avatardisplay_general
DISITU
22 May 2018

Gadai AJB Kaskus, Dampak Positif dan Negatifnya!

https://disituapi.azureedge.net/artikel/Artikel%20Mei/Artikel%20180522/849 Gadai AJB Kaskus Dampak Positif dan Negatif Agar Kamu Paham.jpg

Paham bahwa kaskus adalah forum online terbesar pertama di dunia. Di Kaskus, ada banyak banget bahasan. Mulai dari yang bercanda sampai serius. Apapun topik menarik yang dibawa ke Kaskus, akhirnya pasti ramai diperbincangkan. Salah satu yang trending adalah gadai AJB Kaskus.

Kaskus adalah forum yang benar-benar multifungsi. Karenanya, Kaskus juga bisa dijadikan sarana transaksi kredit. Ada banyak agan menawarkan kredit ke forum. Dengan syarat gadai. Hal ini ternyata menarik juga. Karena banyak yang bersedia menggadaikan barang berharga. Termasuk Akta Jual Beli! Kamu juga berminat? Jika ya, mungkin kamu perlu tahu positif negatifnya gadai AJB di Kaskus.

Positif Negatif Gadai AJB Kaskus

Gaya-Hidup

Sama seperti media online lainnya, Kaskus telah memberikan banyak kemudahan untuk “umat” netizen di dunia. Tapi, seperti semua hal di dunia ini, sesuatu yang punya kekuatan pasti punya kelemahan. Berkaitan dengan gadai AJB di Kaskus, ini dia positif negatifnya.

1. Dari Segi Kemudahan

Kaskus menawarkan kemudahan transaksi yang luar biasa. Untuk gadai AJB, kamu nggak perlu repot-repot ke pegadaian. Cukup cari agan yang menawarkan kredit, lalu tawarkan AJB yang ingin kamu gadaikan. Kamu bahkan nggak perlu berpindah dari tempat dudukmu. Tapi kelemahannya, kamu nggak bisa bicara secara langsung dengan mitra gadaimu. Untuk mendapatkan informasi seperti syarat-syarat gadai dan bunganya, kamu harus aktif bertanya via online. Dan untuk mendapat feedback, kamu harus menunggu si agan membalas pesanmu.

2. Dari Segi Orang Yang Terlibat

Saat kamu melakukan transaksi gadai konvensional, kamu tahu dengan jelas siapa yang menanganimu. Mulai dari nama, jabatan, sampai ciri-ciri fisiknya. Tapi saat kamu gadai AJB kaskus, kamu nggak bisa mengetahui siapa yang berkomunikasi denganmu. Kecuali sekadar lewat foto profil. Ini berbahaya karena kamu jadi mudah tertipu. Beda kondisi kalau kamu menggadaikan AJB bukan ke satu agan, tapi lebih dari itu. Jadi, coba pilih akun kaskus yang adminnya lebih dari satu agan. Pasti ada.

3. Dari Segi Keamanan

Kalau bicara soal keamanan, Kaskus merupakan secured platform, but not the best. Sama seperti media sosial lain, akun di Kaskus juga dapat mengalami hacking. Akan sulit jadinya kalau kamu sedang bertransaksi gadai dengan satu akun. Tiba-tiba akun tersebut di hack oleh pihak tidak bertanggungjawab. Bisa-bisa AJB-mu ludes, bukan? Tapi kelebihannya, database transaksi Kaskus jauh lebih aman dibandingkan konvensional. Kalau di pegadaian konvensional, bisa saja pegadaian menyalahgunakan dokumen nasabah. Beda halnya dengan Kaskus dan media sosial lain. Database-nya berbentuk soft-file yang disimpan di cloud internet.

4. Dari Segi Legalitas Transaksi

Saat di pegadaian, transaksi antar kedua belah pihak akan ditandai dengan penandatanganan surat. Lain halnya di Kaskus. Akan sulit mengatur penandatanganan via online, kecuali terjadi pertemuan antara dua pihak terlibat. Untuk segi ini, nggak ada sisi positifnya. Karena sama seperti transaksi online lainnya, legalitas inilah yang jadi masalah terbesar gadai AJB di Kaskus. 

5. Dari Segi Kepastian Hukum

Kepastian hukum sebuah transaksi kredit salah satunya ditentukan oleh badan hukum pihak kreditur. Saat kita bekerjasama dengan kreditur berbadan hukum, kita mendapat kepastian siapa yang bertanggungjawab atas instansi tersebut. Jika nanti di tengah transaksi terjadi pelanggaran, maka kita bisa mengajukan penuntutan melalui badan hukum instansi. Jadi ada baiknya sebelum gadai AJB di kaskus, kamu melakukan kroscek. Si agan yang menawarkan kredit itu pribadi atau melalui instansi? Jika ternyata melalui instansi, lihat apakah instansi tersebut berbadan hukum.

6. Dari Segi Privasi

Most people setuju bahwa privasi adalah hal milik pribadi yang harus dijaga kerahasiaannya. Karena transaksimu online, setiap apa yang kamu lakukan akan dapat diakses manusia sejagat raya. Jadi pastikan kamu tidak share informasi yang kemungkinan akan merugikanmu. Seperti dalam transaksi gadai AJB ini. Jangan sampai kamu  menyerahkan nomor KK atau pin ATM.

cari-kredit-DISITU-pilihanmu