pinjaman ke Bank atau Pegadaian merupakan salah satu cara untuk memenuhi banyaknya kebutuhan yang ada terutama untuk usaha. Dalam mengajukan pinjaman tersebut, Anda bisa menggunakan barang berharga seperti Akta Jual Beli (AJB) baik tanah maupun bangunan sebagai jaminannya. Anda dapat melakukan pinjaman dengan Gadai AJB Di BPR misalnya. Ketika Anda menjaminkan AJB tersebut, Anda bisa lebih banyak mendapatkan dana pinjaman daripada ketika menggadaikan BPKB kendaraan. Karena besarnya limit dalam pinjaman diberikan tergantung dari jenis dan bobot yang digunakan sebagai jaminan.

Wirausaha-Sukses

Syarat Melakukan Gadai AJB Di Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Melakukan pinjaman di BPR terbilang lebih cepat daripada ketika Anda meminjam di Bank Konvensional. Syarat yang harus dipenuhi ketika ingin mengajukan pinjaman dengan Gadai AJB Di BPR yaitu:

  • Fotocopy identitas diri seperti KTP

  • Fotocopy akta nikah bagi Anda yang sudah menikah dan kartu keluarga

  • Sertifikat AJB asli yang ingin dijadikan jaminan.

  • Fotocopy tabungan atau rekening koran 3 bulan terakhir

  • Fotocopy slip gaji dan rekening air dan listrik satu bulan terakhir

Syarat tersebut merupakan syarat mutlak yang harus anda persiapkan ketika ingin melakukan gadai di BPR. Dengan syarat yang mudah dan tidak terlalu rumit, tentu semakin memudahkan Anda ketika ingin melakukan sebuah pinjaman dana dengan gadai AJB ini.

Keuntungan Ketika Anda Gadai AJB Di BPR

BPR memiliki tujuan untuk membantu permodalan dan menyalurkan dana bagi Anda. Permodalan tersebut untuk membangun Usaha Mikro dan Kecil Menengah (UMKM) maupun memberikan produk pinjaman kredit.  Ada beberapa keuntungan ketika Anda melakukan pinjaman di BPR ini, salah satunya yaitu :

Barang Yang Dijadikan Jaminan Tidaklah Sulit

Jaminan merupakan salah satu hal yang harus ada ketika Anda melakukan sebuah kredit. Walaupun jaminan bukan tolak ukur bagi BPR dalam memberikan pinjaman. Namun, BPR lebih mempertimbangkan prospek pinjaman untuk usaha dalam jangka panjangnya. Sehingga kemudahan jaminan ini pun dapat dimanfaatkan bagi Anda yang ingin melakukan pinjaman.

Mengutamakan Unsur Kepercayaan

BPR bukan hanya mengutamakan keuntungan atau profit semata. Hal yang menjadi prioritas dari BPR ini yaitu unsur saling percaya. Ketika Anda pernah melakukan pinjaman dan dengan reputasi kreditnya lancar. Maka ketika ingin melakukan pinjaman berikutnya dengan jumlah yang lebih besar, Anda akan semakin mudah karena telah memiliki reputasi baik.

Pencairan Dana Lebih Mudah Dan Cepat

Karena tujuan dari BPR ini membantu dalam permodalan. Setelah semua persyaratan sudah dipenuhi, BPR akan langsung mengecek dan menganalisa data Anda. Sehingga dana akan lebih cepat cair ketika semua dokumen sudah kumplit.

Bunga Relatif Lebih Kecil

Dibandingkan ketika anda menggadaikan AJB di Bank maupun koperasi lain, di BPR biasanya memiliki suku bunga yang lebih kecil. Hal ini karena BPR memang tertuju untuk masyarakat umum dalam meningkatkan usaha mereka.  Lembaga yang memiliki suku bunga kecil biasanya lembaga yang sudah banyak cabangnya. Tak heran jika bunga yang diberikan BPR lebih kecil karena memang sudah memiliki beberapa cabang di setiap daerahnya.

Besar Angsuran Menyesuaikan Kemampuan 

Ketika anda melakukan sebuah pinjaman, tentu Anda harus melakukan angsuran pinjaman yang diakumulasikan dengan besarnya bunga yang ada. Dari hasil akumulasi tersebut dibagi dengan jangka waktu untuk mengembalikan sebuah pinjaman. Ketika anda melakukan gadai AJB Di sebuah BPR, anda akan bebas menentukan besarnya angsuran dan jangka waktu sesuai kemampuan membayar, tentu hal ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Anda untuk mengelola keuangan.

Meskipun menguntungkan dan memberi kemudahan dalam urusan keuangan, Anda tetap harus berhati-hati dalam melakukan pinjaman. Pilihlah BPR yang benar-benar terpercaya. Jangan sampai Anda terbebani dengan kondisi finansial yang akan menjadikan kredit Anda macet. Tentu hal ini akan berimbas kepada penyitaan barang yang dijadikan jaminan. Untuk itu, bijaklah dan pertimbangkan dengan matang ketika Anda ingin menggadaikan AJB Di BPR tersebut.

 

Wirausaha-Sukses